DASAR PENULIS MENGAMBIL JUDUL LAPORAN KERJA PRAKTEK

DASAR PENULIS MENGAMBIL JUDUL LAPORAN KERJA PRAKTEK

   1.      Judul KP
“Sistem Informasi Pendataan Penduduk Transmigrasi Pada Dinas Sosial, Tenaga Kerja Dan Mobilitas Penduduk Kabupaten Aceh Utara”.
DASAR PENULIS MENGAMBIL JUDUL LAPORAN KERJA PRAKTEK

   2.      Latar Belakang Masalah KP
Tempat Kerja Praktek yang penulis pilih adalah Kantor Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Kabupaten Aceh Utara. Penulis ditempatkan di bidang mobilitas penduduk yang setiap harinya mengurus data-data penduduk transmigrasi. Penduduk Transmigrasi adalah penduduk atau warga negara  Republik Indonesia yang berpindah secara sukarela untuk meningkatkan kesejahteraan dan menetap ke wilayah Pengembangan Transmigrasi melalui pengaturan dan pelayanan Pemerintah. Jumlah penduduk transmigrasi di kabupaten Aceh Utara terus berubah jumlah setiap tahunnya. Selama ini Kantor Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Kabupaten Aceh Utara telah melakukan pendataan penduduk transmigrasi dengan baik hanya saja sistem yang digunakan masih menghambat waktu dan kinerja pegawai yang memegang peranan di bidang ini. Sistem yang digunakan masih menggunakan Microsoft Excel, yang sering kali mengalami kerangkapan data, akibatnya  apabila ada pihak yang membutuhkan sulit untuk mencari keterangan dimana lokasi penempatan transmigran tersebut berada serta untuk pembuatan laporan yang dibutuhkan sangat sulit.  Oleh karena itu penulis ingin membuat suatu program aplikasi untuk pendataan penduduk transmigrasi yang cepat, akurat, tepat waktu, relevan serta efektif. Dengan ini diharapkan dapat meningkatkan mutu layanan serta dapat mempermudah pegawai dalam melakukan pengolahan dan pengentrian data penduduk transmigrasi dan disamping itu dapat menghemat tenaga dan waktu, juga penghematan terhadap biaya pemeliharaan arsip data yang benar-benar harus terjaga, sehingga apabila dimasa yang akan datang data tersebut diperlukan maka cukup dengan memanggil data tersebut untuk ditampilkan kembali.
Melihat uraian di atas, penulis pun tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai “Sistem Informasi Pendataan Penduduk Transmigrasi pada Kantor Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Kabupaten Aceh Utara”.

   3.      Batasan Masalah KP
Batasan masalahnya adalah sebagai berikut:
a.       Sistem informasi ini membahas mengenai pendataan penduduk, data jumlah penduduk transmigrasi, dan data lokasi/wilayah penduduk transmigrasi berada.
b.      Sistem informasi pendataan penduduk transmigrasi ini dirancang menggunakan DFD dan implementasinya menggunakan bahasa pemrograman Delphi 7 dan Microsoft Acces sebagai basis data .
Hal tersebut dimaksudkan untuk membatasi masalah agar tidak menyimpang dari tujuan pembuatan laporan.

   4.      Abstrak
a.       Tempat KP secara umum
Tempat Kerja Praktek yang penulis pilih adalah Kantor Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Kabupaten Aceh Utara merupakan salah satu instansi pemerintah yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan kabupaten Aceh Utara khususnya di bidang kesejahteraan penduduk. Penulis sendiri ditempatkan di bidang mobilitas penduduk yang setiap harinya mengurus data-data penduduk transmigrasi. Kantor Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk beralamat di Jalan Mayjen T. Hamzah Bendahara Kota Lhokseumawe.
b.      Tujuan KP
a.       Untuk belajar dan membantu para pegawai Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Kabupaten Aceh Utara khususnya bidang mobilitas penduduk dalam menyelesaikan tugasnya.
b.      Untuk mencari data yang dibutuhkan dalam pembuatan aplikasi Sistem Informasi Pendataan Penduduk Transmigrasi di Kantor Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Kabupaten Aceh Utara.
c.       Untuk mempermudah pendataan, pembuatan laporan, dan pencarian informasi mengenai data penduduk transmigrasi secara cepat, tepat, dan efisien.
c.       Masalah KP
Sistem yang digunakan di tempat penulis KP masih menggunakan Microsoft Excel, yang sering kali mengalami kerangkapan data, akibatnya  apabila ada pihak yang membutuhkan sulit untuk mencari keterangan dimana lokasi penempatan transmigran(penduduk transmigrasi) tersebut berada serta untuk pembuatan laporan yang dibutuhkan sangat sulit.
d.      Hasil Tempat KP
Sangat banyak, terutama sekali wawasan kerja yang diberikan oleh pembimbing kerja praktek dan juga dari  pegawai-pegawai lainnya yang tentunya sudah memiliki ribuan pengalaman bekerja dibidangnya ini. Penulis jadi mengerti bagaimana bekerja dalam tim dan juga dalam sebuah organisasi pemerintahan. Ini sangat membantu penulis berkembang dan semoga ini akan menjadi pelajaran terbaik untuk penulis jadikan modal awal ketika memasuki dunia kerja setelah menyelesaikan studi di kampus Unimal nantinya. Penulis begitu puas dan jadi lebih disiplin, serta ingin bisa langsung bekerja InsyaAllah.
e.       Relevansi KP
Hasil dari Kerja Praktek penulis ini diharapkan dapat meningkatkan mutu layanan serta dapat mempermudah pegawai dalam melakukan pengolahan dan pengentrian data penduduk transmigrasi dan disamping itu dapat menghemat tenaga dan waktu, juga penghematan terhadap biaya pemeliharaan arsip data yang benar-benar harus terjaga, sehingga apabila dimasa yang akan datang data tersebut diperlukan maka cukup dengan memanggil data tersebut untuk ditampilkan kembali. 

   5.      Kesimpulan KP
Dengan Sistem Informasi Pendataan Penduduk Transmigrasi dari hasil Kerja Praktek (KP) penulis ini dapat memudahkan petugas/pegawai dalam mendata nama-nama dan lokasi penempatan transmigran yang masuk dengan cepat, mudah, dan lebih efisien tanpa melakukan dua kali pencatatan. Sistem informasi ini pun menerapkan proses sinkronisasi data, sehingga penginputan data tidak semuanya dilakukan secara manual. Dengan adanya sistem informasi ini, perubahan-perubahan data bisa dilakukan dengan mudah, jika diperlukan.

Semoga Bermanfaat bagi teman-teman yang sedang mengambil Mata Kuliah Kerja Praktek di jurusan Teknik Informatika. Terima kasih telah berkunjung di Blog Muhammad Wali
Name

Adsense,1,Astronomi,9,Bisnis,15,Blogging,22,Buku,10,Catatan,84,Cinta,7,Computer Science,34,Delphi,2,Dunia Kepenulisan,9,Freelancer,1,Gadget,2,Game,2,HUT RI 70,2,Ilmu Pengetahuan,2,Inspirasi Tokoh,1,Kepribadian,2,Kesehatan,1,Keuangan,1,Khotbah,4,KKN,7,Lifestyle,1,Matematika,1,Motivasi,13,Pengalaman,21,PIMNAS,2,Produktivitas,3,Professional,4,Resensi,4,Review,7,Sahabat,4,SEO,1,Smartphone,1,Startup,6,Student,42,Teknologi,15,Tips,20,Travelling,13,Tutorial,3,Vlogging,1,Wirausaha,31,Youtuber,1,
ltr
item
Muhammad Wali: DASAR PENULIS MENGAMBIL JUDUL LAPORAN KERJA PRAKTEK
DASAR PENULIS MENGAMBIL JUDUL LAPORAN KERJA PRAKTEK
DASAR PENULIS MENGAMBIL JUDUL LAPORAN KERJA PRAKTEK
http://4.bp.blogspot.com/-FroH1YFXid0/VkoDRT-Bj0I/AAAAAAAACc8/l5DJnCgH-eQ/s320/KERJA%2BPRAKTEK%2BMUHAMMAD%2BWALI.JPG
http://4.bp.blogspot.com/-FroH1YFXid0/VkoDRT-Bj0I/AAAAAAAACc8/l5DJnCgH-eQ/s72-c/KERJA%2BPRAKTEK%2BMUHAMMAD%2BWALI.JPG
Muhammad Wali
https://www.akhywali.net/2015/11/dasar-penulis-mengambil-judul-laporan.html
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/2015/11/dasar-penulis-mengambil-judul-laporan.html
true
5617546411537444367
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy