KULIAH UMUM : PERANAN SISTEM INFORMASI DALAM MENJAWAB TANTANGAN MASYARAKAT EKONOMI ASEAN

KULIAH UMUM : PERANAN SISTEM INFORMASI DALAM MENJAWAB TANTANGAN MASYARAKAT EKONOMI ASEAN


Hari jum’at yang indah dengan cahaya matahari yang menyilaukan pandangan. Pagi ini mentari begitu merekah bersinar ceria. Bangun di pagi hari begitu baik untuk kesehatan, dibantu sedikit olahraga kecil dengan merenggang-renggangkan badan dan melakukan pemanasan ini akan mengembalikan energi baru untuk kita lebih giat belajar dan bekerja seharian penuh. 

Aku hari ini begitu senang. Kalian tahu kenapa ? Bukanlah apa-apa, hehe. Just kidding. Aku hanya ingin meliput sedikit laporan kegiatanku hari ini ya. Pagi jam 9.30 wib aku memasuki aula kampus utama Reuleut bersama dengan sahabatku Fatahillah, kami diundang dalam acara kuliah umum yang diadakan prodi Sistem Informasi di kampusku tercinta, Universitas Malikussaleh. Tak hanya kami berdua ternyata, saudara-saudara kami seangkatan Teknik Informatika 2012 juga hadir bersama-sama mahasiswa lainnya.  Acara yang diperuntukkan khusus untuk mahasiswa sistem informasi ini mengambil tema “Peranan Sistem Informasi Dalam Menjawab Tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Pasar Global Di Tahun 2016” berjalan sukses. Tema yang sudah sering disosialisasikan di banyak kampus karena begitu populernya beberapa tahun ini di wilayah kawasan negara-negara Asia tenggara. Mungkin banyak orang di Indonesia juga belum siap menghadapi kedatangan tamu-tamu asing yang ingin berdagang di negara kita.
 
Masyarakat Ekonomi ASEAN


Acara kuliah umum ini disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Yuwaldi Away, M.Sc. Beliau adalah seorang peneliti Disperindag Aceh dan juga dosen pada jurusan Teknik Elektro Universitas Syiah Kuala  yang sangat handal dan mempunyai banyak ilmu.

Pertama sekali beiau menjelaskan pengertian-pengertian dasar di dunia IT seperti data, informasi, sistem dan lain-lain. Lalu lanjut ke hal-hal pokok mengenai peranan sistem informasi, pengertian Masyarakat Ekonomi ASEAN, e-ASEAN, cara menjawab tantangan people network, dan juga menjelaskan secara rinci tentang daya saing bangsa.

Beliau juga menyisipkan kata-kata Socrates(470-399 SM) yang berbunyi “Strong minds discuss ideas, average minds discuss event, weak minds discuss people”. Bagus sekali penyampaiannnya. Hingga tak ada yang berbicara ketika beliau menjelaskan materi.

Dalam penyampaian materinya pak prof. Yuwaldi juga menjelaskan bagaimana kita mempersiapkan mental menghadapi tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) Januari 2016 nanti, yang harus kita lakukan sekarang adalah:
a. Kita harus senantiasa mampu berfikir global, transformasi, integrasi, adaptif, interkoneksi, dan informatif.
b. Selanjutnya kita juga perlu meningkatkan daya saing ekonomi kreatif berorientasi pasar ASEAN dan dunia berbasis informasi.
c. Kita perlu meningkatkan penguasaan skill berkomunikasi manusia to manusia dan manusia to komputer.
d.  Perlu kemauan untuk saling share konten dan juga network.
e.  Kita harus memiliki kemampuan dan skill serching, database, dan cloud approach.
f. Memiliki kompetensi dan sertifikasi profesi, asosiasi profesi (seperti yang telah disebutkan dalam UU Keinsinyuran II/ 2014).
g.  Kita perlu perlindungan HAKI ( hak cipta, paten, merek, tata letak sirkuit terpadu, dan juga indikasi geografi).

Usai penyampaian pak prof memberikan waktu kepada seluruh audien untuk menanyakan hal-hal yang masih mengganjal di hati peserta. Pertanyaan yang berbobot dari para mahasiswa sistem informasi dan 1 mahasiswa teknik informatika. Acara ditutup dengan pembacaan do’a oleh saudara Anas. Lanjut setelah itu pemberian cendera mata kepada pak profesor Yuwaldi pun diberikan sebagai kenang-kenangan. Acara pun berakhir dengan foto-foto mahasiswa bersama para dosen, pembantu dekan, dan juga profesor Yuwaldi.  Tepat jam 12.00 wib kami pun pulang....

Name

Adsense,1,Astronomi,9,Bisnis,15,Blogging,22,Buku,10,Catatan,84,Cinta,7,Computer Science,34,Delphi,2,Dunia Kepenulisan,9,Freelancer,1,Gadget,2,Game,2,HUT RI 70,2,Ilmu Pengetahuan,2,Inspirasi Tokoh,1,Kepribadian,2,Kesehatan,1,Keuangan,1,Khotbah,4,KKN,7,Lifestyle,1,Matematika,1,Motivasi,13,Pengalaman,21,PIMNAS,2,Produktivitas,3,Professional,4,Resensi,4,Review,7,Sahabat,4,SEO,1,Smartphone,1,Startup,6,Student,42,Teknologi,15,Tips,20,Travelling,13,Tutorial,3,Vlogging,1,Wirausaha,31,Youtuber,1,
ltr
item
Muhammad Wali: KULIAH UMUM : PERANAN SISTEM INFORMASI DALAM MENJAWAB TANTANGAN MASYARAKAT EKONOMI ASEAN
KULIAH UMUM : PERANAN SISTEM INFORMASI DALAM MENJAWAB TANTANGAN MASYARAKAT EKONOMI ASEAN
KULIAH UMUM : PERANAN SISTEM INFORMASI DALAM MENJAWAB TANTANGAN MASYARAKAT EKONOMI ASEAN
http://4.bp.blogspot.com/-hBjDl27W3pE/Vk-2CRXDKuI/AAAAAAAACdY/0vIWhePUS9k/s400/masyarakat%2Bekonomi%2Basean.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-hBjDl27W3pE/Vk-2CRXDKuI/AAAAAAAACdY/0vIWhePUS9k/s72-c/masyarakat%2Bekonomi%2Basean.jpg
Muhammad Wali
https://www.akhywali.net/2015/11/kuliah-umum-peranan-sistem-informasi.html
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/2015/11/kuliah-umum-peranan-sistem-informasi.html
true
5617546411537444367
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy