SISTEM INFORMASI PENDATAAN TRANSMIGRASI

SISTEM INFORMASI PENDATAAN TRANSMIGRASI

Kerja praktek (magang) telah kuambil di semester yang lalu. Begitu banyak menyisakan kenangan yang luarbiasa. Salah satunya yaitu pembuatan sistem informasi yang saya buat berbulan-bulan lamanya. Saya melakukan riset banyak disana. 

Tak bisa dipungkiri lagi jika saya harus bersusah payah menyelesaikannya untuk di seminarkan di depan penguji dalam ujian final kemarin. Kerja keras yang berbuah hasil yang sangat memuaskan. Dihargai dengan nilai bagus oleh dosen yang baik hati.

Pada postingan hari ini, Saya berkesempatan untuk membantu teman-teman dalam belajar sistem informasi menggunakan bahasa pemrograman delphi. Kebetulan judul kerja praktek saya kemarin itu berjudul Sistem Informasi Pendataan Penduduk Transmigrasi pada Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk. 

Software yang khusus saya bangun untuk membantu pendataan transmigran dalam wilayah kerja bidang Mobilitas Penduduk.  Pekerjaan saya disana adalah menganalisa sistem yang telah berjalan di Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk. 

Setelah menganalisa maka saya dapati disana  masih menggunakan microsoft Excel yang saya pikir masih kurang cocok lagi. Disebabkan disana sudah terlalu banyak data. Data-datanya pun ada yang terinput double atau rangkap. 

Selain itu, pegawainya pun agak sulit mencari data-data sumber informasi yang dibutuhkan. Butuh waktu lama dalam mencarinya. Ketika pembuatan laporan juga terjadi keribetan.

Berbeda sekali dengan sistem yang saya bangun ini. Sistem yang saya bangun cukup mudah penggunaannya, ada sinkronisasi data juga, sehingga tidak perlu diinput ulang kalau memang data yang dibutuhkan sama. 

Selanjutnya sistem yang saya buat ini bisa pula untuk mengupload foto ke dalam sistem dan disimpan di dalam database. Pelaporan untuk pimpinan pun mudah dilakukan. Pembuatan Kartu Penerima bantuan rumah sosial juga ada didalamnya.

Sistem informasi pendataan transmigran ini saya buat dengan Bahasa Pemrograman Delphi 7 dengan basis data Ms. Access di dalamnya. 

Desain tampilan sistem yang elegan dan keren dengan balutan skin bagus dari komponen pallete baru tema Ribbon Microsoft Office 2007. Siapa pun yang melihat akan tergiur dengannya. InsyaAllah. 

Berikut tampilan gambar antar muka (user interface) dari sistem informasi pendataan penduduk transmigrasi :

1.       Form Splash Screen
SISTEM INFORMASI PENDATAAN TRANSMIGRASI
Desain Form Splash Screen
diatas adalah form Splash Screen atau form loading yang ditampilkan saat pengguna memulai aplikasi.           
2.       Form Login
SISTEM INFORMASI PENDATAAN TRANSMIGRASI
Desain Form Login
Form ini terdapat menu login yang digunakan untuk masuk ke dalam aplikasi. Fungsi login ini adalah untuk membatasi siapa yang bisa mengakses aplikasi ini atau melihat data yang terdapat pada sistem. Data yang harus dimasukkan saat melakukan login yaitu:
1. Username : berfungsi untuk membuka user account yang telah dimiliki oleh pengguna sistem informasi tersebut.
2. Password : berfungsi untuk menjalankan aplikasi ini, sehingga selain yangberwenang tidak dapat melakukan login.
3.         Form Menu Utama
Login berhasil maka masuk ke menu utama. Jika username benar dan password  benar maka dapat membuka data lokasi, data penduduk transmigrasi, data penempatan, data jumlah penduduk keseluruhan, dan laporan. Tampilan form setelah login atau form menu utama dapat dilihat pada gambar berikut ini.
SISTEM INFORMASI PENDATAAN TRANSMIGRASI
Desain Form Menu Utama
4.         Form Data Lokasi Transmigran
Gambar  di bawah ini adalah untuk memasukkan data lokasi transmigran  yang akan ditambahkan pada data store lokasi transmigran dengan menggunakan button Tambah. Kemudian disediakan pula button simpan untuk menyimpan data lokasi baru. Button Batal berfungsi untuk membatalkan perintah. Di dalam tabel data lokasi transmigran juga terdapat button edit, hapus, dan keluar.
SISTEM INFORMASI PENDATAAN TRANSMIGRASI
Desain Form Data Lokasi Transmigran
5.         Form Data Penduduk Transmigrasi
SISTEM INFORMASI PENDATAAN TRANSMIGRASI
Desain Form Data Penduduk Transmigrasi
Gambar  di atas adalah form untuk memasukkan data penduduk transmigrasi  yang akan ditambahkan pada data store penduduk transmigrasi dengan menggunakan button Tambah. Kemudian disediakan pula button simpan untuk menyimpan data penduduk transmigrasi baru. Button Batal berfungsi untuk membatalkan perintah. Di dalam tabel data lokasi transmigran juga terdapat button edit, hapus, dan keluar.
6.         Form Data  Penempatan Penduduk Transmigrasi
Gambar  di bawah ini adalah form untuk mengolah data penempatan penduduk transmigrasi yang akan ditambahkan pada data store penempatan penduduk transmigrasi dengan menggunakan button Tambah. 
Kemudian disediakan pula button simpan untuk menyimpan data penempatan penduduk transmigrasi baru. Button Batal berfungsi untuk membatalkan perintah. Di dalam tabel data penempatan transmigran juga terdapat button edit, hapus, dan keluar. Selain itu pengguna juga bisa me-refresh tabel dan mencetak langsung laporan penempatan transmigran masing-masing pada tombol button Refresh dan Cetak.
SISTEM INFORMASI PENDATAAN TRANSMIGRASI
Desain Form Data Penempatan Penduduk Transmigrasi
7.         Form Data Jumlah Penduduk Tranmigrasi
Gambar  di bawah ini adalah form untuk mengolah data jumlah keseluruhan penduduk transmigrasi mulai pertama ditempatkan hingga saat ini yang akan ditambahkan pada data store data jumlah penduduk transmigrasi dengan menggunakan button Tambah. Kemudian disediakan pula button simpan untuk menyimpan data jumlah penduduk transmigrasi terbaru. Button Batal berfungsi untuk membatalkan perintah. Di dalam tabel data jumlah transmigran juga terdapat button edit, hapus, dan keluar.
SISTEM INFORMASI PENDATAAN TRANSMIGRASI
Desain Form Data Jumlah Penduduk Transmigrasi
8.         Form Pencarian Data
SISTEM INFORMASI PENDATAAN TRANSMIGRASI
Desain Form Pencarian Data
Gambar diatas ini adalah form pencarian data. Ada 2 page control digunakan masing-masing untuk pencarian data lokasi dan data penduduk transmigrasi.
9.       Laporan Data Lokasi Pemukiman Transmigran
Gambar di bawah adalah tampilan  print preview laporan data lokasi transmigran.
SISTEM INFORMASI PENDATAAN TRANSMIGRASI
Desain Laporan Data Lokasi Pemukiman Transmigran
10.     Laporan Data Penduduk Transmigrasi
Gambar di bawah ini adalah tampilan  print preview laporan data penduduk transmigrasi.
SISTEM INFORMASI PENDATAAN TRANSMIGRASI
Desain Form  Laporan Data Penduduk Transmigrasi 
11.     Laporan Data Penempatan Transmigrasi
Gambar di bawah ini adalah tampilan  print preview laporan data penempatan penduduk transmigrasi.
SISTEM INFORMASI PENDATAAN TRANSMIGRASI
Desain  Laporan Data Penempatan Transmigrasi
12.     Laporan Data Jumlah Transmigrasi
Gambar di bawah ini adalah tampilan  print preview laporan data jumlah keseluruhan penduduk transmigrasi.
SISTEM INFORMASI PENDATAAN TRANSMIGRASI
Desain  Laporan Data Jumlah Transmigrasi
13.     Kartu KTBRT
Gambar di bawah ini adalah gambar kartu anggota penerima bantuan rumah transmigrasi yang di desain untuk mempermudah para staff dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh Utara yang tersebar di tiap-tiap UPT dalam memberikan pelayanan sosial bagi peningkatan kesejahteraan sumber daya kawasan.
SISTEM INFORMASI PENDATAAN TRANSMIGRASI
Desain Kartu KTBRT 
14.       Form Informasi Tentang Aplikasi
Gambar di bawah ini adalah form informasi yang menampilkan sedikit ulasan tentang aplikasi yang dikembangkan penulis.
SISTEM INFORMASI PENDATAAN TRANSMIGRASI
Desain Form Informasi Tentang Aplikasi
15.       Form Informasi Tentang Disnakermobduk Aceh Utara
Gambar di bawah ini menampilkan informasi tentang visi dan misi dari Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh Utara.
SISTEM INFORMASI PENDATAAN TRANSMIGRASI
Desain Form Informasi Tentang Disnakermobduk
16.     Form Informasi Tentang Pengembang
Gambar  di bawah ini menampilkan informasi tentang pengembang sistem informasi pendataan penduduk transmigrasi pada Dinas Sosial,Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh Utara.
SISTEM INFORMASI PENDATAAN TRANSMIGRASI
Desain Form Informasi Tentang Pengembang

Mungkin ada teman-teman disini yang tertarik untuk belajar delphi dan membuat database-nya dengan mudah. Saya akan memberikannya  secara gratis untuk teman-teman pelajari.

Silahkan disedot disini, mudah-mudahan akan bermanfaat.

COMMENTS

Name

Adsense,1,Astronomi,9,Bisnis,15,Blogging,22,Buku,10,Catatan,84,Cinta,7,Computer Science,34,Delphi,2,Dunia Kepenulisan,9,Freelancer,1,Gadget,2,Game,2,HUT RI 70,2,Ilmu Pengetahuan,2,Inspirasi Tokoh,1,Kepribadian,2,Kesehatan,1,Keuangan,1,Khotbah,4,KKN,7,Lifestyle,1,Matematika,1,Motivasi,13,Pengalaman,21,PIMNAS,2,Produktivitas,3,Professional,4,Resensi,4,Review,7,Sahabat,4,SEO,1,Smartphone,1,Startup,6,Student,42,Teknologi,15,Tips,20,Travelling,13,Tutorial,3,Vlogging,1,Wirausaha,31,Youtuber,1,
ltr
item
Muhammad Wali: SISTEM INFORMASI PENDATAAN TRANSMIGRASI
SISTEM INFORMASI PENDATAAN TRANSMIGRASI
SISTEM INFORMASI PENDATAAN TRANSMIGRASI
https://3.bp.blogspot.com/-A4aH4KaSlRo/Vr8ZN-cNNxI/AAAAAAAAC6w/PiT05ozY26U/s400/Splash%2BScreen.JPG
https://3.bp.blogspot.com/-A4aH4KaSlRo/Vr8ZN-cNNxI/AAAAAAAAC6w/PiT05ozY26U/s72-c/Splash%2BScreen.JPG
Muhammad Wali
https://www.akhywali.net/2016/02/sistem-informasi-pendataan-transmigrasi.html
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/2016/02/sistem-informasi-pendataan-transmigrasi.html
true
5617546411537444367
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy