SOSIALISASI KURIKULUM 2015 TEKNIK INFORMATIKA

SOSIALISASI KURIKULUM 2015 TEKNIK INFORMATIKA

Kemarin pagi, ketika matahari mulai menyingsing. Terbit dari timur posisinya yang masih berada  di belahan  utara garis khatulistiwa karena sekarang lagi masih bulan agustus. Saat itulah aku diantar bapak ke simpang Panteu Breuh dan naik mobil angkutan umum. Rencananya pagi ini aku ingin ke kampus utama di desa Reuleut tepatnya yang kutuju adalah gedung program studi teknik informatika. Dalam hal ini aku turut di undang ketua program studi dalam rangka sosialisasi kurikulum 2015.

Ketika aku tiba acara belum dimulai. Semua yang berada di ruangan masih menunggu peserta yang lain tiba.  Aku memilih bangku di depan para pemateri. Peserta seminar ini adalah mahasiswa/mahasiswi prodi teknik informatika angkatan 2012, 2013, dan 2014. 
 
SOSIALISASI KURIKULUM 2015 TEKNIK INFORMATIKA 

Perlu diketahui acara ini di fasilitasi dan dimonitoring oleh tiga orang dosen yang paling senior di jurusan kami. Mereka menempati bangku-bangku VIP  di bagian paling depan peserta. Ada ketua prodi pak Nurdin, sekretaris beliau pak Mukti Qamal dan turut hadir pula pak Sayed Fachrurrazi yang katanya kini beliau telah menjabat sebagai ketua prodi Sistem Informasi. Prodi baru adik kandungnya teknik informatika. Inilah tahun pertama prodi Sistem Informasi berdiri.

 Pak Nurdin membuka seminarnya dengan menjelaskan maksud dan tujuan diadakannya sosialisasi kurikulum 2015, beliau juga menjelaskan tentang bidang-bidang pekerjaan yang bisa ditekuni oleh para mahasiswa guna memenuhi tantangan dan permintaan pasar akan tenaga spesialis dibidang masing-masing. Kemudian baru masuk ke pembahasan tentang revisi kurikulum ini.

Aku sendiri yang duduk di depan dekat 3 pemateri ini begitu antusias mendengarkan supaya tak ada kata-katanya yang terlewat dan terlepas dari tangkapan indera pendengarku. Seiring mengikuti tren dan jaman telah berganti. Kurikulum yang telah diterapkan selama 5 tahun silam kini diyakini tidak  relevan lagi dengan perkembangan industri masa sekarang. Ketika bekerja misalnya kita akan ditanya tentang bidang spesialis yang paling dikuasai.

 Di dunia Informatika itu ada 2 bidang minat. Ada bidang komputasi cerdas/multimedia dan bidang security network (keamanan jaringan komputer). Kurikulum kami yang lama belum menerapkan sistem yang seperti itu -tidak ada pembagian bidang spesialis mahasiswa. Jadi, ketika ingin bekerja ini akan dirasa sulit. Perusahaan industri cenderung meminta bidang keahlian yang paling di kuasai.  

 Pak Nurdin kembali menerangkan “ Kurikulum perkuliahan setiap  5 tahun sekali harus terus diganti. Kurikulum lama telah usang. Setelah melakukan duduk perkara dengan beberapa pakar dari APTIKOM (Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komputer), kemudian ikut juga para tokoh pengusaha dari perusahaan Industri, dan juga alumni ikut membahas tentang revisi kurikulum kali ini. Dengan kesepakatan bersama akhirnya lahirlah kurikulum 2015 ini. 

Sebenarnya perubahan atau amandemen kurikulum ini mempunyai manfaat yang luar biasa bagi mahasiswa. Di lain sisi perubahan ini paling berdampak sekali adalah kepada kami -mahasiswa angkatan 2012- yang hampir menyelesaikan studi di jurusan Informatika karena ada mata kuliah yang telah kami selesaikan itu dihapus dan diganti dengan yang lain yang langsung masuk ke kategori 2 bidang itu. Kami sempat terkejut tapi apa daya ketika banyaknya mata kuliah baru yang harus kami selesaikan lagi. Hal inilah yang akan membuat kami berlama-lama lagi disana.

Walaupun kenyataan kurikulum 2015 demikian, membuat kami rugi besar tapi ini begitu aku sukai karena tujuannya begitu bijak dan mulia. Dengan adanya kurikulum 2015 ini pembagian bidang spesialis membuat kami lebih fokus pada bidang masing-masing yang disukai dan juga relevan dengan perkembangan industri Teknologi Informasi saat ini. Inilah awal baru bagiku, kuingin bertobat. Inginku memperbaiki kesalahan (error) di masa lalu. Ku ingin menjadi orang yang memiliki keahlian dibidang komputer ini. Khususnya di bidang komputasi cerdas dan multimedia.  Harapanku dengan hadirnya kurikulum 2015 semoga saja ini akan memperbaiki kualitas pendidikan di Teknik Informatika yang aku jajaki saat ini.

 Amin.

COMMENTS

Name

Adsense,1,Astronomi,9,Bisnis,15,Blogging,22,Buku,10,Catatan,84,Cinta,7,Computer Science,34,Delphi,2,Dunia Kepenulisan,9,Freelancer,1,Gadget,2,Game,2,HUT RI 70,2,Ilmu Pengetahuan,2,Inspirasi Tokoh,1,Kepribadian,2,Kesehatan,1,Keuangan,1,Khotbah,4,KKN,7,Lifestyle,1,Matematika,1,Motivasi,13,Pengalaman,21,PIMNAS,2,Produktivitas,3,Professional,4,Resensi,4,Review,7,Sahabat,4,SEO,1,Smartphone,1,Startup,6,Student,42,Teknologi,15,Tips,20,Travelling,13,Tutorial,3,Vlogging,1,Wirausaha,31,Youtuber,1,
ltr
item
Muhammad Wali: SOSIALISASI KURIKULUM 2015 TEKNIK INFORMATIKA
SOSIALISASI KURIKULUM 2015 TEKNIK INFORMATIKA
SOSIALISASI KURIKULUM 2015 TEKNIK INFORMATIKA
http://4.bp.blogspot.com/-LAdOycI7a2U/VdUNLJz-eKI/AAAAAAAABKo/eP_JdPWCkbI/s320/httpaptikom.od_.idwebwp-contentuploads2015kurikulum.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-LAdOycI7a2U/VdUNLJz-eKI/AAAAAAAABKo/eP_JdPWCkbI/s72-c/httpaptikom.od_.idwebwp-contentuploads2015kurikulum.jpg
Muhammad Wali
https://www.akhywali.net/2015/08/sosialisasi-kurikulum-2015-teknik.html
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/2015/08/sosialisasi-kurikulum-2015-teknik.html
true
5617546411537444367
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy