HANTU KAMPUS

Hari itu Selasa siang (22/03/2016) Aku di dalam sebuah ruangan ukuran 3x5 meter. Sempat ku lirik ke jam yang ada di taskbar laptopku menunjukkan pukul 14.00 Wib. Matahari di luar ruangan masih terik-teriknya menghangati bumi. Langit cerah kebiru-biruan, bersih, tanpa noda awan membandel. Ruangan kerja Kami tak luas-luas amat. Tapi layak dijadikan tempat bekerja yang nyaman. Sebuah ruang yang dipinjamkan kepala laboratorium untuk Kami bekerja dan memutar otak untuk memikirkan ide inovasi teknologi terbarukan. Ruang itu pula kami jadikan sebagai tempat mengerjakan proyek-proyek aplikasi yang Kami kerjakan secara volunteer untuk kampus Kami tercinta.

Ceritanya begini.

Hari itu Selasa siang (22/03/2016) Aku di dalam sebuah ruangan ukuran 3x5 meter.  Sempat ku lirik ke jam yang ada di taskbar laptopku menunjukkan pukul 14.00 Wib. Matahari di luar ruangan masih terik-teriknya menghangati bumi. Langit cerah kebiru-biruan, bersih, tanpa noda awan membandel. Ruangan kerja Kami tak luas-luas amat. Tapi layak dijadikan tempat bekerja yang nyaman. Sebuah ruang yang dipinjamkan kepala laboratorium untuk Kami bekerja dan memutar otak untuk memikirkan ide inovasi teknologi terbarukan. Ruang itu pula kami jadikan sebagai tempat mengerjakan proyek-proyek aplikasi yang Kami kerjakan secara volunteer untuk kampus Kami tercinta.
Hantu Kampus

Pintu ruang kerja Kami ini diketuk oleh dua orang pria. Ketika Aku sedang sibuk bekerja dengan beberapa tugas aplikasi yang kami kerjakan. Terlihat dibalik jendela seorang berperawakan muda sekali nampaknya belum menikah dan seorang lainnya nampaknya sudah berumur kira-kira empat puluhan tahun. Aku persilahkan masuk dan mempersiapkan tempat duduk untuk mereka berdua. Dibelakang mereka ikut seorang Tim developer Kami juga. Hamba Allah saja Aku menyebutnya, akan enggan mungkin ia jika Aku sebut namanya disini karena belum meminta izin terlebih  dahulu sebelum ku bercerita. Sahabatku ini mengajak dua orang ini. Mereka berdua tadi adalah dosen-dosen Kami.

Perbincangan siang itu dimulai dengan obrolan yang lumayan serius. Ada kepentingan sedikit mengenai projek pembuatan aplikasi yang sedang kami kembangkan waktu itu. Berharap beliau memberi tanggapan, komentar, kritik, dan sarannya yang kira-kira akan membangun proses terciptanya aplikasi kami yang bagus dan layak uji. Ini adalah tahap uji sistem perdana. Kami menyuruh beliau untuk menelusuri setiap navigasi-navigasi menu yang telah kami rancang di aplikasi itu. Tim Kami membangun sebuah sistem yang bisa menginput data borang akreditasi kampus, membuat laporan, dan rekap data beserta grafiknya. Salah seorang dari dua dosen itu juga berada dalam tim hebat ini. Beliaulah yang selalu mendukung ide-ide gila Kami. Kami sangat bersyukur mengenali sosoknya lebih dekat dalam beberapa bulan ini.

Sistem kini sedang diuji oleh bapak dosen yang 40-an tadi. Beliau sudah berpengalaman dalam hal pembuatan aplikasi. Beliau adalah salah seorang pendiri program studi tempatku kuliah saat ini. Sosoknya yang luar biasa membuat ia begitu disegani di Kampus Kami. Segan mahasiswa mendekatinya. Berbeda dengan Kami siang ini ia mengajak Kami untuk makan siang bersama. Kami menyetujuinya. Sahabatku, hamba Allah itu diberinya beberapa uang untuk dibelikan nasi untuk Kami. Hatiku berbunga-bunga. Kebetulan Aku lapar sekali. “Kapan lagi makan free seperti ini,” batinku dalam hati.

Bapak pendiri program studi Kami itu masih melihat kembali ke layar laptop dosen muda yang merupakan salah seorang tim Kami. Dosen muda itu menjelaskan bagaimana sistem ini akan bekerja dan bermanfaat untuk kampus Kami. Aku yang sedang bekerja di meja yang sama tetap melanjutkan pekerjaanku yang tertunda sembari menunggu makanan yang dibawa sahabatku itu tiba.

Setengah jam kemudian, Sahabatku itu pun tiba dengan beberapa kantong plastik bawaannya. Aku yang sudah lapar langsung membukanya, mencuci tangan, lalu melahapnya. Bapak dosen kami juga berada di meja yang sama melakukannya juga. “Wah, luar biasa kami makan semeja dengan dosen yang paling disegani di kampus TI,” batinku lagi. Sebuah kesempatan bagi mahasiswa seperti kami yang bekerja sukarela dengan program studi bisa mengenal mereka lebih dekat kami pun mendapati. Ternyata, setelah kami lebih jauh mengenalnya, kini Aku bisa memahami bahwa beliau tidak seperti yang mereka bayangkan selama ini. Beliau ramah dan dermawan sekali. Beliau mau mengeluarkan isi dompetnya untuk Kami. Bagi kita yang terpenting adalah berbuat baik dan tidak menyinggung hati orang lain. Itu saja konsepnya dan tetap di jalan lurus. Jangan berbuat keonaran di kampus.

Seorang mahasiswa lainnya, adik leting angkatan dibawah kami masuk ruangan dan menghampiri. Ia membawa segudang informasi di siang yang terik ini. Beberapa informasi yang ku ingat, Bem-FT akan menyelenggarakan EXPO dan pembukaan Stand di sepanjang jalan yang dilalui mahasiswa Teknik. Berdasarkan rapat yang diikuti adik leting Kami ini ingin mengajak mahasiwa lainnya untuk sama-sama bergotong royong membersihkan pekarangan depan gedung program studi Kami. Ia ragu untuk memikat daya tarik mahasiswa untuk berhadir di kampus dihari yang ingin sepakatinya. Bapak 40-an ini memberikan solusi dan berkata “Berikan pengumuman dan meminta tolong kepada para dosen untuk mengabsensi mata kuliah yang diajarkannya di hari gotong royong tiba. Ya, supaya tidak hanya hantu kampus ini saja yang bekerja”. Ia melihat ke arah Kami bertiga. Ia menyindir kami ternyata.  Kami seruangan pun  tertawa mendengarnya.


Prosesor otakku pun berputar cepat. Mencari alasan kenapa ia beranggapan seperti itu. Sistem pendukung keputusan yang ada di CPU tubuhku memberikan jawabanya. Kata-kata beliau ini cukup beralasan. Kami mahasiswa paling lama keluar dari kampus. Mahasiswa lainnya sudah pada pulang Kami masih di ruangan  ini hingga kampus di tutup kembali. Untung saja, Kami tidak pernah terkurung di gedung yang memang menyeramkan ini. Tak ada seorang pun yang berani tinggal disini. Setelah kejadian itu Aku pun menamai tim kami sebagai hantu kampus program studi TI.

Tak kalah menariknya, Setelah penyebutan hantu kampus itu kami pun terinspirasi dengannya untuk menamai game besutan kami dengan nama game tembak hantu kampus.

Berikut ini video-nya :


COMMENTS

Name

Adsense,1,Astronomi,9,Bisnis,15,Blogging,22,Buku,10,Catatan,84,Cinta,7,Computer Science,34,Delphi,2,Dunia Kepenulisan,9,Freelancer,1,Gadget,2,Game,2,HUT RI 70,2,Ilmu Pengetahuan,2,Inspirasi Tokoh,1,Kepribadian,2,Kesehatan,1,Keuangan,1,Khotbah,4,KKN,7,Lifestyle,1,Matematika,1,Motivasi,13,Pengalaman,21,PIMNAS,2,Produktivitas,3,Professional,4,Resensi,4,Review,7,Sahabat,4,SEO,1,Smartphone,1,Startup,6,Student,42,Teknologi,15,Tips,20,Travelling,13,Tutorial,3,Vlogging,1,Wirausaha,31,Youtuber,1,
ltr
item
Muhammad Wali: HANTU KAMPUS
HANTU KAMPUS
Hari itu Selasa siang (22/03/2016) Aku di dalam sebuah ruangan ukuran 3x5 meter. Sempat ku lirik ke jam yang ada di taskbar laptopku menunjukkan pukul 14.00 Wib. Matahari di luar ruangan masih terik-teriknya menghangati bumi. Langit cerah kebiru-biruan, bersih, tanpa noda awan membandel. Ruangan kerja Kami tak luas-luas amat. Tapi layak dijadikan tempat bekerja yang nyaman. Sebuah ruang yang dipinjamkan kepala laboratorium untuk Kami bekerja dan memutar otak untuk memikirkan ide inovasi teknologi terbarukan. Ruang itu pula kami jadikan sebagai tempat mengerjakan proyek-proyek aplikasi yang Kami kerjakan secara volunteer untuk kampus Kami tercinta.
https://1.bp.blogspot.com/-VqC-mxV-2Fc/VwAMgweQy-I/AAAAAAAADIk/yztsVlVKkpQJ1BHZFkmm5xDfOtqKNS6gQ/s640/Hantu%2BKampus.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-VqC-mxV-2Fc/VwAMgweQy-I/AAAAAAAADIk/yztsVlVKkpQJ1BHZFkmm5xDfOtqKNS6gQ/s72-c/Hantu%2BKampus.jpg
Muhammad Wali
https://www.akhywali.net/2016/04/hantu-kampus.html
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/2016/04/hantu-kampus.html
true
5617546411537444367
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy