MERDEKAKAN DIRI DENGAN BELAJAR

MERDEKAKAN DIRI DENGAN BELAJAR

Hari masih pagi, sejuk dengan semilir angin berhembus. Terlihat pagi ini pelajar, pegawai pemerintahan, mahasiswa, dosen, guru, dan profesi-profesi yang lain berangkat ke lapangan upacara dengan berbahagia hati. Hari ini seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke begitu antusiasnya merayakan hari ulang tahun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Di laut, di darat, bahkan di udara pun rakyat Indonesia menyambutnya. Begitu besar rasa cinta dan bangga mereka pada tanah air, bumi mereka dilahirkan. Tak terasa setelah sekian banyak –tak terhitung bumi telah berotasi di porosnya dan selama 70 kali sudah berevolusi mengelilingi pusat tata surya -matahari. Ternyata sebanyak itulah lamanya negara ini sudah merdeka. Merdeka dari penindasan dan penjajahan bangsa lain. Bebas dari yang namanya imperialisme dan kolonialisme.

          Kita adalah bangsa Indonesia yang utuh. Bangsa yang merdeka dan diakui pula oleh negara lain kedaulatannya. Telah berdiri sejak 70 tahun yang silam pada tanggal 17 Agustus 1945. Ditandai dengan pembacaan teks proklamasi kemerdekaan oleh Soekarno -presiden Indonesia pertama. Dengan penuh perjuangan siang dan malam para pejuang bangsa ini telah berupaya mati-matian mengusir, membela kedaulatan dan keutuhan bangsa yang besar ini berabad-abad lamanya.

 Tingkatkan rasa nasionalisme yang tinggi pada negara kita tercinta. Kita bangkitkan rasa patriotisme pada bangsa ini. Kita jaga dan lindungi kedaulatan negara. Saat ini kita tidak perlu mengangkat senjata, menghunus bambu runcing, dan juga tidak perlu lagi bergerilya di hutan belantara. Untuk mengenang jasa para pahlawan, leluhur bangsa ini, nenek moyang kita sudah seharusnya kita terus mendo’akan mereka dan juga melakukan hal-hal baik.

Dirgahayu Negara Republik Indonesia yang ke-70. Mari kita isi kemerdekaan ini dengan kerja keras dan pantang menyerah. BELAJAR adalah hal yang paling utama. Karena hanya dengan belajar kita akan memiliki banyak ilmu, dengan demikian maka akan semakin banyak pula peran yang bisa kita berikan pada bangsa ini.
Merdekakan diri dengan belajar
Belajar itu luas cakupannya, kita harus belajar tentang apapun. Belajar ilmu dunia dan juga wajib belajar ilmu Akhirat atau ilmu agama. Kita selalu dituntut untuk belajar. Seperti kata pepatah Arab “Tuntutlah Ilmu dari ayunan sampai ke liang lahat”. Bahkan Allah telah mewajibkan laki-laki islam dan perempuan islam untuk belajar hingga ajal menjemput kita. Perlu diketahui bahwa begitukah pentingnya belajar.

          Selain belajar formal kita juga perlu belajar informal salah satunya yaitu belajar berkarir, ini sangat penting karena berkarir atau bekerja itu akan menyejahterakan kehidupan kita dan juga kehidupan umat. Karena sesungguhnya orang yang sukses itu adalah orang-orang yang berguna dan bermanfaat bagi orang lain. Dengan berkarir kita akan mampu berdedikasi dan berkontribusi pada pembangunan negara. 

Lalu kita harus belajar apalagi, kawan ?

Kita juga harus belajar bersosial, karena pada dasarnya kita adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Jadi, kita juga perlu belajar bermasyarakat, berbagi antar sesama, dan mengabdikan diri untuk kepentingan sosial adalah pilihan bijak untuk mengisi kemerdekaan.

Bagi yang hobinya olahraga, kita juga bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia dengan prestasi olahraga. Olahraga bukan hanya untuk kesehatan tubuh tapi olahraga juga bisa untuk berkomunitas antar pecintanya dan juga bisa ikut kompetisi -bersaing- dikancah internasional. Seperti kata pepatah arab yang saya pelajari ketika di pesantren dulu “ Al ‘aqlus salimi fil jismis saliimi, artinya Akal yang sehat itu terdapat pada tubuh yang sehat”. Begitu indah.

Kemudian kita juga perlu belajar politik walaupun kita tidak harus terjun ke dunia politik ini. Dengan ilmu politik paling tidak kita akan memahami perkembangan negeri ini dan akan menggugah hati kita untuk membantu negara ini terus maju dan bangkit dari keterpurukan.

Dalam mengisi kemerdekaan ini kita juga harus belajar Entrepreneur -berwirausaha- karena banyak sekali pelajaran di dalamnya. Dengan berwirausaha kita akan belajar bagaimana menjadi seorang pemimpin, kita bisa belajar mandiri, berani ambil resiko dan peluang, dan juga belajar mengatur segala sesuatunya dengan baik. Dengan berwirausaha berarti kita telah ikut serta memberantas pengangguran yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Mari kita bantu pemerintah, kita bangun negara ini dengan berwirausaha, bukan mencari pekerjaan tapi mampu menciptakan pekerjaan.

Sebagai Blogger kita yang hobi menulis, bercerita, diskusi di dunia maya rasanya juga bisa jadi pilihan untuk mengisi kemerdekaan ini. Ilmu yang kita punya dan informasi yang kita bagikan kepada orang lain akan turut berperan membuka wawasan dan jendela ilmu pengetahuan. Tanpa berharap balasan, hanya berniat berbagi ilmu sekaligus iseng-iseng dan narsis, hal ini juga bisa dikelompokkan ke dalam kategori mengisi kemerdekaan. Ibarat seorang pengajar -guru, seorang blogger juga berarti termasuk  pahlawan tanpa tanda jasa.   

Ayo, Merdekakan diri dengan belajar. Merdeka dari bentuk penjajahan apapun. Baik itu penjajahan batin maupun penjajahan dhahir. Jangan biarkan diri kita dijajah oleh kebodohan dan imperialisme bangsa lain.


Selamat Hari Kemerdekaan Negeriku yang ke 70,

Ulee Matang, Seunuddon, Aceh Utara, Aceh
Tanggal 17 bulan 8 tahun 2015  

Atas nama bangsa Indonesia
.............................
Muhammad Wali

COMMENTS

Name

Adsense,1,Astronomi,9,Bisnis,15,Blogging,22,Buku,10,Catatan,84,Cinta,7,Computer Science,34,Delphi,2,Dunia Kepenulisan,9,Freelancer,1,Gadget,2,Game,2,HUT RI 70,2,Ilmu Pengetahuan,2,Inspirasi Tokoh,1,Kepribadian,2,Kesehatan,1,Keuangan,1,Khotbah,4,KKN,7,Lifestyle,1,Matematika,1,Motivasi,13,Pengalaman,21,PIMNAS,2,Produktivitas,3,Professional,4,Resensi,4,Review,7,Sahabat,4,SEO,1,Smartphone,1,Startup,6,Student,42,Teknologi,15,Tips,20,Travelling,13,Tutorial,3,Vlogging,1,Wirausaha,31,Youtuber,1,
ltr
item
Muhammad Wali: MERDEKAKAN DIRI DENGAN BELAJAR
MERDEKAKAN DIRI DENGAN BELAJAR
MERDEKAKAN DIRI DENGAN BELAJAR
http://4.bp.blogspot.com/-OjhsWKbjakQ/VdEdAsAO1OI/AAAAAAAABKU/zYTQgleKeqs/s320/HUT-RI-ke-70.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-OjhsWKbjakQ/VdEdAsAO1OI/AAAAAAAABKU/zYTQgleKeqs/s72-c/HUT-RI-ke-70.jpg
Muhammad Wali
https://www.akhywali.net/2015/08/merdekakan-diri-dengan-belajar.html
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/2015/08/merdekakan-diri-dengan-belajar.html
true
5617546411537444367
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy