BERBICARA HAL PEMIMPIN YANG ADIL

BERBICARA HAL PEMIMPIN YANG ADIL

BERBICARA HAL PEMIMPIN YANG ADIL

Di sebuah kesempatan khotbah jum’at yang di ikuti oleh seluruh warga Desa Ulee matang di mesjid Darul Falah, -desa orang tuaku tinggal saat ini. Seorang khatib dari Kuta Piadah berbicara sebuah hal yang sudah merajalela dilakukan oleh manusia kebanyakan sekarang ini, tak hanya pemimpin tapi individu kebanyakan sudah hilang sifat dan rasa keadilan di dalam hatinya.

Ma’asyaral muslimin rahimakumullah

Adil adalah sebuah kosa kata yang begitu singkat didalam bahasa Indonesia, begitu pula didalam bahasa Arab. Kata adil dalam bahasa Arab hanya terdiri dari huruf ‘ain, dal, dan lam. Begitu mudah dilafadzkan tapi susah dilaksanakan sebagaimana mestinya.

 Adil menurut bahasa Arab disebut dengan kata ‘adilun, yang berarti sama dengan seimbang. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, adalah diartikan tidak berat sebelah,tidak memihak,berpihak pada yang benar,berpegang pada kebenaran, sepatutnya, dan tidak sewenang-wenang. Adil juga bermakna memberikan hak kepada pemiliknya, baik hak itu bersifat ganjaran bagi yang berjasa maupun hukuman bagi yang bersalah.

Jama’ah Jum’ah yang dirahmati Allah...

Kata adil begitu mahal bagi kita saat ini. Begitu susahnya kita tanamkan pada diri pribadi kita masing-masing, padahal sifat ‘adil ini telah ada sejak kita ada, semenjak kita lahir ke muka bumi ini. Sifat Adil pula adalah salah satu Sifat Allah Swt “al-‘adilu”. Tiap insan telah diberikan sifat adil tapi apa dikata manusia telah menyianyiakan dan menyembunyikan sifat adil dari dirinya.

Oleh karena itu, dalam usaha merealisasikan sifat adil yang terkandung dalam diri individu inilah perlu latihan dan pembiasaan dari kita sendiri. Adil harus diterapkan dalam lingkup kehidupan paling kecil, dari individu, keluarga, dan dari pemerintahan tingkat RT hingga tingkat pusat. Sehingga para bapak bangsa ini menjadikan konsep “keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” sebagai salah satu dari Pancasila sebagai Dasar Negara.

Jama’ah Jum’ah yang berbahagia...

Allah berfirman di dalam surah as-shad yang artinya :
“Hai Daud, sesungguhnya Kami menjadikan kamu khalifah (penguasa) di muka bumi, maka berilah keputusan (perkara) di antara manusia dengan adil dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu, karena ia akan menyesatkan kamu dari jalan Allah. Sesungguhnya orang-orang yang sesat darin jalan Allah akan mendapat azab yang berat, karena mereka melupakan hari perhitungan.”

Sudah jelas ya akan janji Allah dalam ayat tersebut. Bahwa keadilan adalah syarat yang harus adapada  seorang pemimpin, karena keadilanlah yang akan menentukan arah keberlanjutan sebuah bangsa. Demikian pentingnya keadilan hingga ada sebuah cerita tentang seorang darwis/ulama sufi  yang dimintai pendapat tentang pemimpin yang dzalim.

Sang Khatib bercerita;

 Alkisah, Seorang raja yang sangat zalim pada rakyatnya berkenan memanggil seorang darwis ke istananya untuk memberi nasihat. Ketika sufi itu datang, Raja Zalim berkata, "Berikan aku nasihat. Amal apa yang paling utama untuk ku lakukan sebagai bekalku ke akhirat nanti?"

Sang darwis menjawab, "Amal terbaik untuk baginda adalah tidur." Raja itu keheranan, "Mengapa?" "Karena ketika tidur," jawab sufi itu, "baginda berhenti menzalimi rakyat. Ketika baginda tidur, rakyat dapat beristirahat dari kezaliman."

Namun manusia adalah insan yang sering lalai dan mudah tergoda dengan berbgai bujuk rayu setan yang menyesatkan. Karenanya hampir dalam setiap langkah kehidupan ini kedhaliman hadir menggantikan posisi keadilan. Begitulah hingga Rasulullah saw pernah bersabda yang artinya seperti ini.
 “Akan tiba satu waktu kepada umatku penguasanya seperti singa, para menterinya seperti serigala, dan hakim-hakimnya seperti anjing. Sementara itu umat kebanyakan bagaikan kambing. Bagaimana bisa kambing hidup diantara singa, serigala dan anjing?”

Apakah maksud penguasa seperti singa dalam isi hadits ini? tidak, singa diibaratkankan dalam hadits ini bukan dalam hal keberanian, tapi dalam hal kerakusannya. Singa selalu saja memburu makanan dan demi kepentingan pribadi dan golongannya. Sementara serigala terkenal dengan sifat culas, gesit, dan licik. Ia bisa menggunakan berbagai cara demi menghasilkan buruan walaupun dengan jalan tidak ksatria. Adapun anjing yang suka menjilat pandai sekali menyembunyikan kebuasannya dibalik kejinakan yang dimilikinya. Begitulah Rasulullah saw menerang keberadaan umatnya. Apakah masa yang dimaksud dengan hadits tersebut telah tiba? Wallahu a’lam bis shawab.

Hadirin Rahimakumullah

Hanya saja sebagai garis petunjuk adalah  surat An-Nisa’ ayat 135 haruslah dipegang seorang pemimpin.
Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah biarpun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapa dan kaum kerabatmu. Jika ia[361] kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatannya. Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutar balikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui segala apa yang kamu kerjakan”.

Demikianlah khotbah singkat kali ini semoga bermanfaat bagi kita semua. Ya Allah kami sungguh bersyukur atas potensi keadilan yang kau berikan kepada kami, tetapi kami sadar keadilah bukanlah hal yang mudah kami realisasikan. Namun dengan kebesaran-Mu apa susahnya Kau mudahkan keadilan itu hadir pada kehidupan kami ya Allah..
Name

Adsense,1,Astronomi,9,Bisnis,15,Blogging,22,Buku,10,Catatan,84,Cinta,7,Computer Science,34,Delphi,2,Dunia Kepenulisan,9,Freelancer,1,Gadget,2,Game,2,HUT RI 70,2,Ilmu Pengetahuan,2,Inspirasi Tokoh,1,Kepribadian,2,Kesehatan,1,Keuangan,1,Khotbah,4,KKN,7,Lifestyle,1,Matematika,1,Motivasi,13,Pengalaman,21,PIMNAS,2,Produktivitas,3,Professional,4,Resensi,4,Review,7,Sahabat,4,SEO,1,Smartphone,1,Startup,6,Student,42,Teknologi,15,Tips,20,Travelling,13,Tutorial,3,Vlogging,1,Wirausaha,31,Youtuber,1,
ltr
item
Muhammad Wali: BERBICARA HAL PEMIMPIN YANG ADIL
BERBICARA HAL PEMIMPIN YANG ADIL
BERBICARA HAL PEMIMPIN YANG ADIL
http://4.bp.blogspot.com/-XoBZKMR1K-g/VeEiIiZQ5nI/AAAAAAAABPA/96u2XGo6XEE/s400/Berbicara%2Bhal%2Bpemimpin%2B%2Byang%2Badil.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-XoBZKMR1K-g/VeEiIiZQ5nI/AAAAAAAABPA/96u2XGo6XEE/s72-c/Berbicara%2Bhal%2Bpemimpin%2B%2Byang%2Badil.jpg
Muhammad Wali
https://www.akhywali.net/2015/08/berbicara-hal-pemimpin-yang-adil.html
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/2015/08/berbicara-hal-pemimpin-yang-adil.html
true
5617546411537444367
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy