NOSTALGIA MASA SMA

Masa SMA adalah sebuah perjalanan indah dalam hidup yang hanya sekejap namun cukup berarti sekali. Di sanalah bermulanya kita mulai menemukan jati diri dan cinta. Masa-masa remaja adalah masa-masa terindah kita. Masa dimana kita masih nakal-nakalnya, ngajak teman-teman cabut dari sekolah berjama’ah, main tenis meja dan takraw di dalam ruang kelas, ngusilin guru, berkumpul berbagi curhat, canda, tawa, tugas PR, ngomongin cinta-cintaan, dan juga persahabatan. Inilah dunianya remaja yang tak akan tergantikan. Ini lah masa-masa SMA.

Harus dimulai dari mana dulu ya tulisan ini. Dari Pendaftaran atau dari kisah saat Masa Orientasi Siswa (MOS) mungkin?  Dari kelas satu? atau dari saat temukan cinta monyet?

Masa SMA adalah sebuah perjalanan indah dalam hidup yang hanya sekejap namun cukup berarti sekali. Di sanalah bermulanya kita mulai menemukan jati diri dan cinta. Masa-masa remaja adalah masa-masa terindah kita. Masa dimana kita masih nakal-nakalnya, ngajak teman-teman cabut dari sekolah berjama’ah, main tenis meja dan takraw di dalam ruang kelas, ngusilin guru, berkumpul berbagi curhat, canda, tawa, tugas PR, ngomongin cinta-cintaan, dan juga persahabatan. Inilah dunianya remaja yang tak akan tergantikan. Ini lah masa-masa SMA.

Kenapa masa SMA adalah masa paling terindah? Ternyata oh ternyata diketahui ada beberapa faktor kenapa masa-masa SMA disebut masa-masa paling indah di kalangan semua orang antara lain:
1  .    Sesuatu  yang kita dapatkan semasa SMA, tidak akan kita dapati lagi saat kuliah apalagi setelahnya.
2  .    Cinta Monyet yang menyesatkan  tapi biasanya tak akan terlupakan
3  .    Kebersamaan
4  .    Guru

Itulah beberapa  hal yang banyak orang kata bahwa masa-masa SMA itu masa-masa yang terindah, Kenapa dikatakan demikian, karena masa-masa itu tidak akan ada lagi, bahkan di dunia kuliah sekalipun, apalagi di dunia kerja.

Yuk, monggo ikut saya bernostalgia ke masa-masa terindah kita. Maukah dinda? Maukah kanda? Menemani saya bercerita?

NOSTALGIA MASA SMA
Foto: Siswa SMAN 1 SEUNUDDON Tahun 2012

Saya ingin berkisah tentang sekolah, saya sendiri, guru, dan sahabat-sahabat saya di SMA.
Saya adalah lulusan tahun 2012 di sebuah Sekolah Menengah Atas yang terletak di dekat persawahan desa Paya Dua Uram. Sebelumnya saya terlebih dahulu belajar di Dayah Terpadu Al-muslimun Lhoksukon, sebuah pondok pesantren yang memiliki murid-murid setingkat Madrasah Tsanawiyah dan juga Madrasah Aliyah. Saya memilih keluar dari sana. Saya ingin mencari kehidupan dunia baru. Ada beberapa sekolah yang coba saya masuki di kota Banda Aceh, seperti SMA Modal Bangsa. Saat itu kebetulan ada permintaan untuk siswa-siswa terbaik tanah air yang disekolahkan secara gratis. Saya pun mencari peruntungan disana. Tapi, hasilnya nihil, sekolah ini cukup sulit sekali untuk ditembus. Walaupun peringkat rangking di rapor saya berangka 1, ternyata itu saja tidaklah cukup teman-teman. Saya harus mengikuti ujian lagi seperti Ujian Akhir Nasional. namun apa daya hendak di kata, setelah menunggu beberapa hari pengumuman nama-nama peserta yang lolos di koran Serambi Indonesia tak terpampang nama saya disana. Saya ndak diterima. Saya ndak lulus. Begitu juga di tempat lainnya, SMAN 1 Banda Aceh, Saya juga ndak lulus, Nilai UN yang diminta tidak cukup banyak. Nilai UN saya sangat sedikit, hanya 3,34. Mereka mensyaratkan 3,6. Allah menghendakiku ke tempat yang paling baik, kampung halaman adalah takdir saya akhirnya. Ya, tidak menunggu lama tak perlu bersedih hati dan galau lagi. Saya langsung tancap gas pulang dari ibu kota provinsi Aceh ini dan melamar ke SMAN 1 Tanah Jambo Aye. Hasilnya pun terulang kembali. Saya ndak bisa masuk lagi. Pendaftaran siswa baru sudah ditutup.

Kini, Saya akan memilih sekolah yang ada di kecamatan saya saja. Mudah-mudahan mereka akan menerima Saya apa adanya. Sekolah itu berada di desa Paya Uram, berjarak 4 Kilo Meter dari rumah orang tua Saya. Alhamdulillah, setelah mengikuti tes bacaan Al-qur’an, test membaca cepat, dan uji kompetensi keilmuan semua bidang. Saya pun dinyatakan lulus disana. Syukur, bahagia sangat hati ini.

Inilah saatnya cerita SMA-ku dimulai. Hari pertama sekolah Saya begitu bersemangat memakai seragam dan aksesoris untuk mengikuti masa orientasi siswa(MOS). Hari itu Saya mulai berkenalan dengan teman-teman baru yang berasal dari berbagai desa di kecamatan kami, Seunuddon namanya. Sahabat-sahabat Sekolah Dasar juga kudapati kembali. Bersemi kembali kisah persahabatan kami.

Hari-hari berikutnya juga terasa begitu indah. Bergurau, bercanda, dan belajar lebih giat untuk mendapatkan ilmu yang banyak untuk meraih prestasi yang tinggi. Ketika ujian dimulai saya pun siap.

Alhamdulillah, puji syukur kepada pencipta. Saya disini memperoleh peringkat 1 setiap diterima rapor oleh bapak saya. Saya bisa membuatnya bangga memiliki anak seperti saya.

Di Sekolah Menengah Atas ini saya belajar banyak. Belajar tentang segala hal, bahkan tentang kehidupan remaja saya dan juga memikirkan masa depan. Ketika bersekolah disini saya begitu banyak ditempa ilmu dan juga pengalaman hidup. Pernah juga saya tidak memiliki uang jajan ketika sekolah. Saya hanya dikasih uang seribu atau juga dua ribu khusus untuk uang naik angkutan pergi dan pulang. Mau dikata sedih ya begitulah nasib. Untunglah saya memiliki beberapa sahabat yang cukup mengerti dengan kondisi ekonomi saya. Maka mereka sesekali mentraktir jajan di warung kak lina dan koperasi.

Ketika naik ke kelas dua saya mulai mencari uang sendiri. Sepulang dari sekolah saya langsung pergi ke tambak untuk memancing kepiting. Kebetulan ada tambak warisan kakek yang dijaga bapak. Terik mentari begitu menyengat di siang hari. Tubuh putih saya jadi sedikit hitam dan memerah. Saya sebelumnya belum pernah sepedih ini. Dari dulu saya dan adik-adik saya tidak pernah diajarkan mencari uang. Bapak tidak ingin kami mencari uang sendiri biarlah bapak yang bekerja dan kewajiban kami cukuplah untuk belajar dan belajar. Semenjak bapak sakit-sakitan, ekonomi keluarga kami mulai terombang ambing. Beban bapak sangat banyak, beliau juga harus memikirkan sekolah adik-adik dan juga kakak yang kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan. Butuh banyak uang, kami juga hampir kelaparan sesekali. Namun, Ibu juga sangat kuat berjuang. Beliau terus mencari cara supaya kakak selesai pendidikannya.

Kembali ke cerita saya yang mencari kepiting untuk membiayai sekolah saya sendiri. Ya, itulah yang saya lakukan ketika pulang sekolah dan juga hari libur. Saya hanya memancing di tambak keluarga bukan di tempat orang. Dosa ya, kalau saya ambil kepiting dari tambak orang lain. Sekali pulang mungkin tidak banyak saya dapati, namun saya tetap bersyukur inilah yang namanya rejeki. Uang hasil dari mancing kepiting ini saya gunakan untuk membeli buku-buku diktat pelajaran, membayar uang bulanan sekolah, bayar angkutan, beli seragam, dan alhamdulillah akhirnya bisa menyelamatkan saya sekolah hingga selesai.

Waduh, sudah melenceng nih dari tema kita tentang nostalgia SMA. I’m so Sorry.

Di kelas dua, Kami mulai mendapati teman baru lainnya. Kelas kami diisi oleh siswa-siswi yang memiliki peringkat 1 hingga 5 untuk setiap 5 kelas yang ada di kelas satu. Totalnya semua 30 orang, 17 cewek dan 13 cowok. Saya menjadi bagian dari anggota kelas ini. Kelas kami pun diberi nama “kelas inti”. Persaingan memperebutkan juara di kelas ini pun mulai terasa karena siswa-siswi di dalamnya pada pintar-pintar semua. Tapi tak mengapa kita jadi lebih giat belajar karenanya. Bahkan saya dipercaya kembali untuk mengikuti olimpiade pelajaran Geografi yang kedua setelah olimpiade geografi yang pertama saya gagal lalui. Walau gagal tak mengapa kata mereka toh kita sudah mencobanya, baguslah itu.

Di kelas dua juga, saya mulai menyadari betul tentang kata persahabatan dan juga cinta. Kami mulai menyukai lawan jenis, bahkan kami juga bisa jatuh cinta dengan teman dekat sendiri. Aduh, benar-benar anak remaja labil yang baru mengenal cinta monyet ini. Saya punya beberapa sahabat dekat di SMA 1 Seunuddon. Ada yang cowok dan ada juga cewek. Sahabat cewek ini kadang-kadang bisa buat kami nyaman bersamanya. Jatuhlah hati kami kepadanya. Bahkan satu cewek ini pun jadi rebutan kami para cowok se-lokal. Gila bener. Mata kami sudah dibutakan oleh cinta. Kami jadi lupa akan makna persahabatan yang telah kami bangun sebelumnya. Saya sendiri pernah mengalaminya. Tumbuh bunga-bunga itu di taman hati saya. Hehe J. Namun, saya tetap harus memeliharanya, cinta saya itu pun tak jadi saya utarakan padanya. Biarlah jadi pertanyaan buat anda siapakah dia sebenarnya?

Beranjak ke kelas 3, Kami yang tadinya sudah sering bersama setiap hari di kelas dua. Kami belum berpisah karena kami tidak diseleksi lagi karena kami memang siswa pilihan yang dikumpulkan di kelas yang dinamakan “kelas inti”. Kami semakin akrab bahkan kami tak sungkan lagi bercerita, berbagi suka, dan duka. Tak hanya itu kami juga bertamasya bersama ke tempat-tempat wisata bersama guru-guru ketika libur semester tiba.

Berbicara tentang guru SMAN 1 Seunuddon maka kita akan berkisah tentang orang-orang hebat yang berhasil mendidik kami hingga kami tamat semua. Tidak ada yang tertinggal. Kami pun lulus 100%.  Suatu kebanggaan pula bagi mereka dan kami. Tak hanya itu guru-guru SMA saya juga sangat berjasa dalam proses persiapan kuliah saya. Mereka telah menyukseskan saya dan teman-teman yang ingin melanjutkan studi walau kami tidak mampu secara ekonomi. Guru-guru ini telah memberikan jalan terbaik untuk kami masuk ke perguruan tinggi. Merekalah pahlawan tanpa tanda jasa.

Sungguh sangat indah momen-momen ketika bersama mereka. Ingin rasanya saya memutar balikkan masa lalu itu ke masa kini. Namun, itu semua sungguh mustahil terjadi.
Kembali ke masa kini, saya memiliki satu quote: 
setiap momen punya kisah sendiri, baik atau buruk yang penting kita bersyukur  atas yang baik dan mengambil pelajaran atas yang buruk, jangan takut untuk bermimpi, dan jangan pernah menyerah untuk terus bercita-cita tinggi. Tak kan bisa kembali hari-hari yang telah berlalu. Yang lalu biarlah berlalu, mari kembali menatap masa depan.
Apa yang bisa kita petik dari tulisan nostalgia ke masa SMA ini? Terangkan di kolom komentar dibawah ini!

COMMENTS

Name

Adsense,1,Astronomi,9,Bisnis,15,Blogging,22,Buku,10,Catatan,84,Cinta,7,Computer Science,34,Delphi,2,Dunia Kepenulisan,9,Freelancer,1,Gadget,2,Game,2,HUT RI 70,2,Ilmu Pengetahuan,2,Inspirasi Tokoh,1,Kepribadian,2,Kesehatan,1,Keuangan,1,Khotbah,4,KKN,7,Lifestyle,1,Matematika,1,Motivasi,13,Pengalaman,21,PIMNAS,2,Produktivitas,3,Professional,4,Resensi,4,Review,7,Sahabat,4,SEO,1,Smartphone,1,Startup,6,Student,42,Teknologi,15,Tips,20,Travelling,13,Tutorial,3,Vlogging,1,Wirausaha,31,Youtuber,1,
ltr
item
Muhammad Wali: NOSTALGIA MASA SMA
NOSTALGIA MASA SMA
Masa SMA adalah sebuah perjalanan indah dalam hidup yang hanya sekejap namun cukup berarti sekali. Di sanalah bermulanya kita mulai menemukan jati diri dan cinta. Masa-masa remaja adalah masa-masa terindah kita. Masa dimana kita masih nakal-nakalnya, ngajak teman-teman cabut dari sekolah berjama’ah, main tenis meja dan takraw di dalam ruang kelas, ngusilin guru, berkumpul berbagi curhat, canda, tawa, tugas PR, ngomongin cinta-cintaan, dan juga persahabatan. Inilah dunianya remaja yang tak akan tergantikan. Ini lah masa-masa SMA.
https://3.bp.blogspot.com/-tK7xCHNcqvk/WNxye0X6aCI/AAAAAAAAEJY/Zcz9vYUsOuwYOrUMk2AO6Q-0B0Fct6mAQCLcB/s640/SMAN%2B1%2BSEUNUDDON%2B-%2BAKHYWALI%2B-%2BMUHAMMAD%2BWALI.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-tK7xCHNcqvk/WNxye0X6aCI/AAAAAAAAEJY/Zcz9vYUsOuwYOrUMk2AO6Q-0B0Fct6mAQCLcB/s72-c/SMAN%2B1%2BSEUNUDDON%2B-%2BAKHYWALI%2B-%2BMUHAMMAD%2BWALI.jpg
Muhammad Wali
https://www.akhywali.net/2017/03/nostalgia-masa-sma.html
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/2017/03/nostalgia-masa-sma.html
true
5617546411537444367
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy