Start Skripsi! 10 Langkah Menuju Sidang Skripsi Anak Teknik Informatika Versi Saya

Hari ini saya berniat untuk memulai skripsi saya. Saya harus lulus tahun ini juga. Bagaimana pun juga saya tidak boleh berleha-leha lagi. Malas-malasan untuk menunda pekerjaan ini.


Hari ini kondisi kesehatan saya mulai membaik, badan tidak terlalu panas lagi seperti hari-hari sebelumnya. Saya memilih mandi pagi hari ini biar adem ayem dan kotoran di tubuh jatuh berlimpungan. Semangat saya telah kembali. Setelah memakai baju dan celana saya keluar rumah membeli pulsa. Kebetulan paket kuota internet saya sudah kehabisan. Keluarlah saya ke warung bang Azhari yang tidak jauh dari rumah saya. Maklumlah teman tanpa kuota internet bosanlah hidup saya. Setelah mengisi pulsa saya kembali ke rumah lalu mengetikkan paket kuota internet saya kembali. Pencet hape kembali dengan menulis pesan. HBT OFF, HBT ON, HBT YA, saya kirim ke 2323. Paket kuota internet saya kini sudah terisi untuk siang 600 MB dan malam hari 500 MB. Mulailah saya beraktivitas seperti biasa. Berselancar di dunia maya.

Hobi saya adalah membaca. Bacaan saya sering berasal dari dunia maya. Maka rajinlah saya akhirnya mengisi kuota untuk browsing artikel motivasi dan inspirasi disana. Artikel pagi ini yang saya baca kebetulan tentang skripsi. Saya termotivasi dengannya. Akhirnya timbullah hasrat dan kesadaran saya kembali akan karya saya yang terlupakan itu.

Kesehatan mulai mendukung untuk beraktivitas kembali hari ini. Ada banyak rencana-rencana pekerjaan yang tertunda yang harus langsung saya kerjakan ketika ada waktu seperti saat ini. Salah satunya ya, Skripsi. Mata kuliah saya sudah habis. Saya sekarang sudah semester 9 dan hampir jadi mahasiswa abadi di Teknik Informatika Universitas Malikussaleh tercinta. Sebelumnya saya telah menyelesaikan yang namanya proses awal yaitu membuat proposal skripsi dan mempresentasikannya di hadapan para dosen penguji saya pada seminar skripsi 26 agustus lalu. Alhamdulillah dengan judul skripsi Sistem Pendeteksi Asmaul Husna Dalam AlQuran Menggunakan Metode Divergensi Kullback Leibler akhirnya layak diterima. Karena layak maka saya tidak boleh malas-malas lagi dan harus terus maju. Kabarnya jurusan  juga akan membuka kembali Sidang skripsi di bulan Oktober nantinya. Saya harus buru-buru. Saya harus gerak maju. Ikat kepala, nulis, ngoding, dan nyari bahan bacaan itu jadi keharusan sekarang.

Hari ini saya berniat untuk memulai skripsi saya. Saya harus lulus tahun ini juga. Bagaimana pun juga saya tidak boleh berleha-leha lagi. Malas-malasan untuk menunda pekerjaan ini.

Hufffttt........  Olahraga respirasi dulu ya. tarik nafas.. tahan... tarik... lepaskan.. lakukan sebanyak 3 kali.

Jadi mahasiswa tingkat akhir ribet lho,.. kita nggak boleh banyak main-main lagi. Kalau nggak mau lulusnya lama. Bro. (curhat)

Oke, langsung capcus... Saya harus membuat perencanaan pengerjaan skripsi ini terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk menepati jadwal pengerjaan dan mengikuti langkah-langkah terstruktur apa saja yang harus dikerjakan dahulu.

Saya mulai memetakan secara garis besar apa saja yang diperlukan untuk mengerjakan skripsi. Mulai dari analisa, nyari bahan bacaan, pengkodingan, desain sistem, testing, dan juga pendokumentasiannya alias nulis skripsi itu sendiri.

After that, we now langsung gerak untuk mengambil setiap story yang akan kita gunakan untuk memulai sprint. Ehe., .. Sorry bahasanya sudah kayak orang mau ngerjain project besar-besaran menggunakan Scrum atau Agile Development (Proses pengembangan produk dengan iterasi yang sering digunakan oleh pelaku StartUp).

Berikut ini adalah langkah-langkah yang mungkin bisa anda tiru dari gaya saya yang akan menuju ke gerbang sidang skripsi yang sebenarnya:
Langkah pertama, Saya mencari gambar sumber berupa lafazh-lafazh atau kalimat Asmaul husna dalam Al-Quran, khususnya Surah Ali Imran. Supaya tidak terlalu melebar kita harus membatasinya, Sob.
Langkah kedua, Mengedit seluruh pola yang sudah dicari tadi dan dimasukkan ke satu lembar image yang akan digunakan untuk proses pelatihan pada sistem yang nantinya akan saya buat. Saya menggunakan Adobe Photoshop saja untuk mengolah gambar tersebut.
Langkah ketiga, Langsung coret-coret kertas, Analisa dan desain bagaimana tampilan pengguna sistem kita.
Langkah  keempat, Ngoding menggunakan bahasa pemrograman yang sesuai dan sudah kita pahami seluk beluknya untuk mempermudah dan menghemat waktu untuk belajar kembali.
Langkah kelima, Testing sistem atau aplikasi tersebut. Latih dan uji harus dilakukan segera. Apabila ada kesalahan-kesalahan perbaiki terus sebelum deadline sidang skripsi (ujian final) kita tiba.
Langkah keenam, Menyusun kata-kata untuk mendokumentasikan hasil implementasi sistem yang telah kita buat tersebut ke dalam sebuah karya ilmiah yang akan kita beri nama Tugas Akhir atau Skripsi.
Langkah ketujuh, Konsultasi ke dosen pembimbing. Mintai pendapatnya dan perbaiki kesalahan yang ada.
Langkah kedelapan, Belajar Presentasi di hadapan teman-teman anda.
Langkah kesembilan, mengurus administrasi pendaftaran menjadi anggota sidang skripsi apabila telah dibuka.
Langkah kesepuluh, Sidang skripsi yang sebenarnya dimulai.





Note: Langkah-langkah ini hanya berlaku untuk skripsi saya saja. Mungkin belum relevan dan masih perlu penyesuaian dengan topik dan judul skripsi dan penelitian teman-teman sekalian. 

COMMENTS

Name

Adsense,1,Astronomi,9,Bisnis,15,Blogging,22,Buku,10,Catatan,84,Cinta,7,Computer Science,34,Delphi,2,Dunia Kepenulisan,9,Freelancer,1,Gadget,2,Game,2,HUT RI 70,2,Ilmu Pengetahuan,2,Inspirasi Tokoh,1,Kepribadian,2,Kesehatan,1,Keuangan,1,Khotbah,4,KKN,7,Lifestyle,1,Matematika,1,Motivasi,13,Pengalaman,21,PIMNAS,2,Produktivitas,3,Professional,4,Resensi,4,Review,7,Sahabat,4,SEO,1,Smartphone,1,Startup,6,Student,42,Teknologi,15,Tips,20,Travelling,13,Tutorial,3,Vlogging,1,Wirausaha,31,Youtuber,1,
ltr
item
Muhammad Wali: Start Skripsi! 10 Langkah Menuju Sidang Skripsi Anak Teknik Informatika Versi Saya
Start Skripsi! 10 Langkah Menuju Sidang Skripsi Anak Teknik Informatika Versi Saya
Hari ini saya berniat untuk memulai skripsi saya. Saya harus lulus tahun ini juga. Bagaimana pun juga saya tidak boleh berleha-leha lagi. Malas-malasan untuk menunda pekerjaan ini.
https://2.bp.blogspot.com/-1pNzxPMVTGE/V-I_5XfnPTI/AAAAAAAAAT4/OgxC12OHKaYi783hcMlQi9ASuJGn-6ySgCLcB/s640/Start%2BSkripsi%2BMuhammad%2BWali.PNG
https://2.bp.blogspot.com/-1pNzxPMVTGE/V-I_5XfnPTI/AAAAAAAAAT4/OgxC12OHKaYi783hcMlQi9ASuJGn-6ySgCLcB/s72-c/Start%2BSkripsi%2BMuhammad%2BWali.PNG
Muhammad Wali
https://www.akhywali.net/2016/09/start-skripsi-10-langkah-menuju-sidang.html
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/2016/09/start-skripsi-10-langkah-menuju-sidang.html
true
5617546411537444367
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy