MAKHLUK KASAR JUGA BISA JADI SYETAN

       Allahu akbar , Allahu Akbar, Allahu Akbar .......Laa ilahaillallahu akbar ,,   Allahu akbar 3x walillahilhamd.        Gema Takbi...

       Allahu akbar , Allahu Akbar, Allahu Akbar .......Laa ilahaillallahu akbar ,,  Allahu akbar 3x walillahilhamd.

       Gema Takbir  berkumandang dimana-dimana , bahkan di seantero dunia, tak hanya golongan manusia, golongan jin yang beriman, makhluk-makhluk hidup seperti hewan dan tumbuh-tumbuhan juga melakukan takbir mengagungkan sang Pencipta yang Maha Besar. Tak terkecuali bintang gemintang, matahari, bulan, komet, meteor, asteroid, bahkan seluruh penghuni jagat raya hari ini bertakbir kepada sang Ilahi Rabbi Azza Wajalla, Tuhan Yang Maha Kuasa.

       Pagi yang indah sebongkah cahaya keluar mencuat dari sisi timur laut dimana posisiku kini berada. Semburat cahaya kuning yang terpancar dari sang surya menerangi alam yang gelap gulita setelah di bungkus oleh yang namanya malam. Pagi ini tampak begitu memesona. Cahaya mataharinya yang kuning keemasan menyapu semua sisi gelap dan menggantinya dengan terang. 

      Dimana-mana penduduk desaku kini mulai mempersiapkan diri, menyucikan diri, dan bersegera menuju ke tempat yang diberkahi. Masjid Darul Falah yang ingin dituju pagi ini. Aku juga demikian segera mandi dan berpakaian dengan rapi menggunakan kemeja dan sarung , tak lupa juga kepala kututupi dengan peci lalu berangkat dengan suka cita ke sana. Tiba disana kami pun takbiran berjama’ah hingga jam menunjukkan setengah delapan untuk melakukan Shalat Ied dua rakaat. Rakaat pertama 7 kali takbir  dan rakaat kedua memiliki 5 takbir didalamnya. Seusai shalat kami berdo’a dan mendengar  nasihat yang sangat indah dan membuka satu pintu ilmu pengetahuan baru bagiku pribadi yaitu tentang syetan, siapa sebenarnya yang dinamakan syetan itu..? pagi ini baru ku ketahui.

       Khatib shalat Ied tahun ini 1436 Hijriah kebetulan sekali beliau adalah guruku di pesantren Al-muslimun dulu, beliau baik dan juga sedikit humoris dalam menyampaikan setiap nasehat-nasehat  pada setiap kesempatan ceramahnya, tapi begitu mendalam pemahamannya begitu luas wawasannya. Pendengarnya tidak akan merasa bosan dan terus memperhatikannya hingga pidato (ceramahnya) selesai. 

       Beliau berkisah banyak tentang makhluk yang paling sempurna di jagat semesta raya ini tak lain tak bukan dialah manusia. Sehingga tak ada satu pun manusia yang boleh menghina manusia lain. Kemudian yang paling kuingat yaitu tentang pengertian Syetan yang sering salah dipahami manusia pada umumnya termasuk diriku yaitu Syetan itu tidak hanya berasal dari makhluk halus tapi syetan juga ada dari golongan makhluk yang kasar tuturnya pada kesempatan itu. Bahkan syetan juga bisa termasuk golongan syetan apabila ia membangkang dan durhaka kepada Allah.

Kata “setan” diambil dari akar kata “syathana”, dan “syâthin” mempunyai makna “yang buruk”. Dan “syaithân” adalah suatu wujud pembangkang dan penentang, baik dari golongan manusia, jin, atau makhluk-makhluk yang lain.

         Dalam Al Qur’an , Allah begitu jelas menerangkan tentang asal usul nama syetan ini, “Dan demikianlah, Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu syetan-syetan [dari jenis] manusia dan [dari jenis] jin.” (QS. Al-An‘am [6]: 112)
Harus kita camkan bahwa setan adalah sebuah nama umum (genus), sementara “iblis” adalah nama khusus (‘alam). Dengan kata lain, “setan” dapat diatributkan kepada setiap wujud yang berbahaya, menyesatkan, pembangkang, arogan, dan penentang, baik dalam bentuk manusia maupun selain manusia. Dan “iblis” merupakan nama dari setan yang senantiasa menciptakan tipuan daya kepada manusia, dan sekarang ia pun selalu menunggu kesempatan dengan seluruh bala tentaranya untuk menyerang benteng pertahanan manusia. Jadi, “iblis” juga disebut sebagai “setan”, karena kerusakan dan kejahatan yang terpatri di dalam wujudnya.

       Allah juga menerangkan dalam Surah Annas ayat 4 - 6 : “dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.” Ketahuilah kawan Syetan tidak hanya berasal dari golongan jin jahat tapi bentuk lain setan adalah manusia-manusia yang merusak dan menyesatkan yang membisikkan kejahatan ke telinga dan pikiran manusia lain sehingga mereka pun ikut jahat.

       Alhamdulillah inilah sedikit mau’izhah di hari yang suci ini , Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H , Minal Aizin Walfaizin , mohon maaf lahir dan bathin... Sekian.... 

By : Muhammad Wali

COMMENTS

Name

Adsense,1,Astronomi,9,Bisnis,15,Blogging,22,Buku,10,Catatan,84,Cinta,7,Computer Science,34,Delphi,2,Dunia Kepenulisan,9,Freelancer,1,Gadget,2,Game,2,HUT RI 70,2,Ilmu Pengetahuan,2,Inspirasi Tokoh,1,Kepribadian,2,Kesehatan,1,Keuangan,1,Khotbah,4,KKN,7,Lifestyle,1,Matematika,1,Motivasi,13,Pengalaman,21,PIMNAS,2,Produktivitas,3,Professional,4,Resensi,4,Review,7,Sahabat,4,SEO,1,Smartphone,1,Startup,6,Student,42,Teknologi,15,Tips,20,Travelling,13,Tutorial,3,Vlogging,1,Wirausaha,31,Youtuber,1,
ltr
item
Muhammad Wali: MAKHLUK KASAR JUGA BISA JADI SYETAN
MAKHLUK KASAR JUGA BISA JADI SYETAN
Muhammad Wali
https://www.akhywali.net/2015/07/makhluk-kasar-juga-bisa-jadi-syetan.html
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/2015/07/makhluk-kasar-juga-bisa-jadi-syetan.html
true
5617546411537444367
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy