5 Tip Cara Generasi Millenial Mudah Seimbangkan Hidup dan Bekerja

Beberapa tips dan trik yang teruji untuk mencoba dan menyeimbangkan kerja dan kehidupan kita agar sedikit lebih baik.

Hidup di abad ke 21 sebagai seorang profesional muda bisa saja membuat dirimu mudah stres. Selalu ada pertemuan atau panggilan lain untuk terus berlanjut, banyak pemberitahuan yang membombardir telepon kamu, tugas yang perlu dilakukan secepatnya, orang-orang terus-menerus membutuhkan perhatianmu dan sebagainya.

Gaya hidup yang sibuk ini membebani hidup kita lebih banyak daripada yang bisa kita bayangkan. 

Media sosial membuat kita terhipnotis dan terganggu cukup lama untuk merasa lelah tapi tidak mengakui bahwa ada masalah yang lebih besar di bawah permukaan. 

Generasi millenial (sebagian besar) tidak benar-benar tahu bagaimana menyeimbangkan kerja dan kehidupan.

Hal itu seringkali mengarah pada istilah lain yang sangat populer di kalangan millenial-kelelahan. 

Itu terjadi ketika terlalu banyak telepon yang diladeni dan ada pula tugas yang belum terlaksana. 

Mengalami kelelahan bukan lelucon; itu benar-benar bisa membuat kita kembali dan menyebabkan kerusakan nyata tidak hanya secara mental, tapi juga secara fisik.

Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah lingkaran setan ini dimana kita berlari sepanjang waktu seolah dunia akan berakhir besok? 

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang teruji untuk mencoba dan menyeimbangkan kerja dan kehidupan kita agar sedikit lebih baik.

1. Coba gunakan teknik Pomodoro

Hari ini masyarakat kita semua butuh efisiensi. Kita semua mencoba berbuat lebih banyak dan lebih banyak lagi. 

Hal ini sungguh tidak kita harapkan dari kita. Itu sebabnya kita tidak bisa hanya melempar topi, berbaring dengan sekaleng bir dan meluangkan waktu untuk bekerja atau masalah lainnya. 

Sampai batas tertentu, urgensi semacam ini bisa menjadi hal yang baik: mendorong kita untuk memperjuangkan hal-hal yang lebih besar. Tapi kita perlu belajar bagaimana menetapkan batasan dan lebih pintar dalam melakukan sesuatu sama sekali. 

Smartphone dan orang lain bisa menjadi musuh utama ketika harus menyelesaikan tugas.

Sebenarnya, kita semua bisa lebih produktif jika kita fokus pada satu hal pada satu waktu dan mematikan gangguan sebanyak mungkin. 

Itu sebabnya teknik Pomodoro bisa memberi hasil bagus. 

Jika kamu mencoba menyelesaikan tugas tertentu, cukup duduk di tempat yang sepi, blokir akses kamu ke situs web atau pemberitahuan yang mengganggu dan kerjakan tugas itu selama 25 menit berturut-turut. 

Setelah selesai, istirahat singkat 3-5 menit dan lakukan semuanya lagi. Ada berbagai alat dan variasi praktik online ini yang bisa kamu teliti sendiri, namun intinya adalah mencoba dan fokus pada satu hal pada satu waktu. Nantinya kamu akan kagum pada dirimu karena kamu bisa bekerja dengan baik!

2. Belajarlah untuk mengatakan tidak

Ini sulit. Orang-orang diajarkan sejak mereka lahir sehingga mereka harus menjadi orang baik dan mereka harus membantu orang lain. Itu semua memang baik dan baik sampai kebutuhan terukir dalam kita semua untuk bersikap sopan dengan tidak mengganggu kehidupan, tujuan, atau bahkan kesejahteraan kita. 

Terkadang, rasanya seolah-olah ada, untuk melupakan pelajaran ini nanti di masa dewasa karena tiba-tiba menjadi jelas bahwa membantu orang lain sepanjang waktu tidak membantu Anda.

Tentu saja, itu tidak berarti kasar atau berarti bagi orang. Intinya di sini adalah belajar bagaimana menjadi sedikit lebih egois. 

Kamu tidak perlu pergi ke setiap acara yang diundang temanmu, Kamu juga tidak perlu membantu kolega yang tampaknya berjuang dengan masalah yang sama setiap saat dan kamu tidak perlu menemani temanmu saat dia memutuskan untuk pergi belanja atau ke konser. 

Seseorang pernah berkata, "Jika bukan neraka ya, maka itu sama sekali bukan." Itu mungkin tidak berlaku untuk semua situasi, tapi ini adalah aturan praktis yang baik untuk diikuti saat mencoba memutuskan apakah kamu ingin melakukan sesuatu untuk orang lain.



3. Atur liburan dan hari Anda

Mengetahui hal terpenting yang harus dilakukan setiap hari dalam seminggu bisa mengubah hidup kamu. 

Banyak orang meremehkan kekuatan perencanaan. Jika kamu tahu apa tujuan menyeluruhmu secara profesional dan dalam kehidupan, jadilah lebih mudah untuk memecahnya menjadi tugas terkecil dan sesuai dengan jadwal kamu. 

Dengan demikian, hal itu memungkinkan kamu melakukan lebih baik pekerjaan di setiap area kehidupan kamu dan ini akan mengurangi tekanan secara signifikan. 

Kekacauan bukanlah teman datang dari temanmu jika kamu mencoba untuk memiliki karir yang sukses, kehidupan sosial yang sibuk, dan kisah hidup romantis yang aktif.

Dengan mengatur bagian terpenting dari kehidupan sehari-hari kamu dalam sebuah agenda di suatu tempat (seperti tenggat waktu kerja, janji temu, rapat, perjalanan, pertemuan teman dan sebagainya), maka kamu akan dapat:

a.  Sesuatu yang tidak pernah kamu melewatkan lagi (yang menyebabkan banyak stres) dan;

b. lihat bagaimana waktu kamu dihabiskan dan bagaimana kamu bisa memperbaikinya agar bisa membuat rencana lain.

Semakin detail anda sertakan, semakin baik. 

Dengan cara itu kamu menghilangkan banyak tekanan dari kehidupanmu dan kamu akan memiliki tujuan hidup yang lebih baik untuk menuju ke tujuan berikutnya.

4. Ciptakan waktu "diri sendiri" yang berharga itu

Mengambil waktu untuk diri kita sendiri mungkin adalah salah satu hal terpenting yang harus kita lakukan di dunia sekarang ini. 

Harus dihukum berapa banyak kita mampu melupakan dan mengabaikan diri sendiri dan kebutuhan kita. 

Ada pepatah lain yang mengatakan, "Orang yang bahagia menghargai kebutuhan mereka." Itu juga berlaku untuk Anda! Scrolling tanpa henti di Facebook atau browsing untuk hal keren di Instagram's explore itu tidak masuk hitungan. Ini adalah gangguan dan kamu bisa melakukannya di toilet kamu atau saat berada di trem.

Waktu berharga "diri sendiri" bisa berbeda untuk semua orang. Beberapa hal mendasar yang setiap orang harus lakukan dalam waktu "sendiri" setiap minggu adalah berolahraga, membaca buku, berbelanja secara royal pada makanan, cukup tidur dan sedikit memikirkan impian-impianmu. 

Hal ini telah diulang dalam artikel yang tak terhitung jumlahnya dan setiap orang yang sukses menekankan pentingnya hal ini - dapatkan waktu "diri sendiri". 

Namun, banyak dari kita berpikir itu penting dan kemudian, jarang meluangkan waktu untuk memperhatikan diri kita sendiri. 

Apa pun yang kamu anggap sebagai "waktu saya atau diri sendiri", kamu perlu menjadwalkannya terlebih dahulu, memikirkannya dan menciptakan ritual darinya. 

Perlu kamu jadikan kebiasaan dan kebutuhan, sama seperti tidur setiap malam.

5. Pindah saat cukup sudah cukup

Kita semua memiliki sesuatu yang tidak ideal dalam kehidupan kita dan membutuhkan pekerjaan. 

Bidang kehidupan yang berbeda membutuhkan tindakan yang berbeda sehingga kita dapat memperbaikinya. Namun, jika kamu telah bekerja tanpa lelah untuk memperbaiki area tertentu dalam hidupmu cukup lama dan sepertinya tidak berubah atau tidak memberi kamu nilai lagi, inilah saatnya untuk pergi. 

Entah itu hubungan persahabatan, pekerjaan yang tidak memungkinkan kamu belajar dan tumbuh (dan kamu hanya membencinya), kebiasaan yang bekerja melawan dirimu (seperti merokok), emosi negatif (seperti dendam) atau apapun yang lain. Bisa jadi, ketahuilah kapan waktu itu berakhir dan kamu cukupkan dan teruskan.

Kamu harus belajar memotong hal-hal semacam ini dari hidupmu, jangan pernah melihat ke belakang dan terus melangkah. 

Ini akan bisa membuat keajaiban untuk keseimbangan pekerjaan dan hidup kamu. 

Orang-orang yang memiliki masalah ketika harus melepaskan barang yang berbeda, tapi pada akhirnya, ketika ada sesuatu yang perlu dilakukan, itu benar. 

Begitu pula saat kamu berhasil memasukkan barang yang telah menyedot energimu di belakang itu, sebenarnya semua telah menyeimbangkan diri dan kehidupan kamu jadi jauh lebih baik.

Dapatkan artikel menarik dan bermanfaat tentang dunia professional, bisnis, teknologi, gadget dan startup hanya di akhywali.net. 

COMMENTS

Name

Adsense,1,Astronomi,9,Bisnis,14,Blogging,22,Buku,10,Catatan,84,Cinta,7,Computer Science,34,Delphi,2,Dunia Kepenulisan,9,Freelancer,1,Gadget,2,Game,2,HUT RI 70,2,Ilmu Pengetahuan,2,Inspirasi Tokoh,1,Kepribadian,2,Kesehatan,1,Keuangan,1,Khotbah,4,KKN,7,Lifestyle,1,Matematika,1,Motivasi,12,Pengalaman,21,PIMNAS,2,Produktivitas,1,Professional,3,Resensi,4,Review,7,Sahabat,4,SEO,1,Smartphone,1,Startup,6,Student,42,Teknologi,15,Tips,17,Travelling,13,Tutorial,3,Vlogging,1,Wirausaha,31,Youtuber,1,
ltr
item
Muhammad Wali: 5 Tip Cara Generasi Millenial Mudah Seimbangkan Hidup dan Bekerja
5 Tip Cara Generasi Millenial Mudah Seimbangkan Hidup dan Bekerja
Beberapa tips dan trik yang teruji untuk mencoba dan menyeimbangkan kerja dan kehidupan kita agar sedikit lebih baik.
https://3.bp.blogspot.com/-9uae0oEs2_4/WjvimyQQFVI/AAAAAAAAFYg/I5mq6Fje0e4wg2nvJ2kBxIB4FXFCLTlSwCLcBGAs/s640/5%2BTip%2BCara%2BGenerasi%2BMillenial%2BMudah%2BSeimbangkan%2BHidup%2Bdan%2BBekerja.JPG
https://3.bp.blogspot.com/-9uae0oEs2_4/WjvimyQQFVI/AAAAAAAAFYg/I5mq6Fje0e4wg2nvJ2kBxIB4FXFCLTlSwCLcBGAs/s72-c/5%2BTip%2BCara%2BGenerasi%2BMillenial%2BMudah%2BSeimbangkan%2BHidup%2Bdan%2BBekerja.JPG
Muhammad Wali
https://www.akhywali.net/2017/12/5-tip-cara-generasi-millenial-mudah.html
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/2017/12/5-tip-cara-generasi-millenial-mudah.html
true
5617546411537444367
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy