KEMAMPUAN MENDENGAR YANG BAIK DAN SEBUNGKUS BAKPAO BUNGA TANJUNG

KEMAMPUAN MENDENGAR YANG BAIK DAN SEBUNGKUS BAKPAO BUNGA TANJUNG

Alhamdulillah, saya masih diberi umur panjang oleh Allah untuk melanjutkan cerita-cerita apa saja yang saya lihat, dengar, dan bicarakan untuk dibagikan kepada sahabat Blog Muhammad Wali ini.

Selama Kerja Praktek di Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh Utara. Saya begitu banyak mengenal teman-teman baru disana. Banyak pegawai-pegawai yang ramah dan ikhlas memberi arahan dan bimbingannya kepadaku. Aku pun menerima ilmu dan wawasan baru, terutama tentang bagaimana sebenarnya dunia kerja dan bagaimana kita bersosial dengan sesama rekan kerja di Kantor. 

          Seperti biasanya, tiba dikantor sembari menunggu pembimbing, aku pun membuka laptop untuk menyelesaikan beberapa ketikan laporan Kerja praktek pagi ini. Jam menunjukkan pukul 9.00 WIB pak Armia,.S.Sos tiba dan memilih duduk di kursi tempatnya bekerja. Beliau pun membuka percakapan seperti biasanya. Awalnya aku kurang mendengarkan disebabkan sibuk dengan rancangan dan Desain Sistem Informasi yang ingin aku bangun untuk kantor dinas itu. Beliau memahaminya dengan baik dan menyuruhku melanjutkan kerjaku. 

        Bagiku beliau teman yang baik untuk diajak bicara dan aku pun tidak menyia-nyiakan kesempatan menerima ilmu-ilmu dan petuah-petuah darinya yang bisa kugunakan untukku di masa yang akan datang. Aku pun mengajaknya bercerita kembali tentang peluang-peluang usaha dan tips berbisnis dengan baik, cara mendapatkan pelanggan, dan bagaimana cara menjaga produk tetap bagus dan berkualitas. Beliau ajarkan dari pengalamannya ini luarbiasa. Jika ada yang kuketahui tak sungkan-sungkan pula ku bagikan ide bersama beliau. 

        Cerita kami tentang mendapatkan pelanggan sampai pada sistem warga Cina berdagang beliau memberi contoh pada Toko Bunga Tanjung Fa yang menjual berbagai aneka macam kue. Daya tarik pengunjung ke toko ini saat ini begitu meningkat. Satu yang paling ku suka dari pak Armia.,S.Sos adalah menjelaskan kemudian menunjukkan langsung dimana tempatnya berada.

Sekitar pukul setengah 12 beliau mengajakku ke Toko Bunga Tanjung tersebut di jalan Suka Ramai Kota Lhokseumawe, beliau ingin memperlihatkan padaku bagaimana harga sebungkus kue disana. Pak Armia meminta pendapatku tentang kue apa yang kita beli. Aku pun menunjuk Bakpao putih saja. Dibelinyalah dua bungkus bakpao dan satu bungkus kue macam keju berwarna merah muda. Aku melihat pak armia membayar untuk masing-masing bungkusan itu dengan harga Rp 5.000,- dan masing-masing bungkus isi kuenya berjumlah 5 tapi begitu kecil. Anehnya kue sekecil itu kok bisa dihargai dengan harga yang mahal seperti itu dan orang-orang mau membelinya.

Ilustrasi Bakpao

Kami pun keluar dari toko tersebut guna mencari tempat yang pas untuk singgah sebentar mencoba kue dari Toko Bunga tanjung itu. Pak Armia mengendarai motor dan aku bonceng di belakangnya kami pun tiba di tujuan. Di warung yang menjual air tebu kami berhenti dan pak Armia memesan 2 gelas air tebu untukku dan untuk beliau sendiri. Kue tadi masing di dalam plastik. Pak Armia menyuruhku memakannya. Aku pun mencicipi kue dari Toko Bunga Tanjung tadi. Wah enak sangatlah ternyata. Pak Armia memberiku sebungkus bakpao tadi untuk kusimpan di tas dan dibawa pulang ke rumah. Sebungkusnya lagi kami berikan kepada rekan-rekan kerja di kantor Dinas. Dapat kita ambil pelajaran bahwa rasa dengan harga memang menjamin kualitas.  Toko Bunga Tanjung dulunya memberi murah dulu kepada pelanggan dan ketika pelanggan sudah tertarik dengan mereka harga pun akhirnya bisa dipasang seenak hati. Begitulah sistem dagang Cina.

          Pulang dari sana aku jadi pendengar yang budiman lagi. Telinga ku belum sempat beristirahat tapi pak Abdullah, rekan kerja yang berewokan itu mengajakku mendengarnya curhat tentang mirisnya keadilan di negeri kita saat ini. 

Beliau begitu prihatin akan penegakan hukum keadilan dan tata krama rakyat saat ini. Aku terus mendengarkannya. Beliau jadi semakin semangat bercerita dan aku mulai pusing. Ketika aku mulai menunduk kepala dan mengarah muka ketempat lain beliau pun pindah ke depanku untuk mendengarkannya bercerita. Aku melirik jam di telepon genggam yang menunjukkan pukul 12.14 dan kemudian kulihat jam lagi. Aku buru-buru ingin pulang tapi ada perasaan tidak enak jika ku membiarkan beliau bercerita sendirian disana, jam istirahat kantor sudah tiba. Pegawai sudah banyak yang keluar. Untuk memancingnya berhenti aku memakai tas. Tapi, apa yang terjadi beliau berdiri dan merogoh sakunya dan memberiku beberapa uang. Dan berharap padaku belajar terus hingga sukses.

Itulah segelintir cerita pengalaman ku hari ini. Semua itu tidaklah lepas dari kemampuan mendengarkan yang baik. Aku telah mempraktekkannya tinggallah kawan mencobanya. Kemampuan ini akan menjadi satu modal kita menemukan teman, kita di hargai, di cari-cari dan manfaat lainnya kita yang dulunya kurang aktif berkomunikasi akhirnya bisa berkomunikasi dengan lebih baik dan menemukan pelajaran di dalamnya, yang baiknya kita ambil dan jeleknya kita buang jauh-jauh.....

 Selamat Mencoba !

COMMENTS

Name

Adsense,1,Astronomi,9,Bisnis,15,Blogging,22,Buku,10,Catatan,84,Cinta,7,Computer Science,34,Delphi,2,Dunia Kepenulisan,9,Freelancer,1,Gadget,2,Game,2,HUT RI 70,2,Ilmu Pengetahuan,2,Inspirasi Tokoh,1,Kepribadian,2,Kesehatan,1,Keuangan,1,Khotbah,4,KKN,7,Lifestyle,1,Matematika,1,Motivasi,13,Pengalaman,21,PIMNAS,2,Produktivitas,3,Professional,4,Resensi,4,Review,7,Sahabat,4,SEO,1,Smartphone,1,Startup,6,Student,42,Teknologi,15,Tips,20,Travelling,13,Tutorial,3,Vlogging,1,Wirausaha,31,Youtuber,1,
ltr
item
Muhammad Wali: KEMAMPUAN MENDENGAR YANG BAIK DAN SEBUNGKUS BAKPAO BUNGA TANJUNG
KEMAMPUAN MENDENGAR YANG BAIK DAN SEBUNGKUS BAKPAO BUNGA TANJUNG
KEMAMPUAN MENDENGAR YANG BAIK DAN SEBUNGKUS BAKPAO BUNGA TANJUNG
http://2.bp.blogspot.com/-n49H81qaq3A/VcQzWzlqNeI/AAAAAAAABDg/TIDpAwRarkU/s400/bAKPAO%2BPUTIH.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-n49H81qaq3A/VcQzWzlqNeI/AAAAAAAABDg/TIDpAwRarkU/s72-c/bAKPAO%2BPUTIH.jpg
Muhammad Wali
https://www.akhywali.net/2015/08/kemampuan-mendengar-yang-baik-dan.html
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/2015/08/kemampuan-mendengar-yang-baik-dan.html
true
5617546411537444367
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy