5 Cara Cerdas Mengumpulkan Uang Untuk Startup Besutan Anda

kita akan menyimak dan memahami lima cara cerdas mengumpulkan dana untuk startup Anda.

Memiliki bisnis Anda sendiri adalah cara terbaik untuk mencapai fleksibilitas dalam profesi dan kebebasan finansial Anda. 

Ada banyak orang berpikir untuk memulai bisnis mereka sendiri tapi mereka juga kerap mengalami kegagalan untuk mewujudkan ide-ide mereka. Mungkin paling umum tantangan yang dihadapi oleh kebanyakan startup adalah kurangnya modal. 

Maka dalam artikel ini, kita akan menyimak dan memahami lima cara cerdas mengumpulkan dana untuk startup Anda. 

1. Crowdfunding

Crowdfunding adalah metode yang cocok mengumpulkan uang untuk memulai bisnis. Ada banyak situs crowdfunding dimana Anda dapat meng-upload penjelasan rinci tentang bisnis Anda dan menguraikan tujuan Anda sehingga menarik orang-orang yang ingin berkontribusi. 

Perlu diingat bahwa crowdfunding sangat kompetitif dan ide Anda harus benar-benar berkualitas sebelum Anda dapat memenangkan janji untuk pendanaan.

Selain mendapatkan uang, crowdfunding ini juga bisa jadi cara yang fantastis untuk mendapatkan visibilitas di pasar, validasi dan tumpuan bisnis tanpa menghabiskan dana terlalu banyak. 

Tak hanya itu, metode ini juga bisa menyelamatkan Anda ketika gulung tikar dan menyerahkan kendali perusahaan Anda kepada investor atau untuk memenuhi syarat pinjaman usaha.

2. Mencari startup accelerator atau inkubator

Akselerator startup atau inkubator adalah pilihan besar untuk mendapatkan dukungan keuangan, informasi dan sosial. Mereka biasanya menawarkan ruang kantor, mentoring bisnis, dan seminar yang bisa Anda gunakan untuk dapat menarik calon investor.

Inkubator yang disponsori secara lokal dan diarahkan untuk membawa bakat-bakat baru kini mulai jadi sorotan. Inkubator dan accelerator akan membantu Anda sampai dapat berdiri di atas kaki sendiri, Anda juga dapat menggunakan sumber daya mereka secara teknis, administratif, dan logistik.

Seperti strategi yang akan memungkinkan Anda untuk menghemat biaya tambahan pada infrastruktur bisnis. Ingat, berhubungan dengan inkubator terpercaya saja, jangan sembarangan pilih.

3. Temukan Mitra Investasi

Mencari mitra investasi adalah cara yang paling langsung melalui mana Anda bisa mendapatkan dukungan finansial untuk startup Anda.

Saat ini, perusahaan besar yang mengadopsi sebuah trend bermitra dengan perusahaan-perusahaan muda yang menjanjikan. Anda dapat mencari mitra tersebut untuk menghemat waktu dan sumber daya.

Mitra investasi tidak hanya mampu tawarkan modal, tetapi mereka juga memberikan pengaruh pasar kepada mitra startup. Mitra perusahaan juga menawarkan layanan gratis seperti web hosting, perkantoran, dan layanan email tak terbatas.

Pada banyak kasus, mitra investasi potensial akan memiliki pengalaman, visibilitas, pengetahuan, dan pengaruh pasar yang lebih baik. (Foto oleh Paul Bence di Unsplash)

4. Pitching Ide Anda ke Angel Investor

Angel Investor suka berinvestasi di perusahaan startup yang kecil. Biasanya, mereka melakukan ini untuk mencari pengembalian investasi. Mencari angel investor melalui jaringan pribadi bisnis agak sedikit melelahkan. Cara menemukan mereka adalah dengan mengunjungi platform launching startup, situs jejaring sosial profesional, atau angel network lainnya.

Setelah Anda menemukan Angel Investor yang harus Anda lakukan adalah mengembangkan hubungan untuk mendapatkan kepercayaan mereka dan membuat mereka mau berinvestasi pada startup Anda. 

Jika ide startup Anda berbasis pada peluncuran produk baru atau penemuan, Anda juga harus ingat untuk membuat sebuah prototipe sebelum pitching di depan investor ini. Angel investor punya peralatan mutakhir dan sumber daya yang terbatas yang dapat Anda gunakan untuk keuntungan Anda.

5. Kembali pada keluarga, minta bantuan mereka

Cara umum lain untuk mengumpulkan dana startup adalah meminta bantuan dari keluarga dan kerabat. Karena mereka adalah sekutu terdekat Anda, mereka mungkin percaya pada usaha Anda dan akhirnya mereka tertarik untuk memberikan sokongan dana untuk Anda.

Akan tetapi, sebelum Anda memutuskan untuk mengulurkan tangan kepada keluarga atau teman, pastikan jika Anda telah merumuskan rencana bisnis dengan rinci. Juga, jangan mengambil bisnis yang berhubungan dengan keluarga atau hibah ringan. Dan tandatangani pula kesepakatan mengenai setiap saham sebelum menerima dukungan jenis ini dan memberitahu mereka tentang risiko.

Akhir kata

Terlepas dari jalur mana Anda mengambil dari pilihan yang disebutkan di atas, sangat penting Anda pahami apa dan mengapa Anda memerlukan dana segar tersebut. Jika Anda sudah mendapatkannya jangan berfoya-foya ya. 

Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dipraktekkan. Bagikan peluang tambahan dan pengalaman Anda kepada kami di kolom komentar di bawah. 

Artikel ini bersumber dari born2invest.com. Telah diterjemahkan Muhammad Wali sesuai dengan standar editorial akhywali.net.

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Name

Adsense,1,Astronomi,9,Bisnis,15,Blogging,22,Buku,10,Catatan,84,Cinta,7,Computer Science,34,Delphi,2,Dunia Kepenulisan,9,Freelancer,1,Gadget,2,Game,2,HUT RI 70,2,Ilmu Pengetahuan,2,Inspirasi Tokoh,1,Kepribadian,2,Kesehatan,1,Keuangan,1,Khotbah,4,KKN,7,Lifestyle,1,Matematika,1,Motivasi,13,Pengalaman,21,PIMNAS,2,Produktivitas,3,Professional,4,Resensi,4,Review,7,Sahabat,4,SEO,1,Smartphone,1,Startup,6,Student,42,Teknologi,15,Tips,20,Travelling,13,Tutorial,3,Vlogging,1,Wirausaha,31,Youtuber,1,
ltr
item
Muhammad Wali: 5 Cara Cerdas Mengumpulkan Uang Untuk Startup Besutan Anda
5 Cara Cerdas Mengumpulkan Uang Untuk Startup Besutan Anda
kita akan menyimak dan memahami lima cara cerdas mengumpulkan dana untuk startup Anda.
https://1.bp.blogspot.com/-1FmnXGAkeJg/Wmaaj5ZuPDI/AAAAAAAAFfY/pJs5M84hmMQd4nGQihIinztk6Xvqser_QCLcBGAs/s640/Cara%2Bcerdas%2Bkumpulkan%2Bdana%2Buntuk%2Bstartup%2Banda.JPG
https://1.bp.blogspot.com/-1FmnXGAkeJg/Wmaaj5ZuPDI/AAAAAAAAFfY/pJs5M84hmMQd4nGQihIinztk6Xvqser_QCLcBGAs/s72-c/Cara%2Bcerdas%2Bkumpulkan%2Bdana%2Buntuk%2Bstartup%2Banda.JPG
Muhammad Wali
https://www.akhywali.net/2018/01/5-cara-cerdas-mengumpulkan-uang-untuk.html
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/2018/01/5-cara-cerdas-mengumpulkan-uang-untuk.html
true
5617546411537444367
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy