REULEUT ADALAH DESAKU YANG KEDUA

REULEUT ADALAH DESAKU YANG KEDUA

Saat ini aku masih di desa pertamaku –Ulee Matang. Masih dalam suasana liburan. Aku adalah makhluk hidup yang berasal dari golongan mamaliae. Lahir dan tumbuh besar di Desa Ulee Matang, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara.  Kuliah dari desa pertamaku ( Desa Ulee Matang) ke kampus yang berada di desa Reuleut begitu jauh aku harus menempuh perjalanan dua jam setengah kesana dengan mobil angkutan umum. Mengingat karena perjalanan jauh inilah aku memilih tinggal di rumah kontrakan saja bersama teman-teman di Desa Reuleut. Jadi desa inilah yang ingin ku ceritakan pada teman-teman.

Desa Reuleut Timur atau lebih dikenal dengan sebutan Reuleut saja secara geografis terletak di koordinat 5° 12' 25" Lintang Utara dan 96° 41' 42" Bujur Timur. Dengan mudah kita bisa mencarinya di Google Maps.  Lokasi yang sangat bagus untuk bercocok tanam padi. 


Disini air irigasi cukup mudah di alirkan ke sawah-sawah warga. Terlihat disana sawah yang terbentang luas bak permadani yang hijau dilentangkan. Desa Reuleut berada di areal kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara Provinsi Aceh.



Dahulunya mata pencaharian warga Reuleut hanya memproduksi batu bata dan bercocok tanam padi di sawah-sawah mereka. Alhamdulillah semenjak pembangunan sebuah Universitas perguruan tinggi negeri disana -tempatku menimba ilmu saat ini, ekonomi masyarakat berangsur-angsur mulai membaik dikarenakan warga-warganya bisa berjualan dengan mudah dan yang memiliki tanah, mereka mendirikan rumah dan menyewakan rumah kontrakan tersebut untuk para mahasiswa yang ingin tinggal di Reuleut ini. Salah satu dari mahasiswa-mahasiswa itu adalah diriku.

 Aku mulai tinggal di Desa Reuleut akhir bulan agustus tahun 2012. Ketika itu aku baru memasuki masa-masa awal perkuliahan semester pertama di kampus. Dari tahun 2012 hingga sekarang aku masih nyaman tinggal disana banyak juga warga-warganya yang sudah ku kenal dan begitu dekat. 

Ketika malam kami luangkan waktu untuk mengaji juga di desa Reuleut. Ilmu dunia dapat dan ilmu akhirat pula diterima. Ada juga warung nasi yang sudah menjadi langganan kami sebagai mahasiswa yang malas memasak di dapur kontrakan sendiri yaitu warung kopi Pak Guru.

Kini, aku merindui-mu Reuleut, desa keduaku...
Kangen sekali dengan nasi pak Guru...
Usai kuliah aku sering mampir disitu...
Makan, mengobrol, bersama teman-teman begitu syahdu...

Dari desa Reuleut inilah sedikit demi sedikit ku memahami makna sebuah kehidupan. Sebagai makhluk sosial dan berpendidikan kita harus memikirkan apa yang bisa kita berikan kepada mereka. Kehidupan disana masih cukup memprihatinkan. Ada beberapa rumah yang masih kurang layak huni.

 Pernah suatu ketika aku bersama Asdi -teman satu kontrakan, observasi keliling kampung mencari jerami untuk bahan baku usaha yang kami miliki. Disana kami melihat sendiri ada rumah-rumah yang sudah miring dan beratap rumbia yang mulai berlubangan dimana-mana. Ketika didera hujan mungkin saja mereka akan bermandikan hujan, basah kuyub, dan kedinginan di rumahnya. Sangat disayangkan sekali. 
 Semoga akan ada dermawan yang tiba ke desa Reuleut untuk membantu warga-warga kesulitan disana.

COMMENTS

Name

Adsense,1,Astronomi,9,Bisnis,15,Blogging,22,Buku,10,Catatan,84,Cinta,7,Computer Science,34,Delphi,2,Dunia Kepenulisan,9,Freelancer,1,Gadget,2,Game,2,HUT RI 70,2,Ilmu Pengetahuan,2,Inspirasi Tokoh,1,Kepribadian,2,Kesehatan,1,Keuangan,1,Khotbah,4,KKN,7,Lifestyle,1,Matematika,1,Motivasi,13,Pengalaman,21,PIMNAS,2,Produktivitas,3,Professional,4,Resensi,4,Review,7,Sahabat,4,SEO,1,Smartphone,1,Startup,6,Student,42,Teknologi,15,Tips,20,Travelling,13,Tutorial,3,Vlogging,1,Wirausaha,31,Youtuber,1,
ltr
item
Muhammad Wali: REULEUT ADALAH DESAKU YANG KEDUA
REULEUT ADALAH DESAKU YANG KEDUA
REULEUT ADALAH DESAKU YANG KEDUA
http://4.bp.blogspot.com/-3MlSMgGccmA/Vc4lsI7aXwI/AAAAAAAABIw/ye9lFznD7pM/s640/C360_2014-04-18-13-31-40_org.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-3MlSMgGccmA/Vc4lsI7aXwI/AAAAAAAABIw/ye9lFznD7pM/s72-c/C360_2014-04-18-13-31-40_org.jpg
Muhammad Wali
https://www.akhywali.net/2015/08/reuleut-adalah-desaku-yang-kedua.html
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/2015/08/reuleut-adalah-desaku-yang-kedua.html
true
5617546411537444367
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy