Fakultas Teknik Yudisium Day: Terima Kasih Bunganya ya!

Hari itu adalah hari Rabu yang indah tidak hanya suasana paginya, namun suasana hatiku dan para calon sarjana muda lainnya juga begitu merekah, membuncah, berbunga-bunga, sebab ada suatu peristiwa penting akan terjadi pada kami, terjadi pada bagian mozaik dan piksel pecahan dari citra hidup ini. Kenapa akhy? Beritahu tahu kami, kami begitu penasaran sekali, wahai Akhywali! Baiklah rakanku, akan kuceritakan pada-mu rakan, sebab musabab kami begitu bahagia dan berbunga hati di hari rabu yang syahdu itu. Hari itu adalah hari yudisium kami mahasiswa tingkat akhir dari Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh (UNIMAL) yang telah menyelesaikan studi dalam kurun waktu masing-masing yang telah dijalani. Ada yang empat tahun pas, ada yang 3 tahun beberapa bulan, 4 tahun lebih beberapa bulan, dan ada juga yang sampai 7 tahun. Itu semua tergantung pilihan masing-masing dan berdasarkan anugerah waktu dan kesempatan yang diridhai Tuhan. Namun, upaya dan do’a tetap terus dilakukan. Itulah takdir yang harus dijalani.

Hari itu adalah hari Rabu (30/08/2017) yang indah tidak hanya suasana paginya, namun suasana hatiku dan para calon sarjana muda lainnya juga begitu merekah, membuncah, berbunga-bunga, sebab ada suatu peristiwa penting akan terjadi pada kami, terjadi pada bagian mozaik dan piksel pecahan dari citra hidup ini.

Kenapa akhy?

Beritahu tahu kami, kami begitu penasaran sekali, wahai Akhywali!

Baiklah rakanku, akan kuceritakan pada-mu rakan, sebab musabab kami begitu bahagia dan berbunga hati di hari rabu yang syahdu itu.

Hari itu adalah hari yudisium kami mahasiswa tingkat akhir dari Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh (UNIMAL) yang telah menyelesaikan studi dalam kurun waktu masing-masing yang telah dijalani.  Ada yang empat tahun pas, ada yang 3 tahun beberapa bulan, 4 tahun lebih beberapa bulan, dan ada juga yang sampai 7 tahun. Itu semua tergantung pilihan masing-masing dan berdasarkan anugerah waktu dan kesempatan yang diridhai Tuhan. Namun, upaya dan do’a tetap terus dilakukan. Itulah takdir yang harus dijalani.

Jika ingin jujur hari yudisium ini adalah proses yang paling saya nantikan sebab selama kuliah 4 tahun 5 bulan itu adalah waktu lumayan terlambat untuk kami sebenarnya. Perlu teman-teman ketahui bahwa yudisium adalah proses akademik yang menyatakan seorang mahasiswa telah memenuhi syarat untuk dinyatakan lulus dari studi yang ditempuhnya dan dilepaskan oleh fakultas untuk pulang ke rumahnya masing-masing untuk menjadi pengangguran. J (just kidding)

Acara yudisium kami kali ini tetap seperti biasa dilakukan di Gedung Aula Malikussaleh, Kampus Utama Universitas Malikussaleh yang berada di desa Reuleut, Muara Batu, Aceh Utara. Acara dijadwalkan mulai berlangsung dari pukul 8.00 WIB. Saya yang tinggal di rumah yang sangat jauh dengan kampus Reuleut ini pun harus bergegas kesana dari rumah pukul 6.00 WIB. Begitu semangat saya kali ini. Tapi jika dibandingkan dengan wanita mereka mungkin lebih bersemangat lagi, ada yang tidak tidur untuk menyambut hari bahagia mereka ini.

Saya sampai di kampus reuleut tepat waktu, setelah memarkirkan motor di tempatnya langsung memasuki ruangan lantai dua gedung Aula Malikussaleh. Sempat menyapa beberapa teman-teman dan memberikan selamat pada mereka yang telah sukses menyelesaikan studinya juga dan bisa yudisium bersama akhirnya.

Kemudian, kami pun dianjurkan panitia penyelenggara untuk registrasi terlebih dahulu sebelum dimulainya acara. Dengan cara ini nantinya jika ada yang tidak hadir maka akan mudah dideteksi.

Setelah melakukan registrasi saya pun menempati kursi khusus yang telah diberi nomor, NIM, dan  nama mahasiswanya, disediakan untuk masing-masing peserta. Saya dan bersama mahasiswa informatika lainnya ditempatkan di barisan kedua paling belakang.

Saya pun memandangi ke seluruh isi ruangan, memutar kepala dan mata  kemana-mana. Ruangan yang begitu besar dipenuhi ratusan kursi peserta dan pesertanya juga sudah ramai yang datang. Mereka mengambil kamera lalu memegang dengan tangan dan menjempretnya ke arah muka untuk mengabadikan momen terindah dalam hidup mereka ini dengan berbagai sudut pandang latar yang disenangi. Sayang sekali, ponsel dan wajah saya tidak bisa menghasilkan foto  yang fashionable.



Disana, di bagian paling depan ada panggung yang telah dihias, ada tulisan yudisiumnya, juga ada meja dan kursi yang disediakan untuk Dekan, Ketua Jurusan/Prodi, dan pemangku kepentingan lainnya yang terlihat masih kosong. Namun, tempat protokoler dan pembawa acara sudah diisi.

Para mahasiswa dan mahasiswi calon alumni ini telah mengisi kursinya masing-masing. Para pria terlihat begitu dan gagah perkasa hari ini dibalut dengan setelan baju putih, celana hitam, jas dan juga dasi dilehernya. Begitu pula dengan para wanita yang begitu cantik, ayu, dan jelita dengan pesona wajah yang putih berseri dengan balutan baju kebaya hasil desainer pilihan terbaik mereka. Mereka tetap berpakaian islami. Saya tidak bisa mengatakan tidak terpana dengan kecantikan dan pesona mereka hari ini.

Acara akan segera dimulai setelah beberapa menit menunggu. Pembawa acara mulai membacakan agenda tata tertib acaranya. Bapak dekan dan ketua prodi seluruh jurusan yang ada di Fakultas Teknik, dipersilakan memasuki ruangan satu persatu menuju ke panggung utama menempati kursi spesial mereka hari ini. Para peserta pun dimohonkan untuk berdiri sejenak hingga semua semua tokoh-tokoh besar di fakultas ini tiba di panggung acara.

Sejurus kemudian, peserta dipersilakan duduk kembali. Acara dilanjutkan dengan bacaan ayat suci Al-Quran. Suasana yang semulanya begitu riuh kini berubah menjadi khidmat. Semua menyesapi lantunan indah Qari muda itu, begitu syahdu. Acara lalu dilanjutkan dengan laporan dari ketua panitia penyelenggara dan yang menjadi acara inti yudisium ini adalah pembacaan penyataan yudisium dan penyerahan surat keputusan oleh pimpinan fakultas dengan  didampingi oleh para ketua jurusan maupun prodi masing-masing mahasiswa peserta. Pada agenda ini pula mahasiswa akan dibacakan nama beserta nomor induk mahasiswa (NIM) berikut dengan predikat yang didapatkannya.

Acara lumayan lama berlangsung dan posisi nama kami juga berada di jurusan dengan kode program studinya yang terakhir. Kami pun menunggu dengan harap-harap cemas, deg-degan, karena harus berjalan satu persatu di hadapan ratusan manusia disini. Bergaya dengan setelan masing-masing itu sungguh harus dilakukan.

Tibalah nama saya dipanggil, “Muhammad Wali, NIM 120170109, dengan masa studi 4 tahun 5 bulan(3 tahun 17 bulan), IPK 3,50, sangat memuaskan” lalu saya pun berjalan dengan gagah namun penuh gugup (takut salah tingkah) ke podium dimana dekan berada. Lalu menerima sebuah map batik hasil keputusan dan juga selamat darinya. Saya pun menyalaminya dengan begitu takzim, begitu pula dengan ketua program studi Teknik informatika, Bapak Fadlisyah, S.Si., M.T., ketua prodi sekaligus dosen pembimbing tugas akhir yang telah membantu saya lebih selama ini.

Setelah bersalaman dengan keduanya saya pun turun meninggalkan panggung acara dengan hati bahagia dan mengucap syukur segala puji kepada Ilahi Rabbi sebab saya hari ini sudah diberi kesempatan untuk menerima anugerah hidup dan prestasi ini.

Alhamdulillah, sejak hari ini saya resmi menyandang gelar Sarjana Teknik sesudah melalui perjuangan kuliah yang tertatih-tatih dengan bantuan dana beasiswa #BIDIKMISI dari pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia. Terima Kasih kuucapkan padamu #Bidikmisikau telah memberiku jalan menuju kemenangan dan kesuksesan keluar dari mata rantai kemiskinan”.

Saya sungguh sangat terharu hari itu begitu meninggalkan podium yudisium. Selamat tinggal dosen-dosenku tercinta dari Teknik informatika Unimal. Kalian telah membimbing dan menuntunku dengan baik dan telaten selama ini. Terima kasih juga  kepada teman-teman mahasiswa seangkatan dan seperjuangan yang selama ini telah membantu pejuangan dan juga ada yang memboncengiku menuju kampus tercinta kita. Kalian akan selalu kuingat dan tersimpan indah dalam Hardisk dan CPU kepalaku.

Tak terasa 4 tahun setengah kuliah itu telah berlalu. Kini saya sudah jadi alumni seutuhnya dan mungkin akan sah atau resmi juga jadi manusia pengangguran. (Semoga tidak selamanya. Aamiin, silakan tawarkan pekerjaan kepada saya segera, haha).

Pukul 12.30 WIB acara sudah selesai. Acara pun dilanjutkan dengan agenda foto peserta dengan kepala jurusan/prodi masing-masing dan juga pimpinan Fakultas atau bapak dekan, Herman Fithra, S.T., M.T.

Setelah itu kami pun bubar dan mengambil foto bebas bersama mahasiswa lainnya dan juga para adik-adik mahasiswa yang juga akan menyusul di kemudian hari.

Fakultas Teknik Yudisium Day: Terima Kasih Bunganya!
dok.pribadi (arie photography)

Foto ini saya dapat dari hasil jepretan teman yang juga berprofesi sebagai photografer dan juga selebritis instagram bernama Arie Iskandar. Kalian bisa follow akun ig-nya di akun @arieskandar. Ada video dan foto-foto menarik dihasilkannya disana. Saya merupakan salah satu fans-nya dan aktor disana. J

Di foto kali ini saya berkesempatan berdiri mengabadikan momen bersama dengan orang-orang hebat dari jurusan informatika. Mereka adalah developer, ahli jaringan, dan programmer serba bisa. Dari kananku ada Asyraf akmal ia ex komisaris kelas kuliah, tokoh Himatif, dan berprofesi sebagai freelance programmer professional, disamping kiri saya pakai baju kaos oranye adalah Dedi Syuaib Lubis, adalah ahli networking dan juga teknisi professional, dan ada Khairul Umam yang sedang memegang map hasil studinya, ia juga merupakan orang hebat di angkatan kami, pernah memenangkan beberapa ajang bergengsi dalam mendesain dan mendevelop website/aplikasi beberapa perusahaan ternama di Indonesia. Bukan itu saja rakan, Mereka bertiga juga dikenal sebagai gamer professional. Saya terinspirasi dan ingin mengikuti jejak sukses mereka itu. Mudah-mudahan Allah berikan saya kesempatan dan umur panjang.

Fakultas Teknik Yudisium Day: Terima Kasih Bunganya!
dok.pribadi (arie photography)

Foto yang kedua, Terlihat disana saya dan Asyraf akmal berfoto bersama dua gadis cantik jelita. Dikiri saya bernama Safriani dan di kanan Asyraf bernama Yusriana. Keduanya juga telah di ujian sidangkan tugas akhirnya namun tidak sempat mendaftar menjadi peserta yudisium sebab pendaftaran telah terlebih dahulu ditutup. Semoga kalian bisa yudisium segera ya, Ani dan Ana. Oh, iya, Terima kasih bunganya ya. Harum mewangi seperti baru dipetik dari taman kampus kita.

Fakultas Teknik Yudisium Day: Terima Kasih Bunganya!
dok.pribadi (arie photography)

Berikutnya saya berkesempatan dipotret kembali oleh Arie dalam momen bersama 3 Putri Miss Indonesia ini. Dari paling kanan saya ada Fitriana Rahimi, Mira Hamidah, dan sebelah kiri saya bernama Salbiah. 


facebook.com/Tia

Foto terakhir itu adalah momen terakhir bersama rakan-rakan seangkatan yang terambil di hari yudisium Fakultas Teknik Rabu lalu(30/08/2017).

Kini mereka juga telah menyandang gelar Sarjana Teknik. Setelah ini kemanakah kira-kira mereka akan menuju? Mungkin jawabannya hanya merekalah yang tahu dan semoga mereka memberikan jawabannya di kolom komentar blog saya.

Semoga saja mereka telah merencanakan juga jalan mereka sebelumnya. Akhirnya, selamat berbahagia untuk seluruh lulusan informatika muda Universitas Malikussaleh. Kuharap kalian tidak terlena dengan hari itu, jalan kita masih panjang, meraih kesuksesan akan cita-cita kita, bekerja di perusahaan idaman, menciptakan peluang kerja untuk orang-orang, berkarya dan berwirausaha, lalu mengabdi untuk negeri Indonesia, membuat dunia ini menjadi lebih baik dengan ilmu yang telah dititipkan Allah melalui jalan belajar di kampus tercinta.

Terima kasih sekali lagi kuucapkan pada teman-teman seangkatan, teman kos-kosan, teman seperjuangan selalu bersama saat buat tugas kuliah, adik-adik mahasiswa, dan dosen-dosen Teknik Informatika Universitas malikussaleh, yang mau mengenal, berteman, bersama saya apa adanya hingga bisa seperti hari ini.

Sampai jumpa, kita akan berjumpa kembali di episode tulisan saya berikutnya. Do’akan semoga tulisan saya akan terus menemukan pembacanya dan viral. Aamiin, ya Rabbal ‘alamiin. J

Mari dibagikan pada teman-teman dan kerabat Anda di facebook. Semoga bermanfaat.

COMMENTS

Name

Adsense,1,Astronomi,9,Bisnis,15,Blogging,22,Buku,10,Catatan,84,Cinta,7,Computer Science,34,Delphi,2,Dunia Kepenulisan,9,Freelancer,1,Gadget,2,Game,2,HUT RI 70,2,Ilmu Pengetahuan,2,Inspirasi Tokoh,1,Kepribadian,2,Kesehatan,1,Keuangan,1,Khotbah,4,KKN,7,Lifestyle,1,Matematika,1,Motivasi,13,Pengalaman,21,PIMNAS,2,Produktivitas,3,Professional,4,Resensi,4,Review,7,Sahabat,4,SEO,1,Smartphone,1,Startup,6,Student,42,Teknologi,15,Tips,20,Travelling,13,Tutorial,3,Vlogging,1,Wirausaha,31,Youtuber,1,
ltr
item
Muhammad Wali: Fakultas Teknik Yudisium Day: Terima Kasih Bunganya ya!
Fakultas Teknik Yudisium Day: Terima Kasih Bunganya ya!
Hari itu adalah hari Rabu yang indah tidak hanya suasana paginya, namun suasana hatiku dan para calon sarjana muda lainnya juga begitu merekah, membuncah, berbunga-bunga, sebab ada suatu peristiwa penting akan terjadi pada kami, terjadi pada bagian mozaik dan piksel pecahan dari citra hidup ini. Kenapa akhy? Beritahu tahu kami, kami begitu penasaran sekali, wahai Akhywali! Baiklah rakanku, akan kuceritakan pada-mu rakan, sebab musabab kami begitu bahagia dan berbunga hati di hari rabu yang syahdu itu. Hari itu adalah hari yudisium kami mahasiswa tingkat akhir dari Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh (UNIMAL) yang telah menyelesaikan studi dalam kurun waktu masing-masing yang telah dijalani. Ada yang empat tahun pas, ada yang 3 tahun beberapa bulan, 4 tahun lebih beberapa bulan, dan ada juga yang sampai 7 tahun. Itu semua tergantung pilihan masing-masing dan berdasarkan anugerah waktu dan kesempatan yang diridhai Tuhan. Namun, upaya dan do’a tetap terus dilakukan. Itulah takdir yang harus dijalani.
https://1.bp.blogspot.com/-0sHWZNp0q8w/WbEc2irbQWI/AAAAAAAAE1Q/4e-pUUzKl6MbPBiTIqWfB6DWMBV5X4QlwCLcBGAs/s640/Yudisium%2BAkhywali%2B1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-0sHWZNp0q8w/WbEc2irbQWI/AAAAAAAAE1Q/4e-pUUzKl6MbPBiTIqWfB6DWMBV5X4QlwCLcBGAs/s72-c/Yudisium%2BAkhywali%2B1.jpg
Muhammad Wali
https://www.akhywali.net/2017/09/fakultas-teknik-yudisium-day-terima.html
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/2017/09/fakultas-teknik-yudisium-day-terima.html
true
5617546411537444367
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy