5 Cara Cerdas Ubah Review Negatif Pelanggan Menjadi Peluang

Hanya 4 persen pelanggan Anda yang tidak puas yang benar-benar akan menyuarakan keluhan mereka, sisanya hanya memberi tahu teman-teman dan keluarga mereka tentang hal itu.

5 Cara Cerdas Ubah Review Negatif Pelanggan Menjadi Peluang

Halo teman-teman, guys-guys, pecinta tulisan karya akhywali. Kali ini saya kembali hadir untuk mengupas dan memberikan kiat-kiat cerdas bagaimana merebut peluang dan kesempatan dari review negatif dari konsumen atau pelanggan Anda. Simaklah baik-baik dan baca hingga tuntas. Selamat membaca, sahabat setia.

Sebagai pemilik usaha kecil, kita sering menempatkan hati dan jiwa kita pada produk dan layanan yang kita tawarkan kepada pelanggan.

Untuk alasan inilah kita jadi sulit untuk tidak tersinggung atau berkecil hati ketika ada sebuah ulasan negatif di Google, Facebook, atau publikasi industri.

Maka, disinilah kuncinya sekarang.

Jadilah cerdas dengan mengubah pandangan kita tentang ulasan negatif dan memperlakukan mereka sebagai peluang.

“Dalam hidup dan dalam bisnis, semua yang Anda temui adalah peluang untuk bertumbuh menjadi lebih baik.”

Jadi bagaimana kita mengubah lemon menjadi limun, kawan?

#Akui Masalahnya

Dr. Phil pernah mengatakan bahwa Anda tidak dapat mengubah apa yang tidak Anda akui.

Hal yang sama berlaku ketika kita berhadapan dengan pelanggan atau klien yang tidak senang.

Jika insting pertama Anda adalah menganggap bahwa produk atau layanan Anda sempurna, so, pasti pelanggan Anda pasti sedang mengalami hari yang buruk.

Ketahuilah, jika Anda telah kehilangan kesempatan penting untuk bisnis Anda untuk maju.

#Cari Akar Masalahnya

Apa yang salah? Bagaimana Anda mencegahnya terjadi lagi? Keluhan pelanggan dan ulasan negatif adalah cara yang bagus untuk memperbaiki celah dalam sistem yang mungkin tidak kita perhatikan sebelumnya.

5 Cara Cerdas Ubah Review Negatif Pelanggan Menjadi Peluang
Saat menerima umpan balik, apakah itu positif atau negatif, tunjukkan empati terhadap pelanggan. (Sumber)

#Bersikap Akuntabel dan Transparan

Minta maaf. Jangan membuatnya tampak seperti Anda melewatkan uang saat menanggapi keluhan. Katakan kepada klien atau pelanggan apa yang Anda yakini salah dan langkah apa yang diambil untuk memastikan bahwa itu tidak akan terjadi lagi.

Jika keluhan dibuat di suatu tempat umum, pastikan untuk menanggapi pos publik tersebut - meskipun hanya untuk memberi tahu siapa saja yang mengetahui bahwa Anda telah melihat masalah dan sedang mengusahakannya.

Sementara penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pelanggan yang tidak senang tidak maju, tetapi itu tidak berarti mereka tidak menonton.

Lihatlah cara mark zuckerberg mencontohkan hal ini. Ia cukup berani membuat permintaan maaf karena bocornya data pribadi facebook beberapa waktu lalu. Mark berani memasang iklan di koran-koran dan media berita besar akan penyesalan dan malunya dia akibat kegagalannya menjaga data pengguna sehingga lost control diambil Cambridge Analytica.

#Tunjukkan Kasih Sayang

Orang dapat melihat ketidaktulusan dari satu mil jauhnya - dan rentang itu hanya meningkat ketika mereka sudah tidak bahagia.

Bersikaplah tulus - bagaimana perasaan Anda jika Anda kecewa dengan produk atau jasa seperti yang dimiliki klien Anda?

Ini adalah waktu yang tepat untuk mencoba pepatah lama - “perlakukan orang lain sebagaimana Anda akan diperlakukan.” Lakukan untuk pelanggan Anda apa yang ingin Anda lakukan untuk Anda.

#Ubah Frown Upside-Down

Sangat mungkin bahwa orang yang membuat komplain tidak akan pernah lagi menggunakan produk atau layanan Anda.

Langkah ini tidak perlu tentang membuat pelanggan berulang - ini adalah tentang pengendalian kerusakan.

Setelah pengalaman negatif, dari mulut ke mulut perjalanan setidaknya dua kali lebih cepat setelah pengalaman positif.

Saatnya, tawarkan diskon, pengembalian uang, atau produk gratis pada kunjungan berikutnya - apa pun yang diperlukan untuk memastikan bahwa pelanggan yang tidak puas dibiarkan dengan senyum di wajah mereka - dan pujian di lidah mereka.

Penelitian menunjukkan bahwa hanya 4 persen pelanggan Anda yang tidak puas benar-benar akan menyuarakan keluhan mereka.

Sementara 96 ​​persen sisanya hanya memberi tahu teman dan keluarga mereka tentang pengalaman tersebut ("Baca Buku: Understanding Customers" oleh Ruby Newell-Legner).

Untuk alasan ini, Anda harus memperlakukan setiap pelanggan yang tidak bahagia sebagai kesempatan untuk belajar dan berkembang - Anda bahkan dapat mengubah pelanggan yang tidak puas menjadi pelanggan yang loyal. Dahsyat.

Itulah dia sahabat semua bagaimana caranya mengubah ulasan jelek atau negatif terkait produk atau layanan Anda miliki menjadi sebuah peluang dan kesempatan.

COMMENTS

Name

Adsense,1,Astronomi,9,Bisnis,15,Blogging,22,Buku,10,Catatan,84,Cinta,7,Computer Science,34,Delphi,2,Dunia Kepenulisan,9,Freelancer,1,Gadget,2,Game,2,HUT RI 70,2,Ilmu Pengetahuan,2,Inspirasi Tokoh,1,Kepribadian,2,Kesehatan,1,Keuangan,1,Khotbah,4,KKN,7,Lifestyle,1,Matematika,1,Motivasi,13,Pengalaman,21,PIMNAS,2,Produktivitas,3,Professional,4,Resensi,4,Review,7,Sahabat,4,SEO,1,Smartphone,1,Startup,6,Student,42,Teknologi,15,Tips,20,Travelling,13,Tutorial,3,Vlogging,1,Wirausaha,31,Youtuber,1,
ltr
item
Muhammad Wali: 5 Cara Cerdas Ubah Review Negatif Pelanggan Menjadi Peluang
5 Cara Cerdas Ubah Review Negatif Pelanggan Menjadi Peluang
Hanya 4 persen pelanggan Anda yang tidak puas yang benar-benar akan menyuarakan keluhan mereka, sisanya hanya memberi tahu teman-teman dan keluarga mereka tentang hal itu.
https://4.bp.blogspot.com/-C53N4tocWtM/WrnUuUtYtFI/AAAAAAAAF54/ruAU1dfJiVYAC8r1VEAiLhHvo_UvA_wbwCLcBGAs/s640/5%2BCara%2BCerdas%2BUbah%2BReview%2BNegatif%2BPelanggan%2BMenjadi%2BPeluang.JPG
https://4.bp.blogspot.com/-C53N4tocWtM/WrnUuUtYtFI/AAAAAAAAF54/ruAU1dfJiVYAC8r1VEAiLhHvo_UvA_wbwCLcBGAs/s72-c/5%2BCara%2BCerdas%2BUbah%2BReview%2BNegatif%2BPelanggan%2BMenjadi%2BPeluang.JPG
Muhammad Wali
https://www.akhywali.net/2018/03/5-cara-cerdas-ubah-review-negatif.html
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/2018/03/5-cara-cerdas-ubah-review-negatif.html
true
5617546411537444367
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy