Supaya Datamu Aman, Ikuti Cara Putuskan Hubungan Akun Facebook-mu dari Aplikasi Pihak Ketiga ini

Hentikan pengiklan dan organisasi lain yang memanen data Anda. Putuskan Hubungan dengan Aplikasi pihak ketiga denga cara yang kami sajikan ini.


Mengikuti beredarnya berita bahwa perusahaan riset Cambridge Analytica yang telah memanen data lebih dari 50 juta pengguna Facebook untuk digunakan pada pemilihan presiden di beberapa negara, ini saat yang tepat untuk memikirkan organisasi pihak ketiga mana yang telah kamu berikan akses ke Data Facebook, dan cabutlah semua yang kamu tidak nyaman dengan mereka.

Kamu mungkin juga telah memberikan akses ke aplikasi yang telah berpindah tangan, yang berarti mereka sekarang mengirimkan data kamu ke organisasi yang awalnya tidak akan kamu berikan izinnya.

Perlu teman-teman ketahui, Cambridge Analytica memperoleh data melalui alat profil kepribadian yang tampak tidak berbahaya yang disebut thisisyourdigitallife - jenis aplikasi yang mungkin kamu berikan izin ke profil facebook tanpa berpikir dua kali. 

BookLamp adalah aplikasi yang didedikasikan untuk membandingkan isi novel.

Berikut ini cara mengetahui siapa yang melihat profil kamu dan hentikan aplikasi apa pun yang punya akses dan mencuri data dari facebook-mu, guys.

Apa yang kamu bagikan?

Seringkali, ketika kamu ingin menggunakan layanan online baru, kamu diberi pilihan untuk membuat akun baru hanya untuk situs itu atau masuk menggunakan akun Facebook atau Google-mu. 

Seringkali kita tergoda untuk memilih yang terakhir agar lebih cepat, lebih nyaman, dan kita pun langsung mengklik tombol konfirmasi - tetapi dengan demikian, sebenarnya kamu telah berbagi lebih banyak data daripada yang kamu sadari.

Sekarang masuklah ke aplikasi dengan Facebook dapat berbagi sejumlah besar informasi yang tak ternilai bagi pengiklan dan organisasi seperti Cambridge Analytica, termasuk:
  • Nama lengkap
  • Daftar teman
  • Gambar profil
  • Foto
  • pendidikan
  • Riwayat kerja
Kuis dan tes kepribadian yang dibagikan di Facebook juga meminta akses ke data kamu, dan itu terlalu mudah untuk cukup mengklik 'Terima' tanpa mempertimbangkan mengapa aplikasi horoskop ingin tahu di mana kamu pergi ke sekolah atau membuat posting ke temanmu atas nama-mu.

Mungkin nggak sadar banyak aplikasi pihak ketiga di facebook sudah mengambil data privasi kita

Cara memutus sambungan aplikasi

Langsung saja, kita putuskan hubungan cinta dengan mereka, guys.

Untuk melihat aplikasi apa saja yang telah kamu berikan izin untuk mengakses data, periksa halaman Pengaturan Aplikasi. Mungkin kamu terkejut karena sudah banyak yang terdaftar, dan meskipun beberapa terlihat akrab ditelinga dan ada pula yang tidak.

Klik salah satu aplikasi di sini untuk melihat informasi apa saja yang telah kamu berikan akses dengan pengembangnya. 

Kamu dapat memilih untuk berhenti berbagi jenis informasi tertentu dengan aplikasi, meskipun dirimu tak dapat menghentikannya mengakses profil publik kamu tanpa memutusnya sepenuhnya.

Opsi yang tepat disajikan ketika dirimu mengklik aplikasi akan tergantung pada pengembangnya. 

Terkadang kamu juga dapat melihat kebijakan privasi lengkap, tetapi tidak wajib bagi pengembang untuk menyediakannya. 

Apabila kamu telah memberi izin aplikasi untuk memposting ke wall fb-mu, menghapusnya juga akan memberi kamu opsi untuk menghapus postingan tersebut.

Ketahuilah bahwa jika kamu menghapus aplikasi, pengembang mungkin masih menyimpan data kamu di file. 

Facebook mencatat bahwa satu-satunya cara agar dapat menghapus ini adalah menghubungi developer aplikasi pihak ke tiga itu sendiri.

Temanmu mungkin memasang aplikasi yang membagikan informasi kamu dengan pihak ketiga, jadi ada baiknya luangkan waktu sejenak untuk mempertimbangkan apa yang dapat mereka lihat.

Bagikan lebih sedikit data di masa mendatang

Jika kamu ingin berhenti membagikan data Facebook dengan pihak ketiga mana saja, pilih 'Edit' di bawah 'Aplikasi, situs web dan plug-in' dan putuskan hubungan akun Anda dari Platform Facebook (seperangkat alat dan layanan bagi para pengembang untuk membuat produk mereka sendiri ).

Kamu nggak perlu khawatir tentang preferensi berbagi profilmu sendiri, baik - pihak ketiga juga dapat menerima datamu ketika temanmu menginstal aplikasi. 

Menurut Facebook, ini "membuat pengalaman mereka lebih baik dan lebih sosial", tetapi karena kamu nggak punya kontrol atas aplikasi yang mereka percayai, sebaiknya pertimbangkanlah untuk menonaktifkan ini. 

Untuk mencegah hal ini, kunjungi Pengaturan Aplikasi-mu, pilih 'Edit' di bawah judul 'Aplikasi orang lain gunakan' dan hapus centang semua kategori yang kamu pilih untuk tetap pribadi.

Akhirnya, setiap kali kamu login ke situs menggunakan Facebook atau menghubungkan aplikasi baru, pastikan kmau telah periksa informasi yang dimintanya dan pertimbangkan apakah itu benar-benar bermanfaat. 

Mulai sekarang, lindungilah data dirimu dari ancaman lain dengan perangkat lunak keamanan terbaik.

 Artikel ini bersumber dari techradar.com. Diterjemahkan oleh Muhammad Wali sesuai dengan standar editorial akhywali.net.

COMMENTS

Name

Adsense,1,Astronomi,9,Bisnis,15,Blogging,22,Buku,10,Catatan,84,Cinta,7,Computer Science,34,Delphi,2,Dunia Kepenulisan,9,Freelancer,1,Gadget,2,Game,2,HUT RI 70,2,Ilmu Pengetahuan,2,Inspirasi Tokoh,1,Kepribadian,2,Kesehatan,1,Keuangan,1,Khotbah,4,KKN,7,Lifestyle,1,Matematika,1,Motivasi,13,Pengalaman,21,PIMNAS,2,Produktivitas,3,Professional,4,Resensi,3,Review,8,Sahabat,4,SEO,1,Smartphone,1,Startup,6,Student,42,Teknologi,15,Tips,20,Travelling,13,Tutorial,3,Vlogging,1,Wirausaha,31,Youtuber,1,
ltr
item
Muhammad Wali: Supaya Datamu Aman, Ikuti Cara Putuskan Hubungan Akun Facebook-mu dari Aplikasi Pihak Ketiga ini
Supaya Datamu Aman, Ikuti Cara Putuskan Hubungan Akun Facebook-mu dari Aplikasi Pihak Ketiga ini
Hentikan pengiklan dan organisasi lain yang memanen data Anda. Putuskan Hubungan dengan Aplikasi pihak ketiga denga cara yang kami sajikan ini.
https://1.bp.blogspot.com/-LjhTTD3wjYQ/WriBdtTGPEI/AAAAAAAAF4Q/K33aH6A1Z1EfhqKecmUBCPdIOi-UdJdRACLcBGAs/s640/Cara%2BPutuskan%2BHubungan%2BAkun%2BFacebook%2BAnda%2Bdari%2BAplikasi%2BPihak%2BKetiga.JPG
https://1.bp.blogspot.com/-LjhTTD3wjYQ/WriBdtTGPEI/AAAAAAAAF4Q/K33aH6A1Z1EfhqKecmUBCPdIOi-UdJdRACLcBGAs/s72-c/Cara%2BPutuskan%2BHubungan%2BAkun%2BFacebook%2BAnda%2Bdari%2BAplikasi%2BPihak%2BKetiga.JPG
Muhammad Wali
https://www.akhywali.net/2018/03/cara-putuskan-hubungan-akun-facebook.html
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/2018/03/cara-putuskan-hubungan-akun-facebook.html
true
5617546411537444367
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy