PELATIHAN USAHA JAMUR MERANG PADA PROGRAM IBK BAGI CALON TENANT

PELATIHAN USAHA JAMUR MERANG PADA PROGRAM IBK BAGI CALON TENANT

Assalamu’alaikum Sahabat....

Alhamdulillah satu usaha kecil-kecilan milik 3 anak kost di Desa Reuleut Timur, Muara batu, Aceh Utara telah berjalan untuk terus memproduksi jamur merang. Makanan sedap dengan harga yang merakyat. 

Berbekal dana patungan dari sisihan beasiswa kami dan Aku sendiri pun berhasil menjadi salah satu dari 63 pemenang Program Wirausaha Mahasiswa (PMW) Bidikmisi 2014 yang di danai Universitas Malikussaleh, kampus kami tercinta. Dana bantuan modal ini  Alhamdulillah cukup membantu penyempurnaan dan renovasi bangunan rumah jamur (kumbung) kami yang terkendala dana sebelumnya.


Usaha Jamur merang yang kami jalankan saat ini mempunyai seorang dosen pembimbing yang punya relasi banyak di program kewirausahaan kampus.  Dengan bantuan dan ajakan beliau kami pun di ajak untuk melatih dan membimbing dosen-dosen dari program iptek bagi kewirausahaan (IbK) bagi calon tenant ¾ calon pengusaha ¾ untuk membantu pemerintah membuka lapangan kerja dan memberantas kemiskinan di Indonesia.
  


Kejadian ini terjadi pada selasa, 12 mei 2015. Hari itu terlihat langit mulai senja, semburat cahaya mentari berwarna keemasan dari langit  barat masih memancarkan sinarnya. Menyinari seluruh jagat raya. Senja yang indah. Mahasiwa mulai turun dari kampus sebuah perguruan tinggi negeri di kabupaten aceh utara,  Selesai Shalat Ashar berdua dengan asdi (teman satu tim), aku menjemput dosen-dosen dari program Kewirausahaan  di Menasah desa Reuleut. Setelah berjumpa aku mengajak mereka mengunjungi tempat kami. 

Setiba di lokasi usaha kami berada, pak dosen-dosen itu terbengong-bengong, mengharapkan tempat yang cocok. Tapi, apa daya kami mahasiswa yang tinggal di kost jadinya mereka hanya berdiri saja mengikuti pelatihan ini. Begitu sederhana penyambutannya. Ini juga menjadi satu pengalaman penting ku menjadi seorang trainer dibidang pertanian, khususnya dalam berbudidaya jamur merang ini.
 



Hari itu yang kami latih adalah 3 orang dan seorang mahasiswa ekonomi. Diantara yang 3 dosen yang hadir  itu ada wali dosen-ku di kampus, pak Fuadi. Pak Fuadi adalah dosen dari fakultas Teknik yang mengajar mata kuliah pendidikan agama. Beliau begitu antusias menyambut hadirnya usaha kami yang berada di dekat kampus dan beliau juga menyampaikan beberapa nasehat untuk pengembangan usaha kami di masa yang akan datang. Sepertinya beliau memiliki minat untuk menjadi pengusaha sukses pula.

Kemudian ada pula pembimbing usahaku, pak Faisal. Seorang Master dari jurusan Teknik Mesin. Beliau begitu berpengalaman dalam hal ikut program-program wirausaha. Sore itu beliau juga menyarankan untuk menggunakan teknologi yang mempermudah pekerjaan dan untuk meningkatkan produksi jamur kami.

Selanjutnya dosen dari Fakultas Ekonomi yang tidak kuketahui namanya, tak kalah juga pintarnya dibidang penelitian tentang usaha-usaha yang prospek dan bernilai tinggi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Pak dosen ekonomi ini menyarankan kami untuk menarik investor dan pemilik modal lain agar bisa meningkatkan produksi guna memenuhi permintaan pasar yang begitu besar.


Turut pula hadir seorang mahasiswa ekonomi, namanya Saifan. Beliau juga merupakan seorang pengusaha muda di bidang budidaya ikan lele. Kami sempat bercerita banyak tentang prospeknya usaha masing-masing.  

Aku, asdi, dan kamal adalah tokoh-tokoh trainer hari itu. Aku sendiri langsung menjelaskan proses-proses, mekanisme kerja, prospek dan keuntungan dari segi ekonomi. Pak dosen itu juga aktif bertanya dan kami pun menjelaskan dengan sedetil mungkin. Alhamdulillah mereka manggut-manggut pertanda kalau mereka mengerti akan penjelasanku itu. 

Di akhir acara kami diberikan beberapa bingkisan-bingkisan hadiah berupa alat-alat tulis, sarung, dan amplop uang tunai untuk para trainer.

Untuk penjelasan dan uraian materi cukup bagus. Alhamdulillah pelatihan pertamaku ini berjalan lancar dan semoga ke depan akan lebih baik.


COMMENTS

Name

Adsense,1,Astronomi,9,Bisnis,15,Blogging,22,Buku,10,Catatan,84,Cinta,7,Computer Science,34,Delphi,2,Dunia Kepenulisan,9,Freelancer,1,Gadget,2,Game,2,HUT RI 70,2,Ilmu Pengetahuan,2,Inspirasi Tokoh,1,Kepribadian,2,Kesehatan,1,Keuangan,1,Khotbah,4,KKN,7,Lifestyle,1,Matematika,1,Motivasi,13,Pengalaman,21,PIMNAS,2,Produktivitas,3,Professional,4,Resensi,4,Review,7,Sahabat,4,SEO,1,Smartphone,1,Startup,6,Student,42,Teknologi,15,Tips,20,Travelling,13,Tutorial,3,Vlogging,1,Wirausaha,31,Youtuber,1,
ltr
item
Muhammad Wali: PELATIHAN USAHA JAMUR MERANG PADA PROGRAM IBK BAGI CALON TENANT
PELATIHAN USAHA JAMUR MERANG PADA PROGRAM IBK BAGI CALON TENANT
PELATIHAN USAHA JAMUR MERANG PADA PROGRAM IBK BAGI CALON TENANT
http://1.bp.blogspot.com/-ZSZAS_oGXkg/Vc0_nItH54I/AAAAAAAABIA/OAU-e8Fd64s/s640/IMG-20150514-05090.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-ZSZAS_oGXkg/Vc0_nItH54I/AAAAAAAABIA/OAU-e8Fd64s/s72-c/IMG-20150514-05090.jpg
Muhammad Wali
https://www.akhywali.net/2015/08/pelatihan-usaha-jamur-merang-pada.html
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/2015/08/pelatihan-usaha-jamur-merang-pada.html
true
5617546411537444367
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy