KARNAVAL YANG MERIAH DI SEUNUDDON

KARNAVAL YANG MERIAH DI SEUNUDDON

Kemarin siang, terik mentari begitu menyengat ubun-ubun, panas membara, menyinari bumi. Tak menyurutkan semangat anak-anak TK/PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK, para guru, panitia dan warga ikut menyemarakkan kemeriahan karnaval di Seunuddon. Banyak warga dari seluruh penjuru desa yang tergabung di kecamatan Seunuddon berduyun-duyun semua keluar ramai-ramai untuk menonton pawai akbar atau karnaval ini.  Inilah tradisi untuk menyambut hari ulang tahun kemerdekaan negara kesatuan republik Indonesia.

Dimulai dari peringatan hari ulang tahun republik indonesia yang tepatnya tanggal 17 agustus berselang sehari kemudian tanggal 19 agustus barulah diadakan karnaval ini.

KARNAVAL YANG MERIAH DI SEUNUDDON
Paskibraka Seunuddon
Siang itu sekitar pukul 14.00 WIB aku langsung tancap gas memacu sepeda motor bersama kedua adikku ke desa Tanjong Dama, disanalah kami menunggu kedatangan rombongan karnaval ini. Mengingat ditempat inilah mereka akan dinilai, pastinya juga mereka akan berhenti sejenak memamerkan kreativitas kelompok masing-masing.
KARNAVAL YANG MERIAH DI SEUNUDDON
Mutia Zahra - Tukang Jamu Cantik

Aku menyukai karnaval ini karena ada grup drum band terbaru yang begitu memeriahkan acara dari MIN Lhok rambideng, MTsN Seunuddon, SMAN 1 Seunuddon, dan MAS Seunuddon. Keikutsertaan adik-adikku juga yang paling kunanti-nantikan dengan ferformanya yang unik. Seorang tukang jual jamu yang cantik laksana bidadari yang turun dari langit, dialah adikku Mutia. Adikku yang lain mengambil profesi seorang bidan dengan alat-alat medis dan stetoskop di lehernya.

Tibalah saatnya pukul 15.00 Wib para peserta mulai keluar dari tempat mereka berkumpul, dari SMAN 1 Seunuddon menuju ke lapangan upacara bendera tujuh belasan sebelumnya di desa Cot Kafiraton. Pawai/ karnaval ini akan menmpuh jarak sejauh lebih kurang 3 Km dengan berjalan kaki. Jarak yang lumayan jauh untuk seorang pejalan kaki.

 Ketika peserta sudah tiba aku langsung mengambil tempat yang pas di pinggir jalan dengan memasang kamera video mengabadikan moment spesial ini. Disana sudah terlihat peserta nomor urut wahid yakni grup paskibraka Seunuddon kemudian baru disusul oleh para peserta lain seperti kelompok drumband dari beberapa sekolah yang membawakan lagu-lagu kreasi masing-masing. Begitu eksentrik dan menarik. Mayoretnya yang tinggi dan cantik bak penari-penari diatas panggung. Lalu ada kelompok dari seluruh sekolah yang ada di kecamatan Seunuddon dengan pakaian-pakaian yang beragam.
KARNAVAL YANG MERIAH DI SEUNUDDON
Karnaval Drumband

Terlihat disana ada yang mengenakan pakaian pengantin, pakaian suku-suku di indonesia, pakaian petani, nelayan, guru, mahasiswa, pelajar, bidan, perawat, dokter, reporter, juru kamera, ustadz, ustadzah, petualang, TNI, POLRI, badut, pocong, tukang jamu, penjual kue, bahkan ada yang aneh lagi mau memilih yang namanya profesi pencuri. Mereka hadir dengan pakaian-pakaian adat daerah dan seragam profesi yang unik tentunya. Bisa dikatakan mungkin itulah cita-cita mereka.

Ketika giliran adikku tiba lucu sekali. Dia bersorak-sorai dan berjualan di tengah kelompoknya sambil berteriak “ jamu,.....jamu...... beli jamu, beli jamu” . Dia terlihat agak unik karena menggunakan kacamata seperti artis Syahrini dengan kaca mata besar bundar dimatanya. Dia begitu percaya diri dengan profesinya.

Karnaval ini juga dilengkapi dengan letusan-letusan karbit dari mobil-mobil tank, helikopter, kapal laut hasil kreativitas siswa dan warga desa untuk sekolah-sekolah yang ada di desa mereka turut dihadirkan. Mereka membuat dari plastik, kardus, dan dari triplek yang di cat loreng seperti warga khas seorang tentara nasional Indonesia.

Karnaval di Seunuddon kali ini begitu meriah dan begitu ramai penontonnya. Berbeda sekali dengan masa-masa sebelum damai Aceh-Indonesia sepuluh tahun yang silam. Masyarakat tidaklah antusias menyambut kemerdekan RI seperti ini. Semoga saja tahun depan penampilan karnaval dan prestasi kecamatan seunuddon akan lebih baik dan terus ditingkatkan. Amin.

COMMENTS

Name

Adsense,1,Astronomi,9,Bisnis,15,Blogging,22,Buku,10,Catatan,84,Cinta,7,Computer Science,34,Delphi,2,Dunia Kepenulisan,9,Freelancer,1,Gadget,2,Game,2,HUT RI 70,2,Ilmu Pengetahuan,2,Inspirasi Tokoh,1,Kepribadian,2,Kesehatan,1,Keuangan,1,Khotbah,4,KKN,7,Lifestyle,1,Matematika,1,Motivasi,13,Pengalaman,21,PIMNAS,2,Produktivitas,3,Professional,4,Resensi,4,Review,7,Sahabat,4,SEO,1,Smartphone,1,Startup,6,Student,42,Teknologi,15,Tips,20,Travelling,13,Tutorial,3,Vlogging,1,Wirausaha,31,Youtuber,1,
ltr
item
Muhammad Wali: KARNAVAL YANG MERIAH DI SEUNUDDON
KARNAVAL YANG MERIAH DI SEUNUDDON
KARNAVAL YANG MERIAH DI SEUNUDDON
http://3.bp.blogspot.com/-bXLK4TQOGn4/VdUx7wkCgjI/AAAAAAAABK8/bRnJAgEV_tA/s640/paskibraka%2Bseunuddon.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-bXLK4TQOGn4/VdUx7wkCgjI/AAAAAAAABK8/bRnJAgEV_tA/s72-c/paskibraka%2Bseunuddon.jpg
Muhammad Wali
https://www.akhywali.net/2015/08/karnaval-yang-meriah-di-seunuddon_20.html
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/2015/08/karnaval-yang-meriah-di-seunuddon_20.html
true
5617546411537444367
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy