6 Tips Sederhana Bangun Situs Freelancer yang Sukses

Hai, hai, halo, halo, hai... Berjumpa lagi dengan saya di pagi yang sejuk ini. Kali ini saya akan membagikan tips sederhana untuk Anda yang ingin mendulang dolar, rupiah, dan mata uang lainnya di dunia maya. Mau tahu lebih lanjut?

Mari kita memasuki ke dalam arena pertempuran, membangun bisnis sedari sekarang, langsung dari rumah Anda!

Sudah tahu apa itu freelancer?

Bagi yang belum tahu, freelancer adalah pekerja lepas, pekerja yang bisa bekerja dari rumah dengan menggunakan media internet untuk mendapatkan uang. Jika ada definisi yang lain sobat-sobat boleh tambahkan di kolom komentarnya nanti ya!

Kita langsung menuju ke TKP.

6 Tips Sederhana Bangun Situs Freelancer yang Sukses


Freelancer yang sukses adalah mereka yang bisa membuat hobi mereka menjadi pekerjaan penuh waktu atau bahasa kerennya, full time

Bisa dikatakan pekerjaan ini mungkin lebih mudah diucapkan daripada dilakukan; 

Setelah merambah jalur ini sebenarnya Anda/kamu akan membutuhkan banyak kerja keras, disiplin, dan juga dedikasi tinggi.

Karena kenapa?

Dalam profesi ini, ada banyak hal yang harus Anda korbankan: mulai dari gaji tetap bulanan Anda, tunjangan karyawan, dan insentif lainnya. Dan seperti halnya pekerjaan atau bisnis apa pun, Anda harus menginvestasikan waktu dan uang Anda untuk terus membangunnya.

Tapi ada rahasia gimana caranya membuat kita bisa sukses jadi freelancer.

Menurut para ahli, itu dimulai dengan membuat pondasinya yang benar. 

Caranya,  buatlah situs freelance Anda sendiri.

Dengan memiliki situs freelance ini maka akan menunjukkan komitmen dan profesionalisme bisnis Anda. 

Tanpa situs, kemungkinan klien tidak dapat menghubungi Anda dan pastinya mereka tidak mengenal Anda. 

Di satu sisi yang lain, adanya situs freelance ini maka Anda bisa dikenali sebagai profesional yang pantas mendapatkan biaya yang sesuai, alias cocok.

Inilah 6 hal yang perlu diingat saat membangun situs freelance Anda sendiri.

1. Pilih nama bisnis yang mendeskripsikan diri Anda dan apa yang Anda lakukan dengan sempurna


Nama sangat penting; branding penting bagi kesuksesan bisnis freelance apapun. 

Saat menentukan nama bisnis, buatlah nama situs yang tidak terlalu panjang atau terlalu rumit. Tujuannya di sini adalah untuk membantu orang mengingat situs Anda dengan mudah dan membuat layanan Anda dapat diakses oleh setiap calon klien.

Anda juga harus membuat deskripsi yang relevan sehingga orang akan mengerti apa yang Anda lakukan pada pandangan pertama. 

Anda tidak perlu terlalu pintar atau berpikir terlalu keras - Anda selalu bisa mengubahnya di kemudian hari. 

Untuk nama bisnis pertama Anda cukup sederhana dan pastikan Anda menyukai suaranya. Jika Anda terjebak, Anda bisa menggunakan nama asli Anda untuk mula-mula.


2. Pilih builder web yang tepat


Dalam menyiapkan situs freelance Anda, Anda memerlukan domain dan hosting sendiri. 

Nama domain ini akan berfungsi sebagai alamat web freelance bisnis Anda dan akan digunakan untuk menuju ke homepage situs Anda. 

Situs web Anda juga perlu dihosting di dedicated server web. Ini membantu Anda memelihara file untuk konten situs Anda.

Untuk membangun sebuah situs web, Anda bisa memilih mau melakukannya sendiri atau mempekerjakan orang lain, itu tergantung pilihan, intinya Anda harus punya website. 

Situs web yang dibangun sendiri saat ini adalah metode pilihan yang tepat sebab harganya lebih murah dan sangat mudah disesuaikan, sesuai kemauan diri kita sendiri. 

Mempekerjakan perancang web bisa menghabiskan banyak uang, yang mungkin tidak dapat Anda bayar jika Anda baru memulai.

Ada banyak pembangun situs web di luar sana, namun secara pribadi saya merekomendasikan Anda menggunakan wordpress karena platform ini lebih mudah dikembangkan di customize. 

3. Jaga agar tetap profesional tapi jangan sampai hilang kepribadian Anda


Agar klien dapat menganggapnya serius, seorang pekerja lepas harus terlihat profesional dalam segala hal, bahkan dalam dunia online Anda. 

Situs freelance bukan hanya situs bisnis. Ini juga bersifat pribadi. Karena Anda mewakili diri sendiri, bukan agen atau merek, Anda harus mencocokkan nada, suara, dan keseluruhan konten situs web Anda sesuai kepribadian Anda.

4. Sertakan portofolio Anda


Klien akan sangat ingin melihat seberapa bagus Anda. Cara terbaik bagi mereka untuk menentukan keahlian Anda adalah dengan menelusuri proyek yang pernah Anda garap sebelumnya, karena itulah yang seharusnya ada dalam portofolio Anda. 

Ada banyak situs portofolio bagus di luar sana, tapi saya sangat menyukai yang gratis-gratis saja, seperti yang ditawarkan oleh Contently.

Dengan Contently, Anda dapat menambahkan postingan blog Anda sendiri atau cerita dengan hanya meletakkan link di dalam kotak. 

Situs ini juga menunjukkan jumlah artikel yang baru Anda tulis beserta semua publikasi yang telah Anda tulis sebelumnya.


5. Tunjukkan info kontak Anda di setiap halaman


Situs web Anda harus menunjukkan kepada calon klien informasi yang mereka cari, jadi yang terbaik adalah menjaga agar navigasi web Anda sesederhana mungkin. 

Pastikan informasi kontak Anda (email, telepon, dan nama) tersedia di setiap halaman. 

Dengan cara ini, orang bisa menghubungi Anda di media pilihan Anda jika mereka tidak suka menggunakan formulir kontak.

6. Jangan lupa mengumpulkan review dari klien


Siapapun bisa membuat situs freelance mereka sendiri dan mengklaim mereka adalah web developer freelance terbaik atau penulis di dunia. 

Tapi apa yang benar-benar membuat seseorang kredibel? 

Satu kata: "review" 

Jangan lupa mengumpulkan review atau ulasan dari siapapun yang pernah Anda tangani dari setiap proyek yang telah selesai atau pertunjukan yang sukses. 

Review sangat membantu karena akan berfungsi sebagai rekomendasi yang pernah ditampilkan di situs Anda.

Itulah 6 Tips sederhana untuk membangun situs freelance Anda yang sukses. Semoga bermanfaat bapak-bapak dan ibu-ibu calon pengusaha sekalian. 

#Kidsjamannow harus lebih maju dari #Kidsjamanold. 

Jangan lupa tinggalkan pesan di kolom komentar, bagikan kontennya, dan subcribe website ini untuk mendapatkan update artikel terbaru lainnya tentang startup, wirausaha, teknologi, dan gadget dari akhywali.net.

Salam Entrepreneur :)
--

Comments

Popular Posts