WISATA SEMBARI BEKERJA, KESAMPAIAN JUGA (EPISODE 3)

WISATA SEMBARI BEKERJA, KESAMPAIAN JUGA (EPISODE 3)

Assalamu’alaikum Sahabat-sahabat dumay-ku sekalian....

“Putus ... nyambung.. putus nyambung.. kemarin putus sekarang nyambung lagi...”

Seperti lirik lagu yang saya plesetkan barusan. Seperti itulah kira-kira, kita akan menyambungkan kembali tali tulisan yang saya hentikan kemarin di episode kedua.
Oke, mood menulis sudah kembali normal kembali. Kadar darah dan oksigen yang dikirim ke otak sudah pas dan cukup untuk bercerita kembali kepada sahabat-sahabat sekalian.

Kami melakukan start perjalanan lanjutan kami dari tempat penjual tebu di tepi jalan raya nasional terus menuju ke arah timur kota Lhokseumawe. Sore itu Pukul 16.00 Wib kira-kira. Cukuplah waktu sedemikian rupa untuk mencapai ke komplek Makam Kesultanan Malikussaleh dan Komplek makam Ratu Nahrisyah.

Saya sendiri belum pernah kesana dan ini akan menjadi wisata pertama kali kesini. Hal yang luar biasa. Dari Kota Lhokseumawe kita harus menempuh jarak 17 Km kira-kira. Setelah 30 menit di jalan raya barulah kami tiba di gampong Beuringen, kec. Samudera, Aceh Utara tempat lokasi komplek makam Sultan Malikussaleh berada. Tempat yang kami kunjungi adalah situs sejarah yang cukup terkenal di Aceh Utara, tempat yang berlatar belakang panjang kerajaan Samudera Pasai, Situs makam ini perlu dikunjungi untuk menambah khazanah keilmuan kita tentang sejarah dimasa silam.

Sekedar untuk pengetahuan tambahan teman-teman pembaca bahwa makam ini adalah makam raja islam pertama di Indonesia yakni kuburan raja pasai yang bernama meurah silu yang dijuluki malik-asshaleh atau lebih dikenal dengan sebutan Malikussaleh. Beliaulah yang telah menyebarkan agama islam di Asia Tenggara tahun 1270-1297 Masehi. Kerajaan Samudera Pasai sendiri merupakan kerajaan islam terbesar di Indonesia pada abad ke -13 yang bukan hanya menjadi pusat perdagangan Internasional namun juga menjadi pusat peradaban dan juga pendidikan Islam.

Saat kami tiba di lokasi kami melihat banyak anak-anak yang bermain-main di dekat komplek pemakaman ini. Makam Malikussaleh sendiri terdapat di dalam pagar yang terkunci yang dijaga oleh orang kampung itu sendiri turun temurun. Merekalah yang bercerita kepada kita tentang sejarah kesultanan. Di luar pagar diisi oleh kuburan warga-warga yang dikebumikan disini.   


Setelah meminta izin kami pun bekerja kembali, melanjutkan pengambilan gambar-gambar objek wisata ini. Kami pun meminta izin masuk ke dalam pekarangan komplek dan melihat disana ada dua makam yang diberi atapnya seperti di kubur di dalam rumah saja tapi tidak ada dinding. Makam malikussaleh sendiri dipugari dan ditutup dengan kain. Sedangkan disampingnya ada makam anaknya Sultan Muhammad Al-zahir atau dijuluki malikuzzhahir yang memimpin kerajaan 1297-1326 M.

WISATA SEMBARI BEKERJA, KESAMPAIAN JUGA (EPISODE 3)

Sempat ada teman satu tim bertanya kepada penjaga terkait arah makam-makam yang ada di dalam komplek. Ada keanehan yang kami dapatkan di komplek makam ini yaitu perbedaan arah kiblat dan arah kepala kuburan malikussaleh yang tidak berada di utara. Saat kami tanyakan ke penjaga jawabannya masih misteri, belum diketahui. Kita bisa langsung bisa melihat keganjilan itu terjadi saat melihat kuburan-kuburan umum yang ada diluar pagar. Kenapa tidak sama ?

Setelah saya renung-renungkan di rumah, menurut saya inilah arah kiblat yang sebenarnya. Makam malikussaleh tidak menghadap ke arah barat tapi menghadap kiblat yang sesungguhnya. Pemakaman kita yang salah karena semuanya menghadap ke barat langsung bukan ke kiblatnya. Harus ada 102 derajat kemiringan ke arah Barat Laut. Ini masih hipotesis saya pribadi dan belum benar adanya ya.

WISATA SEMBARI BEKERJA, KESAMPAIAN JUGA (EPISODE 3)

Setelah mengambil beberapa gambar di komplek makam malikussaleh kami pun putar haluan lanjut perjalanan 1 Km lagi ke arah utara menuju ke komplek makam Ratu Nahrisyah, cucu-cucu raja, dan prajurit-prajurit kerajaan. Disana ada sedikit hambatan saat pengambilan gambar, agaknya penjaga ini keberatan dengan pekerjaan kami ini. Kerisauannya cukup kami rasakan karena beliau sudah malas dengan pemerintah yang sudah beberapa kali mengambil gambar tapi belum ada upaya untuk merenovasi dan memperbaiki beberapa bangunan sudah rusak yang menyimpan sejarah ini. Pemerintah diyakininya belum peduli akan pentingnya sejarah peradaban islam di masa lampau.

Setelah kami jelaskan maksud dan tujuan baik kami, Bilal penjaga makam ini pun mempersilahkan kami mengambil gambar kembali. Beliau juga bercerita tentang silsilah kerajaan dan menunjukkan beberapa literatur serta buku-buku yang mengisahkan tentang kerajaan di kecamatan Samudera ini.

WISATA SEMBARI BEKERJA, KESAMPAIAN JUGA (EPISODE 3)

Matahari sudah menanjak turun dan langit pun sudah senja. Magrib hampir tiba. Kami pun pamit pulang.

Sekian  laporan perjalanannya. Semoga anda juga akan kesini untuk menikmati kisah-kisahnya sendiri. Ini sangat penting untuk generasi-generasi islam masa depan. Harapannya dengan mengetahui sejarah kita tidak akan melupakan begitu saja akan jasa-jasa pendahulu kita yang telah mendakwahkan dan mengajarkan kita islam seperti sekarang ini.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh...



Aceh Utara, 26 Januari 2016


Muhammad Wali

COMMENTS

Name

Adsense,1,Astronomi,9,Bisnis,15,Blogging,22,Buku,10,Catatan,84,Cinta,7,Computer Science,34,Delphi,2,Dunia Kepenulisan,9,Freelancer,1,Gadget,2,Game,2,HUT RI 70,2,Ilmu Pengetahuan,2,Inspirasi Tokoh,1,Kepribadian,2,Kesehatan,1,Keuangan,1,Khotbah,4,KKN,7,Lifestyle,1,Matematika,1,Motivasi,13,Pengalaman,21,PIMNAS,2,Produktivitas,3,Professional,4,Resensi,4,Review,7,Sahabat,4,SEO,1,Smartphone,1,Startup,6,Student,42,Teknologi,15,Tips,20,Travelling,13,Tutorial,3,Vlogging,1,Wirausaha,31,Youtuber,1,
ltr
item
Muhammad Wali: WISATA SEMBARI BEKERJA, KESAMPAIAN JUGA (EPISODE 3)
WISATA SEMBARI BEKERJA, KESAMPAIAN JUGA (EPISODE 3)
WISATA SEMBARI BEKERJA, KESAMPAIAN JUGA (EPISODE 3)
http://4.bp.blogspot.com/-CwLTP0cEmEw/VqcH914EfnI/AAAAAAAAC2I/i1y9HNobjRc/s640/batu%2Bdi%2Bkomplek%2Bmakam.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-CwLTP0cEmEw/VqcH914EfnI/AAAAAAAAC2I/i1y9HNobjRc/s72-c/batu%2Bdi%2Bkomplek%2Bmakam.jpg
Muhammad Wali
https://www.akhywali.net/2016/01/wisata-sembari-bekerja-kesampaian-juga_26.html
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/2016/01/wisata-sembari-bekerja-kesampaian-juga_26.html
true
5617546411537444367
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy