ANTUSIASME ASTRONOM AMATIR INDONESIA MENYAMBUT INOMN 2015 DI JEJARING SOSIAL

ANTUSIASME ASTRONOM AMATIR INDONESIA MENYAMBUT INOMN 2015 DI JEJARING SOSIAL

INOMN atau singkatan dari International Observe The Moon  Night adalah event atau kegiatan mengamati bulan yang digelar di bawah naungan Astronomical Society of the Pacific. Sebuah komunitas Astronomi Terbesar di Dunia dengan anggota sudah lebih dari 70 negara. Astronomical Society of the Pacific mengelola The NASA Night Sky Network yang merupakan Host Acara International Observe the Moon Night tahun-tahun sebelumnya. The NASA Night Sky Network sendiri adalah sebuah yang menaungi  lebih dari 400 Komunitas Astronomi di Seluruh Amerika Serikat. Luar biasa menakjubkan.

Komunitas  Astronomi indonesia begitu banyak lahir saat ini. Dimulai dari negeri Serambi Mekkah, Provinsi Aceh disana menurut aku tahu telah ada beberapa komunitas besar seperti Himpunan Astronomi Amatir Aceh (HA3) dan Atjeh Astro Lovers (AAL) di Kota Lhokseumawe dan Banda Aceh. Di luar Aceh juga tak kalah banyaknya bahkan lebih besar lagi anggotanya seperti HAAJ (Himpunan Astronom Amatir Jakarta), JAC (Jogya Astronomy Club), SAC (Surabaya Astronomy Club), Komunitas Astronomi di Bangkalan, Astronomi Makassar, Penjelajah Langit, dan lain-lain.  Partisipasi dari yang muda sampai yang tua. Bahkan mereka juga sudah mempunyai seperangkat alat senjata untuk memandang langit berupa Teleskop, binocular, dan Kamera DSLR untuk mengabadikan setiap moment moment indah dan keindahan pesona alam semesta. 

Dalam membantu pengembangan astronomi di Indonesia, media-media astronomi pun banyak berkeliaran di dunia maya, seperti web maupun di media sosial seperti Facebook dan Twitter. Langit Selatan, HAAI (Himpunan Astronomi Amatir Indonesia), Pecinta Ilmu Pengetahuan, Kafe Astronomi dan Dunia Astronomi telah memfasilitasi kita dengan informasi-informasi yang mudah kita dapat di dunia maya melalui web mereka, isi dari web mereka beragam namun tetap satu konsep yaitu astronomi dan pastinya semua informasi terupdate di sana. Selain media web di dunia maya juga ada media sosial seperti Fb dan Twitter, banyak akun-akun yang mendedikasikan akunnya untuk berbagi informasi mengenai astronomi. Contohnya seperti @F_Astronomy, @InfoAstronomy dan @Apodid dan tidak hanya mereka namun juga banyak akun lain yang menginformasikan kita tentang astronomi.  Tak jarang pula aku ikut nimbrung di dalam grup medsos komunitas tersebut. Antusias menyimak segala peristiwa yang terjadi pada alam semesta ini.

Semalam aku sempat mengecek kembali isi kronologisku. Ada yang menarik kudapati disana. Aku ditandai pada gambar-gambar dan informasi-informasi baru oleh teman-teman dunia maya. Banyak berita-berita aktual yang di-share. Selalu ada yang baru disana. Mereka adalah para manusia yang memiliki niat baik untuk berbagi informasi ilmu pengetahuan kepada sesama. Aku jadi begitu akrab dengan mereka. Teman-teman yang memiliki hobi yang sama. Kegemaran dan kecintaan pada merenungi Ayat Allah yang ada pada alam semesta dan jagat raya berupa langit, rembulan, mentari, komet, meteor, planet-planet, bahkan bintang gemintang yang bertaburan di angkasa raya. Aku takjub pada ciptaan Allah Azza Wajalla. Langit bagi kami adalah kitab yang terbentang bagaikan samudera. Dari jaman purbakala bahkan ketika manusia belum memiliki alat-alat teknologi seperti teleskop untuk melihat benda-benda angkasa, langit telah menjadi kompas bagi mereka yang melaut, bercocok tanam, dan petunjuk bagi mereka yang tersesat di hutan belantara. Langit adalah ladangnya ilmu dan pelengkap kehidupan sehari-hari manusia di dunia yang fana.

 
ANTUSIASME ASTRONOM AMATIR INDONESIA MENYAMBUT INOMN 2015 DI JEJARING SOSIAL

Credit image: fb Aji priyatmoko


Kita kembali ke tema dasar kita, “Antusiasme Astronom Amatir Indonesia menyambut INOMN 2015” Hari yang dinanti-nantikan teman-teman Astronomi Indonesia ini tinggal 2 hari lagi. Banyak teman-teman pecinta ilmu Astronomi di medsos Facebook begitu antusias ikut merayakan  INOMN tahun ini. Uniknya mereka dengan senang hati mengganti foto profil mereka dengan gambar tulisan INOMN. Event memandang rembulan ini rutin dilakukan tapi tidak harus pada tiap tanggal 19 September. Sama halnya dengan Astronomy day yang dilakukan di sembarang waktu. Menurut informasi dari teman-teman Astronomi di fb, tradisi InOMN ini diadakan pada malam minggu ketika permukaan bulan tampak setengah (first quarter). Alasan first quarter adalah bulan sudah terbit sejak sebelum matahari terbenam di ufuk barat dan juga saat itu kawah dan benjolan-benjolan bulan paling indah dilihat melalui teleskop karena tampilan muka bulan lebih jelas terlihat yang disebabkan oleh datangnya sinar dari arah samping. 

Mereka sudah bersiap-siap dan telah memilih tempat yang arah pandang ke langit dan bulan itu menjadi mudah dan menarik. Dengan alat bantu teleskop maka keindahan bulan akan lebih spektakuler dan memesona. Teleskop akan menyuguhkan penampakan permukaan bulan yang memiliki benjolan di wajahnya berupa jerawat-jerawat yang banyak flek hitam. Ada banyak sekali kawah-kawah yang bolong disebabkan oleh tumbukan batu-batu luar angkasa yang mencapai atmosfer bulan. 

Oke, Sekian saja tulisan saya hari ini semoga bermanfaat. Long life education, unstoppable learning.
Name

Adsense,1,Astronomi,9,Bisnis,15,Blogging,22,Buku,10,Catatan,84,Cinta,7,Computer Science,34,Delphi,2,Dunia Kepenulisan,9,Freelancer,1,Gadget,2,Game,2,HUT RI 70,2,Ilmu Pengetahuan,2,Inspirasi Tokoh,1,Kepribadian,2,Kesehatan,1,Keuangan,1,Khotbah,4,KKN,7,Lifestyle,1,Matematika,1,Motivasi,13,Pengalaman,21,PIMNAS,2,Produktivitas,3,Professional,4,Resensi,4,Review,7,Sahabat,4,SEO,1,Smartphone,1,Startup,6,Student,42,Teknologi,15,Tips,20,Travelling,13,Tutorial,3,Vlogging,1,Wirausaha,31,Youtuber,1,
ltr
item
Muhammad Wali: ANTUSIASME ASTRONOM AMATIR INDONESIA MENYAMBUT INOMN 2015 DI JEJARING SOSIAL
ANTUSIASME ASTRONOM AMATIR INDONESIA MENYAMBUT INOMN 2015 DI JEJARING SOSIAL
ANTUSIASME ASTRONOM AMATIR INDONESIA MENYAMBUT INOMN 2015 DI JEJARING SOSIAL
http://3.bp.blogspot.com/-n2BqB3zraX8/Vft4Sic9f1I/AAAAAAAACBc/isDCN2XRYSQ/s640/Antusiasme%2BTeman-Teman%2Bpada%2Bevent%2BINOMN%2B2015%2Boleh%2BAji%2BPriyatmoko.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-n2BqB3zraX8/Vft4Sic9f1I/AAAAAAAACBc/isDCN2XRYSQ/s72-c/Antusiasme%2BTeman-Teman%2Bpada%2Bevent%2BINOMN%2B2015%2Boleh%2BAji%2BPriyatmoko.jpg
Muhammad Wali
https://www.akhywali.net/2015/09/antusiasme-astronom-amatir-indonesia.html
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/2015/09/antusiasme-astronom-amatir-indonesia.html
true
5617546411537444367
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy