PANEN PERTAMA VOLVARIELLA VOLVACEAE TELAH TIBA

PANEN PERTAMA VOLVARIELLA VOLVACEAE TELAH TIBA

       Alhamdulillahirrabbil ‘alamin,...Segala puja dan puji adalah milik Allah , Tuhan Sekalian Alam. Pencipta jagad raya dan seluruh isinya dari makhluk hidup,makhluk mati,makhluk yang nyata dan juga makhluk yang maya alias ghaib tak terlihat mata. Pencipta galaksi-galaksi,komet,meteor,bintang gemintang,dan planet-planet yang mengitari bintangnya masing-masing. Tak terkecuali Bumi, planet yang didiami oleh milyaran manusia sebagai khalifah di dalamnya. Di tempat yang kecil itulah aku berada saat ini. Aku telah membangun satu Usaha Kecil Menengah (UKM) Budidaya Jamur Merang bersama sahabat-sahabat di rumah kontrakan dekat Universitas kami. Berbekal dana patungan dari sisihan beasiswa kami dan Aku pun berhasil menjadi salah seorang dari 63 pemenang Program Wirausaha Mahasiswa (PMW) Bidikmisi 2014 yang di danai Universitas Malikussaleh, kampus tercinta. Dana bantuan modal ini  Alhamdulillah cukup membantu penyempurnaan dan renovasi bangunan rumah jamur (kumbung) kami yang terkendala dana sebelumnya.
       
Rumus Jenius 1 % dan kerja keras 99 % pun kami buktikan serta do’a yang kami panjatkan pada Ilahi Rabbi,Allah ‘Azza Wajalla meminta pertolongan hanya kepada-Nya. Alhamdulillah akhirnya musim panen jamur merang telah tiba, hari selasa 10 Maret 2015 waktunya mencicipi hasilnya dan hari ini 25 Maret 2015 adalah 14 hari setelah panen hari pertama dan final-nya pada periode percobaan kedua ini. Kami memanen hasil budidaya jamur merang dengan suka cita yang kami semai benihnya 1 bulan lalu. Dengan hasil “bagus”. Bagus untuk kategori  pemula seperti kami. Hasilnya lumayan karena produksi kali ini banyak kendala dan tantangan kami hadapi mulai dari pengomposan media,pasteurisasi atau penguapan kumbung yang belum memenuhi standar sehingga masih tumbuhnya coprinus, salah satu jenis jamur yang mengganggu tumbuhnya si volvariella volvaceae (jamur merang) yang kami budidaya ini.


       
 Hari itu terik mentari masih menyinari semesta. Panasnya cuaca dan suhu kumbung tak mematahkan semangat kami memetik dan mencabuti jamur tak sampai ke akarnya. Tujuannya agar ia masih bisa tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya. Begitu semua sudah tercabuti, kami pun membagi-bagikan ke rumah-rumah keluarga pemilik kost-an yang kebetulan bersebelahan dengan kost-an kami. Sebagian Jamur merang hasil panen pertama itu kami masak dengan Mie goreng khas Aceh di Warung Nasi Pak Guru. Jamur merang lezat dan gurih apalagi yang masih seperti telor puyuh,alias jamur yang belum merekah dan muncul tudungnya.  Panen-panen hari berikutnya terus kami suplai ke Agen setia kami,Isteri Tgk.Azhari tetangga kost kami dan juga guru tempat kami mengaji. Permintaan pasar begitu besar kami baru menyadarinya. Hanya sehari saya promosi di dunia maya. Pesanan jamur merang pun terus masuk di ponselku. Tapi sayang jamur merang yang kami punya belum cukup untuk memenuhi permintaan tersebut. Setiap pagi dan sore kami harus memetiknya dan semuanya terjual habis. Kesadaran dan cinta kami pun terhadap usaha ini mulai tumbuh dan semangat bekerja kami bangkit. Begitu prospektif dan memiliki keuntungan besar. Bersyukur kepada Allah SWT tak henti hentinya kami ucapkan.

Bekerja, belajar, dan beribadah di setiap sendi kehidupan. Pergunakanlah masa muda mudamu sebaik mungkin, sebisa dan semampu apa yang seharusnya dilakukan. Lakukanlah sekuat apa yang bisa kita kerjakan hingga takdir itu terwujud. Inilah salah satu kata-kata yang menginspirasi aku bangkit dan bangun membina bisnis di masa kuliah dan mudaku ini. Baru pertama kali ini aku melihatmu dan menatapmu wahai jamur merang. Bertemu dua pandangan diantara kita. Semoga kau kan tetap tumbuh dan berkembang di kumbung kami hingga nanti. Semoga kau kan setia mendampingi kami hingga tutup usia ku ini.



Salam sukses dari pengusaha muda yang siap berkarya untuk negeri ini.....

by:MUHAMMAD WALI

COMMENTS

Name

Adsense,1,Astronomi,9,Bisnis,15,Blogging,22,Buku,10,Catatan,84,Cinta,7,Computer Science,34,Delphi,2,Dunia Kepenulisan,9,Freelancer,1,Gadget,2,Game,2,HUT RI 70,2,Ilmu Pengetahuan,2,Inspirasi Tokoh,1,Kepribadian,2,Kesehatan,1,Keuangan,1,Khotbah,4,KKN,7,Lifestyle,1,Matematika,1,Motivasi,13,Pengalaman,21,PIMNAS,2,Produktivitas,3,Professional,4,Resensi,4,Review,7,Sahabat,4,SEO,1,Smartphone,1,Startup,6,Student,42,Teknologi,15,Tips,20,Travelling,13,Tutorial,3,Vlogging,1,Wirausaha,31,Youtuber,1,
ltr
item
Muhammad Wali: PANEN PERTAMA VOLVARIELLA VOLVACEAE TELAH TIBA
PANEN PERTAMA VOLVARIELLA VOLVACEAE TELAH TIBA
PANEN PERTAMA VOLVARIELLA VOLVACEAE TELAH TIBA
http://2.bp.blogspot.com/-Rc-CYiW67Dg/VRi_KitArVI/AAAAAAAAA1U/qzFdB7ZKRN8/s640/C360_2015-03-09-16-55-42.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-Rc-CYiW67Dg/VRi_KitArVI/AAAAAAAAA1U/qzFdB7ZKRN8/s72-c/C360_2015-03-09-16-55-42.jpg
Muhammad Wali
https://www.akhywali.net/2015/03/panen-pertama-volvariella-volvaceae.html
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/
https://www.akhywali.net/2015/03/panen-pertama-volvariella-volvaceae.html
true
5617546411537444367
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy