SEMINAR KERJA PRAKTEK YANG MENGHILANGKAN KEGALAUAN DI HATI

Seminar Kerja Praktek Program Studi TI Yang Menghilangkan Kegalauan di Hati

Selamat datang kembali. Sabtu ceria matahari menyinari. Dengan kata-kata science dan sastrawi yang penuh seni dan berbahasa tinggi. Akhywali adukkan bersama sehingga ia kan menjadi motivasi dan inspirasi bagi pemuda-pemudi bangsa yang berbudaya tinggi ini. Muhammad Wali ingin menuliskan ceritanya kembali kepada akhy-akhy dan ukhty-ukhty yang tersesat di blog sederhana ini. Oke, mari kita selami kita baca tulisanku berikut ini.

Hari itu adalah hari dimana kami diuji guna dicari mahasiswa dan mahasiswi yang patut diberi nilai tinggi. Alhamdulillah, Aku dan sahabat-sahabatku semuanya patut diapreasiasi jempol sekali. Mereka semua pandai-pandai semua dan berprestasi. Itulah anugerah Ilahi yang diberikan kepada kami.

Ketika hari masih pagi sekali. Alarm hp Muhammad Wali berbunyi. Tak berapa lama ia pun bergegas bangun dan berdiri lalu cepat-cepat ia ke kamar mandi, membersihkan diri dan menggosok gigi. Setelah itu baru ia pakai kemeja putih lengan panjang yang baru ia beli di Krueng Geukuh bersama Muhammad Syafii. Kemudian tak lupa pula ia pakai celana kain berwarna hitam yang wajib digunakan ketika diuji nanti. Jadilah, ia seperti pengantin baru yang ingin menikahi si bidadari atau mirip sekali dengan mahasiswa yang ingin di-OSPEK kembali. Wali menyisir rambut gaya dan modelnya berganti-ganti, agaknya ia sedang memilih gaya rambut yang paling rapi. Biar mahasiswi-mahasiswi yang melihatnya nanti klepek-klepek dan juga jatuh hati. Hihi... (Dia punya pemikiran busuk sekali)...

 Oa, yang tak pernah dilupakan oleh Wali adalah sarapan pagi, karena ia tahu makan pagi cukup berarti. Dengan sarapan pagi maka energi-energi untuk membangkitkan jiwa dan tubuh akan pulih kembali. Sarapan pagi cukup banyak menghasilkan nutrisi yang bergizi.

Hujan rintik-rintik masih membaluti langit hitam pagi ini. Wali kemudian keluar dari kamarnya hendak pergi. Ia menyusuri setiap jalan yang hendak ditujunya kini guna menghadapi sidang laporannya diuji. Judul laporan yang telah ia siapkan untuk diuji adalah Sistem Informasi Pendataan Penduduk Transmigrasi. Sistem yang belum ada di Indonesia, bumi pertiwi yang kita cintai ini. Wali merancangnya dengan DieFDi dan iERDi, lalu diimplementasi menggunakan basis data Microsoft Access dan bahasa pemograman Delphi. Wali telah mahir dalam programming dephi beberapa bulan ini. Ia rajin sekali mencari informasi-informasi di dunia maya maupun bertanya ke sana sini.

Sesampainya di program studi Informatika (IT), ia melihat sudah banyak sekali teman-temannya yang sudah bersiap-siap diuji. Papan pengumuman untuk pembagian ruangan baru saja di tempel dimading di depan ruangan dosen-dosen si Wali. Para mahasiswa-mahasiswi pun berdesak-desakan guna mencari nama-nama mereka dimana dicantumi. Tak selang beberapa lama Muhammad Wali juga mendapati namanya terisi di ruang I berpasangan dengan nama pembimbing dan  penguji masing-masing; Bapak Safwandi dan Bapak M. Ari Saptari. Nomor urutnya 4 setelah Mahdar Nopin dengan  penguji Bapak Wahyu Fuadi. Dosen penguji mahasiswi nomor urut 3 belum memasuki ruangan tempat Wali diuji. Alhasil Mahdar Nopin yang berada nomor diurut 3 bermigrasi ke urut 2 menggantikan Ernawati. Mahdar Nopin pun berdiri di depan kelas lalu menghidupkan eLCiDi dan proyektor untuk melakukan presentasi analisanya terhadap website pemerintah kabupaten Pidie. Selanjutnya Ernawati maju juga untuk melakukan presentasi karena Pak Sayed Fachrurazi sudah tiba hadir mengisi acara hari ini. Ruangan kami agaknya dosen pembimbing dan penguji semuanya berbasis akhiran i-i karena ada bapak Sayed Fachrurrazi satu lagi. Beliau saat ini yang memimpin program studi sistem informasi –prodi baru, adiknya program studi TI.

Wali merasa sudah deg-degan didalam hati. Sebentar lagi ia juga akan dapat giliran diuji dan dihajar dengan berbagai pertanyaan yang sulit dijawab terkait dengan perancangan menggunakan DFD, ERD, dan pembuatan sistem informasi. Ia pun terus mengulang kaji terkait kisi-kisi pertanyaan yang kira-kira ditanyakan nanti.

Selang 10 menit setelah pak Sayed Fachrurrazi menguji mahasiswi yang bernama Ernawati. Tibalah waktunya Muhammad Wali untuk berdiri. Ia maju membagikan laporan kepada pembimbing dan juga pengujinya; Pak Safwandi dan Pak M. Ari Saptari. Setelah dirasa sudah siap semua, dosen pembimbing dan selaku moderatornya, Pak Safwandi pun mempersilahkan Muhammad Wali untuk melakukan presentasi. Wali dengan komunikasi yang lancar laksana seorang Manajer project cukup cekatan menjelaskan bagaimana, mengapa, dan kenapa ia menganalisa, merancang, dan membuat sistem informasi pendataan penduduk transmigrasi. Penjelasan Wali kini sudah selesai dan pertanyaan pun menghampiri dari pak Ari Saptari. Beliau menanyakan terkait judul, dengan apa ia mengimplementasi dan juga apa fungsi pendataan transmigrasi.  Alhamdulillah, ia bisa menjawab semuanya dengan lancar dan tepat sekali. Sungguh berbunga-bunga hatinya kini. Ia pun akhirnya bisa bernapas lega kembali. Enam bulan sudah ia wanti-wanti untuk hari sidang laporan ini.

Tibalah saat pengumuman, pukul 16.30 Wib kira-kira baru ditempel hasil ujian hari ini. Semua mahasiswa-mahasiswi bersorak sorai gembira di hati. Apa yang terjadi dengan mereka saat ini? ternyata, saudara-saudariku sekalian. Mereka semua mendapati nilai-nilai di atas rata-rata tinggi. Luar  biasa sekali.

Seminar Kerja Praktek Program Studi TI Yang Menghilangkan Kegalauan di Hati

Hilanglah sudah kegalauan di hati kami, para calon mahasiswa semester akhir di prodi TI. Hari Senin yang cerah merona  seminar laporan kerja praktek lapangan yang diselenggarakan oleh program studi informatika (IT) sukses terselenggarakan dengan kuasa Ilahi rabbi. Hari sudah petang, matahari senja sedari tadi telah menampakkan cahaya merah mudanya di langit senja. Dengan pakaian yang rapi putih dan hitam membaluti tubuh kami dan juga wajah ceria, bahagia, dan berseri-seri menghiasi. Kami berfoto bersama dengan koordinator kerja praktek yang telah berjasa memberi kami pembekalan yang penuh bermakna dihari-hari sebelumnya kami diuji. Beliau baik sekali, beliau selalu memotivasi kami untuk terus berdo’a dan berusaha terus belajar setiap hari.
Seminar Kerja Praktek Program Studi TI Yang Menghilangkan Kegalauan di Hati

 Kami sangat menikmati hari-hari yang sangat luar biasa ini. Subhanallah, Tuhan Yang Maha Suci.

Ditulis oleh Mahasiswa TI Universitas Malikussaleh Lhokseumawe, Muhammad Wali.

Sekian dari kami.

COMMENTS

Name

Adsense,1,Astronomi,9,Bisnis,15,Blogging,22,Buku,10,Catatan,84,Cinta,7,Computer Science,34,Delphi,2,Dunia Kepenulisan,9,Freelancer,1,Gadget,2,Game,2,HUT RI 70,2,Ilmu Pengetahuan,2,Inspirasi Tokoh,1,Kepribadian,2,Kesehatan,1,Keuangan,1,Khotbah,4,KKN,7,Lifestyle,1,Matematika,1,Motivasi,13,Pengalaman,21,PIMNAS,2,Produktivitas,3,Professional,4,Resensi,4,Review,7,Sahabat,4,SEO,1,Smartphone,1,Startup,6,Student,42,Teknologi,15,Tips,20,Travelling,13,Tutorial,3,Vlogging,1,Wirausaha,31,Youtuber,1,
ltr
item
Muhammad Wali: SEMINAR KERJA PRAKTEK YANG MENGHILANGKAN KEGALAUAN DI HATI
SEMINAR KERJA PRAKTEK YANG MENGHILANGKAN KEGALAUAN DI HATI
Seminar Kerja Praktek Program Studi TI Yang Menghilangkan Kegalauan di Hati
http://3.bp.blogspot.com/-NmwRpYdOZSI/Vpmp4ESJYFI/AAAAAAAACtQ/6fe1x5PIuvA/s640/Kerja%2BPraktek%2BMuhammad%2BWali.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-NmwRpYdOZSI/Vpmp4ESJYFI/AAAAAAAACtQ/6fe1x5PIuvA/s72-c/Kerja%2BPraktek%2BMuhammad%2BWali.jpg
Muhammad Wali
https://www.akhywali.net/2016/01/seminar-kerja-praktek-program-studi-ti.html
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/2016/01/seminar-kerja-praktek-program-studi-ti.html
true
5617546411537444367
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy