Cara Membuat Majalah Digital atau Situs Berita yang Bisa Kamu Monetisasi

Hal terbaik yang harus dilakukan adalah menggunakan teknik monetisasi yang cerdas. Baca tips ini!

Cara Membuat Majalah Digital atau Situs Berita yang Bisa Kamu Monetisasi

Ketahuilah bahwa konten adalah raja di dunia online dan majalah yang telah beralih dari media cetak ke media digital membuktikannya. Mereka melibatkan teknologi terbaru dan strategi monetisasi super inovatif yang dipersonalisasi dengan indahh untuk para pembaca.

Kamu tidak harus berada di peringkat teratas jika kamu memang sangat ingin jadi pemilik majalah digital.

Percayalah, pendapatan di bidang ini meningkat setiap tahun, jadi kamu juga pantas mendapatkan sepotong kue lezat ini jika kamu bersedia mengubah blog dan situs web standar-mu menjadi sebuah majalah.

Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui agar prosesnya sangat berbeda dengan mengoptimalkan, memberi peringkat dan mempromosikan situs web kita diatas rata-rata.

Jika mau, kamu sudah bisa membuat platform majalah digitalmu hanya dengan platform WordPress dan menggunakan semua plug-in gratis yang tersedia dan yang kamu butuhkan agar terlihat bagus juga berfungsi dengan baik. 

Tapi, tunggu dulu, ketahuilah jika kamu sudah benar-benar ingin punya majalah digital dan mampu memberikan pengalaman unik yang dicari pembaca majalah, kamu harus melakukan beberapa langkah ekstra. Inilah dia:

1# Cari tema majalah yang sesuai

Semuanya dimulai dengan tema yang indah dan sesuai untuk situs web kamu. Itu tidak bisa hanya tata letak standar, karena kamu akan kehilangan banyak fitur canggih. 

Jika tema WordPress gratis mungkin bisa saja bekerja untuk saat ini untuk segera memulai dari sekarang. Namun, tidak salahnya juga jika kamu mau membelinya tema premiumnya. Sebab kode mereka lebih bersih, warnanya unik dan sangat mudah disesuaikan, lebih aman, bertanggung jawab penuh, dan memiliki banyak fitur menakjubkan yang bahkan tidak pernah kamu ketahui sebelumnya.

Untuk membuat majalah digital ini pastinya kamu memerlukan situs WordPress yang di-host sendiri karena di situlah kamu akan membangun lalu lintas dan mendapatkan otoritas, ada banyak cara lain untuk melakukannya. Misalnya, dengan pencipta majalah online ini, kamu sudah bisa membuat majalah sendiri secara gratis dan kemudian menautkannya ke domain milik kamu.

2. Publikasikan konten segar beberapa kali dalam sehari.

Sebagai marketer, penulis dan / atau pemilik website, kamu pasti sudah tahu mengapa blog adalah kunci untuk platform dan mengapa kamu perlu sesering mungkin mempublikasikan konten. Kamu juga tahu bahwa konten dengan lebih 2.000 kata maka akan lebih baik rating-nya di mesin pencari Google daripada posting tulisan singkat. 

Setiap kali kamu mencari kata kunci, kamu juga akan melihat bagaimanaa Google memberi peringkat lebih tinggi hasil halaman yang berisi konten solid dan praktis minimal 2000 kata. Itulah yang telah dilakukan oleh banyak influencer dan para master blogger lakukan. Beberapa dari mereka bahkan sudah menulis postingan lebih dari 2.000 kata, seperti Neil Patel, misalnya.

Maka ketika kita berbicara tentang majalah digital maka itu akan berbeda. Kamu bukan hanya bagian dari industri penerbitan, kamu sedang berada di bisnis berita. Itu berarti menulis 500 kata, atau hanya video dan gambar dengan teks sekitar 100 kata maka sudah lebih dari cukup. 

Orang ingin konten segar setiap hari. Ingatlah jika semakin banyak halaman yang kamu miliki di situs kamu itu, maka semakin banyak pula orang bisa berbagi ke media sosial mereka, dan semakin besar pula peluang untuk mendatangkan pengunjung baru setiap saat.

3. Buat Konten Visual yang Cantik

Berbicara tentang video dan gambar maka akan membawa kita ke poin berikutnya. Konten visual adalah kunci untuk blog bergaya majalah atau berita dan kamu tidak bisa jalan tanpa punya ini.

Bergantung pada anggaranmu, kamu mungkin bisa mulai dengan gambar bebas royalti untuk tiap artikel kamu. Tidak apa-apa. Tapi dengan ini, kamu masih bisa bekerja ekstra dan memilih yang mencolok. Pixabay adalah salah satu sumber daya dengan gambar yang bisa kamu comot jika kamu perlu gambar sewaktu-waktu. Pastikan juga gambar itu sesuai tidak dengan konten yang kamu punya. 

Sisihkan juga waktumu untuk melihat-lihat arsip pixabay untuk menemukan gambar yang terbaik untuk majalah digital kamu ini. Toh, gambar itulah kesan pertama yang akan memainkan peran besar di dalamnya.

Selain itu, tambahkan pula video ke situs kamu punya. Jika kamu mungkin belum siap untuk berinvestasi dalam memproduksi dan mengedit sendiri, itu tidak jadi masalah. Untuk permulaan, sematkan saja video keren orang lain dari YouTube dan bubuhkan sumbernya.

Cara Membuat Majalah Digital atau Situs Berita yang Bisa Kamu Monetisasi
Agar bisa menjadi merek yang dikenal, seseorang harus terlebih dahulu tampil dengan representasi unik dirinya, contohnya logo yang bisa menjelaskan tujuan perusahaan. (Sumber)

4. Bangun Brand Situs-mu

Agar tidak jadi blog WordPress yang biasa-biasa saja, kamu harus punya identitas brand atau merek. Contohnya seperti logo, skema warna situs web yang tepat, dan desainnya juga tergantung pada pesan yang ingin kau sampaikan dan jenis pengunjung yang dirimu targetkan. 

Buatlah desain tata letak terbaik untuk halaman utama situs majalah digital atau berita kamu ini, ungkapkan misi dan ceritakan di halaman terpisah, lalu buatlah akun media sosial untuk bangun brand website kamu, seperti membuat fanspage di facebook, buat akun twitter, instagram, dan juga Youtube. 


5. Pertahankan jadwal postingan dan konsisten.

Menulis konten dan membagikannya itu barulah satu langkah kita dalam membuat situs kita ini tetap hidup. Ketahuilah bahwa sebenarnya ada banyak hal lain yang perlu dilakukan begitu sebuah postingan artikel diterbitkan. Itulah mengapa kamu perlu merencanakan jadwal menulis yang tepat jika kamu ingin punya situs bergaya majalah yang sukses.

Buatlah jjadwal menulis kamu dan mulailah mengikutinya sampai menjadi kebiasaan. Tambahkan ke hal yang berhubungan dengan finalisasi postingan, bersamaan dengan tweet yang akan kamu bagikan selama beberapa minggu ke depan dan kapan, orang mana yang kamu sebutkan dan kemana kamu akan mendistribusikan konten yang telah kamu tulis itu.

6. Gunakan Teknik Monetisasi yang Cerdas

Iklan pop-up dan iklan yang mengganggu akan merusak pengalaman membaca. Situs majalah ini adalah tempat untuk orang-orang yang hanya ingin membaca kontennya. Jadi apapun yang mengganggu mereka dari itu atau yang tidak relevan dengan apa yang mereka baca atau lihat akan membuat mereka pergi dan tidak pernah kembali ke situsmu ini. 

Hal terbaik yang harus dilakukan adalah menggunakan teknik monetisasi yang cerdas.

Apakah kamu pernah memperhatikan di majalah digital populer dimana ada artikel yang lengkap dengan iklan di dalamnya, namun sepertinya cukup dipersonalisasi dan tidak benar-benar terasa seperti iklan. 

Itulah caranya sahabat sekalian, mereka sebenarnya telah berinvestasi sedikit pada pengembangan software tracking inovatif yang memungkinkan mereka dapat mengetahui dengan tepat keinginan pengunjung mereka dan apa yang ingin mereka klik. 

Sebagian besar majalah ini juga telah punya aplikasi mobile untuk menghasilkan banyak penghasilan melalui situs itu.

Bagaimanapun, kamu juga harus menunjukkan artikel rekomendasi, postingan atau produk yang berhubungan dengan bahasan, informasi tambahan yang mungkin ditemukan pengunjung jika mereka mengklik halaman tertentu, dan lain-lain.

Itulah sobat sekalian tips bagaimana cara membuat website majalah digital atau portal berita dengan mudah yang mampu menawarkan pengalaman unik bagi para pengunjung.

Bagikan tambahan tips dan pengalaman kalian mengembangkan blog dan website media di kolom komentar  di bawah ya.

Artikel ini bersumber dari born2invest.com. Telah diterjemahkan Muhammad Wali sesuai dengan standar editorial akhywali.net.

COMMENTS

Name

Adsense,1,Astronomi,9,Bisnis,15,Blogging,22,Buku,10,Catatan,84,Cinta,7,Computer Science,34,Delphi,2,Dunia Kepenulisan,9,Freelancer,1,Gadget,2,Game,2,HUT RI 70,2,Ilmu Pengetahuan,2,Inspirasi Tokoh,1,Kepribadian,2,Kesehatan,1,Keuangan,1,Khotbah,4,KKN,7,Lifestyle,1,Matematika,1,Motivasi,13,Pengalaman,21,PIMNAS,2,Produktivitas,3,Professional,4,Resensi,4,Review,7,Sahabat,4,SEO,1,Smartphone,1,Startup,6,Student,42,Teknologi,15,Tips,20,Travelling,13,Tutorial,3,Vlogging,1,Wirausaha,31,Youtuber,1,
ltr
item
Muhammad Wali: Cara Membuat Majalah Digital atau Situs Berita yang Bisa Kamu Monetisasi
Cara Membuat Majalah Digital atau Situs Berita yang Bisa Kamu Monetisasi
Hal terbaik yang harus dilakukan adalah menggunakan teknik monetisasi yang cerdas. Baca tips ini!
https://3.bp.blogspot.com/-I0a0-KGd5tg/WnR1uxKs7XI/AAAAAAAAFik/gqJY1MIcfRcWwVnPv8N42HTlnlj5OVCsQCLcBGAs/s640/Cara%2Bmembuat%2Bwebsite%2Bportal%2Bberita%2Bdan%2Bmajalah%2Bdigital.JPG
https://3.bp.blogspot.com/-I0a0-KGd5tg/WnR1uxKs7XI/AAAAAAAAFik/gqJY1MIcfRcWwVnPv8N42HTlnlj5OVCsQCLcBGAs/s72-c/Cara%2Bmembuat%2Bwebsite%2Bportal%2Bberita%2Bdan%2Bmajalah%2Bdigital.JPG
Muhammad Wali
https://www.akhywali.net/2018/02/cara-membuat-majalah-digital-atau-situs.html
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/2018/02/cara-membuat-majalah-digital-atau-situs.html
true
5617546411537444367
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy