INISIASI TOKOH INSPIRASI DINSOSNAKERMOBDUK ACEH UTARA

Inisiasi Tokoh Inspirasi Dinsosnakermobduk Aceh Utara

Selama kegiatan kerja praktek di Dinas Sosial, Tenaga kerja dan Mobilitas penduduk Kabupaten Aceh Utara. Kurang dari dua bulan begitu banyak aku mendapatkan ilmu disana khususnya di kantor bidang Mobilitas Penduduk. Banyak pegawai yang ramah dan mau bercerita banyak kepadaku. Aku sendiri begitu senang memasang telinga baik-baik untuk mendengarkan setiap kata dari mulut-mulut tokoh-tokoh sosial disana. Mereka terus memotivasi dan menginspirasi hari-hariku disana. Maka kuperkenalkan inilah Tokoh-tokoh itu :

Ada pak Armia,.S.Sos  yang paling banyak berbagi ilmunya, bercerita kepadaku sehingga beliau pun jadi teman ngobrol ku yang paling aktif disana. Saat beliau ingin berbicara aku sangat antusias mendengarnya akibatnya beliau pun senang dan bercerita, berbagi apa saja ilmu dan pengalaman beliau ketika muda dulu yang akan menyemangatiku hidup di masa kini. Ketika aku bertanya beliau akan menjelaskan serinci dan sedetil mungkin supaya ku mengerti dan memahami tentang apa saja yang ku tanyakan itu. Akhirnya, Kami mulai akrab sejak hari itu , hari dimana beliau menceritakan kisah-kisah heroiknya saat muda dulu tentang pengalaman hidup beliau saat di tugaskan dinas ke desa paling jauh dari ibukota provinsi Kalimantan Selatan, Banjarmasin. Di sanalah surat keterangan pegawai negeri beliau dikeluarkan oleh pemerintah, mau tidak mau jika ingin punya pendapatan/belanja hidup beliau harus berangkat kesana.

Beliau juga menceritakan banyak tentang bagaimana susahnya dulu tetua ini, sebagai abdi negara yang pertama sekali memimpin pembukaan kawasan-kawasan transmigrasi di daerah yang belum dijamahi sebelumnya seperti daerah Cot girek, Sawang, Buket Hagu yang merupakan cikal bakal tempat penduduk transmigrasi saat ini ditempati. Tapi sekarang tetua-tetua ini kurang dianggap bagus kinerjanya di Kantor hanya karena tidak mempunyai keahlian di bidang teknologi informasi yang paling banyak digunakan saat ini.

Aku pun mengenalnya sebagai sejarawan (anggapan ku saja), komunikator yang baik dan bisa dijadikan nara sumber untuk pembuatan novel sosial budaya. Hihi... :)

Kantor Dinsosnakermobduk Aceh Utara
Kemudian ada Pak Nasruddin juga bisa dikatakan sebagai salah satu tetua di dinas ini mungkin 3 tahun lagi beliau akan pensiun di kantor dinas ini, mampu berkisah tentang dinas, sejarah-sejarah penggabungan dinas sosial dan dinas tenaga kerja dan mobilitas penduduk yang dulunya terpisah. Beliau juga banyak tentang  dunia kerja yang pernah beliau geluti.

Selanjutnya aku perkenalkan Pak Yusuf.,S.T beliau adalah pembimbing kerja praktek ku di sana, saat ini menjabat sebagai Plt Ketua Bidang Mobilitas penduduk menggantikan almarhum pak Ibrahim.,SE yang meninggal beberapa bulan yang lalu. Pak Yusuf orangnya begitu bijak dan sering berceramah membahas tentang keagamaan, seperti perihal haram halalnya suatu perbuatan.

Beliau memiliki wawasan dan pengalaman kerja yang banyak dan melimpah.  Dari satu tempat kerja ke tempat kerja yang lain. Pernah bekerja di Panwaslu (Pengawas Pemilu), di kantor dinas perindustrian, dinas kehutanan, Dinas Kepegawaian, dan lain-lain. Lupa saya...hihi. Saat ini beliau bekerja disini (Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Kabupaten Aceh Utara. Beliau berasal dari keluarga miskin tidak membuatnya menyerah untuk terus belajar menggapai cita-cita tinggi. Begitu menginspirasi ketika beliau bercerita kisah-kisahnya.

Kemudian aku perkenalkan lagi Bu Dahliana Hanafiah atau sering dipanggil “mami” oleh rekan-rekan kerjanya , orangnya baik dan juga ramah tapi sering berdandan walaupun sudah umur separuh baya. Hihi :) . Maaf, ngomongin orang itu dosa besar. Maklum sobat beliau perempuan jadi harus tampil prima dan cantik di depan pria-pria tua yang ganteng berkumis dan berewokan disana.

Pak Abdullah , pria muda berewokan kira-kira baru tiga puluhan usianya. Di kalangan kantor itu ia dikenal kurang waras, banyak bicara, merayu wanita dan  menyanyi lagu-lagu malaysia jadi kegiatan hariannya disana. Aku pikir bakatnya ada di seni tarik suara ini. Suaranya begitu mirip dengan yang memopulerkan lagu-lagu sendu dan syahdu itu. Aku terkesima dengannya walau sarafnya sudah konslet seperti itu. Apabila kita mau mendengarnya beliau pun tambah semangat. Sesekali aku pun request lagu sendu padanya. Beliau tersenyum dan langsung test vokal di kantor itu. Walau kurang waras seperti ini tapi ia tidak pernah memukul-mukul atau menakuti orang lain.
         
Kalau Bu Nurhayati,.SE adalah orang yang selalu menyuruhku untuk membantunya mengetik, sedikit saja aku ketahui tentangnya. Selain bekerja di kantor dinas sosial,tenaga kerja dan mobilitas penduduk beliau merangkap sebagai kepala Unit Pemukiman Transmigrasi VI Buket Hagu yang berada di Desa Cinta Makmur Kecamatan Baktiya Kabupaten Aceh Utara. 

Terakhir aku perkenalkan Bang Putra, seorang honorer pendiam yang paling sulit diajak ngobrol tentang dunia kerja. Masih muda, enerjik, dan tampan. Sering berkutat dengan smartphone dan itu selalu ada di genggamannya. Tugasnya yaitu membantu para kepala seksi (Kasi) diantaranya Seksi Pengembangan Sumber Daya Kawasan, Seksi Pengerahan dan Penataan Penduduk dan Seksi Pengembangan Masyarakat Kawasan Transmigrasi Lokal. Bisa dikatakan dia lah administrator bidang mobilitas penduduk. Disana hanya Pak Yusuf., S.T dan Bang Putra ini yang memahami dan mampu bekerja dengan Komputer sebagai teknologi informasi yang paling canggih di zaman ini.
 

COMMENTS

Name

Adsense,1,Astronomi,9,Bisnis,15,Blogging,22,Buku,10,Catatan,84,Cinta,7,Computer Science,34,Delphi,2,Dunia Kepenulisan,9,Freelancer,1,Gadget,2,Game,2,HUT RI 70,2,Ilmu Pengetahuan,2,Inspirasi Tokoh,1,Kepribadian,2,Kesehatan,1,Keuangan,1,Khotbah,4,KKN,7,Lifestyle,1,Matematika,1,Motivasi,13,Pengalaman,21,PIMNAS,2,Produktivitas,3,Professional,4,Resensi,4,Review,7,Sahabat,4,SEO,1,Smartphone,1,Startup,6,Student,42,Teknologi,15,Tips,20,Travelling,13,Tutorial,3,Vlogging,1,Wirausaha,31,Youtuber,1,
ltr
item
Muhammad Wali: INISIASI TOKOH INSPIRASI DINSOSNAKERMOBDUK ACEH UTARA
INISIASI TOKOH INSPIRASI DINSOSNAKERMOBDUK ACEH UTARA
Inisiasi Tokoh Inspirasi Dinsosnakermobduk Aceh Utara
http://1.bp.blogspot.com/-xgqMIwa8kbc/Vcviy30DDGI/AAAAAAAABFk/suuO9idc7SM/s400/C360_2015-06-24-09-40-11.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-xgqMIwa8kbc/Vcviy30DDGI/AAAAAAAABFk/suuO9idc7SM/s72-c/C360_2015-06-24-09-40-11.jpg
Muhammad Wali
https://www.akhywali.net/2015/08/inisiasi-tokoh-inspirasi.html
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/2015/08/inisiasi-tokoh-inspirasi.html
true
5617546411537444367
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy