CAHAYA BINTANG KARYA BOIS

CAHAYA BINTANG KARYA BOIS

Kemarin, Siang hari di sebuah kamar. Aku baru saja usai membaca kembali sebuah Novel Bang Bois yang ku dapat dari blog-nya 3 tahun yang silam. Dari judulnya “Cahaya Bintang”  saja aku sudah ngiler ingin membacanya untuk yang kedua kalinya. Hanya 298 halaman sekali duduk habis. Karya-karyanya Bois begitu menginspirasi penulis lainnya. Ini adalah file ebook berbentuk digital dari laptop yang sudah ku simpan lama. Kisah-kisah dalam bukunya  banyak mengilustrasikan makna di balik kehidupan semu yang begitu penuh misteri ini. Begitu banyak ilmu yang bisa kita dapatkan di dalamnya.

Di halaman pertama dikisahkan  seorang pemuda yang galau sedang terlentang diatas jok sepeda motornya memandang langit yang mempesona dengan ribuan bintang yang dilihatnya begitu menghibur, memberi ketenangan pada hatiya yang lara. Pemuda itu bernama Bobby dia terus menimpali kesalahannya di masa lalu dan merindui Winda, kekasih yang telah ditinggalkannya. Ketika dia sedang asyiknya menatap langit berbintang seorang gadis misterius datang, berbicara dengannya, lalu pergi entah kemana. Sepeninggal gadis itu dia melihat sebuah benda yang terbuat dari perak itu tampak unik, bentuknya seperti limas yang tersusun dari empat bagian terpisah. Sebuah benda ajaib seperti lampu aladdin pikirnya. Keesokan harinya ia terus memegang benda aneh tersebut dan  mencoba membuka, memutar, mengutak-atik benda teka-teki yang ditemukan semalam.

Hari demi hari Bobby masih saja memikirkan Winda. Kegalauan cinta menimpanya. Sahabatnya Randy datang menawarkan pekerjaan finishing di sebuah perusahaan percetakan dan Bobby pun diterima disana. Bos Bobby adalah seorang keturunan Tionghoa yang baik hati, dan dia sangat senang jika ada karyawannya yang mau meningkatkan kemampuan. Karenanyalah, ketika bosnya mengetahui kalau Bobby mempunyai ketertarikan menjadi seorang graphic designer, akhirnya dia diberi kesempatan untuk mempelajarinya. Setelah beberapa tahun bekerja dia pun mahir. Hidupnya penuh rintangan badai melintang. Ketika dia mulai berkecukupan dia mulai terpedaya dengan urusan dunia, dimana kini dia lebih sering menghabiskan uangnya untuk hal-hal yang tidak penting. Bahkan dia sudah tidak ingat dengan tekadnya yang ingin mengemban misi khalifahannya sesuai dengan keinginan Tuhan.

Randy sahabatnya selalu menasehati, syukurlah Bobby kembali insaf. Suatu hari Bobby dan Randy datang menemui teman mereka yang bekerja sebagai seorang satpam di sebuah perumahan mewah. Ketika asyik berbincang datang seorang gadis cantik yang bernama Nuraini. Mereka berencana ingin memancing di telaga.

Malam harinya, Bobby dan ketiga temannya sudah berada di tepian telaga. Telaga itu cukup luas, dikelilingi beragam pepohonan liar. Saat itu Randy dan Haris duduk berdampingan, asyik memancing di bawah terangnya cahaya bulan. Sedangkan di tepian yang berbeda, Bobby dan Nuraini tampak duduk berdampingan, memancing dengan sabar, menunggu pelampung mereka bergerak, sebuah pertanda kalau kail sedang dimakan ikan. Mereka larut dalam obrolan.

Semenjak pertemuannya dengan Nuraini, kehidupan Bobby pun mulai berubah. Sungguh dia tidak menduga kalau gadis itu ternyata bisa membahagiakannya. Suatu hari Bobby telah menyatakan cinta kepada Nuraini dan Nuraini pun ternyata memendam perasaan cinta kepada Bobby.

Beberapa bulan menjalin cinta dengan Nuraini, akhirnya Bobby mulai bisa melupakan Winda. Sungguh dia tidak menyangka kalau Nuraini adalah sosok gadis pujaan yang sangat didambakannya. Namun belakangan ini, dia melihat Nuraini agak berubah. Dia terkejut karena Nuraini sudah dilamar sahabatnya Randy. Bobby pun murka kepada Randy dan ia langsung tancap gas menjumpai Randy, guna menanyakan perihal lamaran tersebut. Randy bersedia memutuskan lamaran tersebut apabila Nuraini juga setuju untuk membatalkan niat Randy menikahinya tersebut. Bobby kembali putar haluan ke tempat Nuraini untuk meminta agar ia membatalkan lamaran Randy tersebut. Ketika ia tiba dirumah Nuraini ia tak mendapati Nuraini karena Nuraini sedang berada di telaga bersama Haris. Bobby pun menyusul mereka ke telaga. Tiba disana ia  terkejut melihat sesuatu yang dimatanya begitu aib. Dia pun mencerca Nuraini di dalam hati terus berprasangka buruk terhadapnya. Randy dan Nuraini risau kenapa Bobby tak kunjung datang kepada Nuraini. Ternyata lamaran Randy kepada Nuraini itu hanya sandiwara saja untuk mengelabui Bobby agar mau melamar Nuraini segera.

Keesokan harinya Randy menjumpai Bobby yang sedang duduk melamun di tepian kolam ikan dan memandangi ikan-ikannya yang tampak riang gembira. Sungguh sangat kontras dengan perasaannya yang kini sedang dilanda kesedihan. tanpa diduga-duga Randy datang menemuinya dan menceritakan perihal lamaran yang ternyata hanya sebuah sandiwara. Ketika mengetahui itu, Bobby sama sekali tidak terkejut, sebab dia memang sudah mengetahuinya dari mulut Nuraini sendiri. Bahkan dia sudah tidak mempermasalahkan hal itu lantaran kebenciannya kepada Nuraini -yang diketahuinya telah mengkhianati cintanya.

Semenjak pertemuannya dengan Randy waktu itu, Bobby tak pernah berjumpa lagi dengannya. Karena penasaran, Bobby pun berniat mengunjunginya. Pemuda itu terus melangkah, hingga akhirnya dia tiba di tempat tujuan. Saat itu Bobby betul-betul tampak kecewa, ternyata sahabatnya itu sudah pindah entah ke mana.

Setelah hari-hari buruk dilaluinya kini Bobby mulai teringat kembali dengan Winda. Suatu hari Bobby ingin mengembara. Rupanya pemuda itu sudah bertekad untuk mencari sang Pujaan Hati yang kini entah berada di mana. Andai saja ia punya fotonya, mungkin akan lebih untuk mudah mencarinya. Setelah semuanya beres, pemuda itu segera menuju ke mobil dan mengendarainya menyusuri jalan yang sudah mulai gelap. Pemuda itu terus melangkah dan melangkah hingga akhirnya dia pun merasa lelah. Dari Jakarta–Solo–Surabaya  tak kunjung pula ia menemukan Winda.

Setahun telah berlalu, Bobby sudah berada di Yogyakarta kembali dengan penampilan rambut kusut yang menutupi sebagian wajahnya, sungguh terlihat lusuh bagaikan kain tua yang tak terawat . Sungguh penampilan pemuda itu sangat berbeda dengan penampilannya setahun yang lalu. Kini dia sudah menjadi seorang gelandangan karena semua miliknya sudah dijual selama pengembaraan. Kini yang tertinggal hanya pakaian lusuh yang melekat di tubuhnya. Bobby pun telah menyerah untuk mencari Winda. Akhirnya Bobby memilih pulang ke Jakarta -kampung halamannya.  Penderitaannya masih berlanjut ketika sudah tiba dirumahnya ia hampir membunuh diri, tapi Allah masih menolongnya. Bobby pun tersadar.

Kini pemuda itu berniat pergi ke telaga, sebuah tempat yang menurutnya cukup indah dan bisa menyegarkan pikirannya. Kini pemuda itu sedang duduk memperhatikan keindahan pemandangannya yang cukup menentramkan jiwa. Tiba-tiba seorang gadis bercadar bernama Bintang datang pula ke telaga. Mereka kemudian asyik merenungkan dan memikirkan setiap ciptaan Tuhan.

Suatu hari yang cerah, ketika Bobby hendak pergi ke telaga untuk menjumpai Bintang. Tiba-tiba pemuda itu dikejutkan oleh kehadiran seorang gadis yang selama ini dicarinya yaitu Winda. Setelah bertemu dengan Winda barulah Bobby mengetahui kalau Randy dan Winda sudah menikah. Saat itu Bobby merasa iri dan begitu cemburu terhadap sahabatnya, namun di sisi lain dia bahagia karena ternyata gadis yang dicintainya itu mendapatkan seorang suami yang tampan dan baik hati, dialah Randy, sahabatnya sendiri, yang mana selama ini diduga telah mengkhianatinya. Kemudian Winda menawarkan seorang gadis untuk Bobby dan itu ternyata adalah Bintang.

Sejak pertemuannya dengan Bintang, kehidupan Bobby pun mulai berubah. Maklumlah, selama ini mereka sering bertemu di tepian telaga dan berbincang-bincang seputar kehidupan. Dengan begitu, segala keresahan yang semula sangat membebaninya kini dengan perlahan sirna dan berganti menjadi pelajaran yang sangat bermakna. Gadis itu memang sudah memberikan cahaya yang menerangi hatinya, cahaya terang yang bersumber dari segala sumber cahaya, dialah Allah SWT, yang kembali menerangi hatinya melalui cahaya Bintang untuk kembali mengingat-Nya.

Pada suatu kesempatan di akhir pekan, Bobby berniat menemui Randy. Keinginannya itu karena sebab ia ingin memberi pelajaran kepada sahabatnya itu, yaitu dengan bersandiwara agar dia tidak mengulangi kesalahannya, yang telah seenaknya memainkan perasaan orang. Setibanya di rumah Randy, Bobby pura-pura menjadi seorang peminta-minta. Betapa terkejutnya Randy saat itu, sungguh dia tidak menduga akan bertemu dengan Bobby yang sudah dalam keadaan seperti itu. Setelah sandiwaranya Bobby selesai. Randy menawarkan kembali Nuraini kepada Bobby.Tapi Bobby belum tahu yang sebenarnya bahwa Nuraini adalah Bintang yang ingin dinikahinya.

Sebelum akhirnya  Bobby dan Bintang Nuraini menikah, ada beberapa hal yang belum diselesaikan dalam ringkasan ini  yaitu tentang aib yang dilihat Bobby di telaga...

Setelah menikah teki-teki limas pun terpecahkan....

Siapa sebenarnya gadis misterius yang hadir ketika malam ia menatap langit di atas jok sepeda motornya dulu...?

Temukan kisah selengkapnya di blog Bang Bois, untuk kisah yang belum terjelaskan dan terpotong disana sini... Semoga anda akan terinspirasi.

COMMENTS

Name

Adsense,1,Astronomi,9,Bisnis,15,Blogging,22,Buku,10,Catatan,84,Cinta,7,Computer Science,34,Delphi,2,Dunia Kepenulisan,9,Freelancer,1,Gadget,2,Game,2,HUT RI 70,2,Ilmu Pengetahuan,2,Inspirasi Tokoh,1,Kepribadian,2,Kesehatan,1,Keuangan,1,Khotbah,4,KKN,7,Lifestyle,1,Matematika,1,Motivasi,13,Pengalaman,21,PIMNAS,2,Produktivitas,3,Professional,4,Resensi,4,Review,7,Sahabat,4,SEO,1,Smartphone,1,Startup,6,Student,42,Teknologi,15,Tips,20,Travelling,13,Tutorial,3,Vlogging,1,Wirausaha,31,Youtuber,1,
ltr
item
Muhammad Wali: CAHAYA BINTANG KARYA BOIS
CAHAYA BINTANG KARYA BOIS
CAHAYA BINTANG KARYA BOIS
http://1.bp.blogspot.com/-7ASpUBWldOQ/Vd0aThHg-_I/AAAAAAAABOE/n_ckDhDnqe4/s320/Buku%2BCahaya%2BBintang-Bois.JPG
http://1.bp.blogspot.com/-7ASpUBWldOQ/Vd0aThHg-_I/AAAAAAAABOE/n_ckDhDnqe4/s72-c/Buku%2BCahaya%2BBintang-Bois.JPG
Muhammad Wali
https://www.akhywali.net/2015/08/cahaya-bintang-karya-bois.html
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/2015/08/cahaya-bintang-karya-bois.html
true
5617546411537444367
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy